• Home »
  • Article »
  • Pembalap KTM Antonio Cairoli Sukses Amankan Gelar Juara MXGP 2017!!

Pembalap KTM Antonio Cairoli Sukses Amankan Gelar Juara MXGP 2017!!




Bro sekalian… Akhir pekan kemarin MXGP 2017 telah menggelar kompetisi di Sirkuit Assen – Belanda yang notabene menjadi seri ke-18 dari total 19 seri yang diperlombakan sepanjang musim kompetisi tahun ini. Akan tetapi, ada satu hal yang cukup menarik pasca MXGP Belanda. Pasalnya, pembalap tim Red Bull KTM Factory Racing asal Italia, Antonio Cairoli, justru sudah berhasil mengunci gelar juarak MXGP 2017 meskipun balapan masih tersisa satu seri atau dua race lagi. Sekedar informasi aja, dalam balap MXGP, setiap seri digelar sebanyak dua kali race…

Kalau dilihat-lihat, penampilan Cairoli di seri ke-18 (MXGP Assen – Belanda) bisa dibilang nggak bagus-bagus amat. Dia cuma mampu bertengger di podium kedua pada race pertama dan hanya berada di posisi keenam di race kedua. Bahkan dia di seri-seri sebelumnya nggak pernah benar-benar mendominasi race secara terus-menerus. Tercatat Cairoli dua kali mendapatkan poin yang benar-benar penuh, dalam artian menang di race pertama dan kedua sekaligus, yaitu di Qatar dan Italia. Namun pembalap yang satu ini memang sangat konsisten dan selalu mendapatkan poin penting di setiap race. Itulah yang membuat Cairoli udah bisa mengunci gelar juara MXGP 2017 pasca balapan di Belanda.

Setelah balapan di Belanda usai, Cairoli mengantongi 710 poin, disusul rekan satu timnya Jeffrey Herlings di urutan kedua dengan total 627 poin, Gautier Paulin (Husqvarna) ketiga dengan 571 poin, Clement Desalle (Kawasaki) keempat sebanyak 544 poin, dan Tim Gajser (Honda) kelima dengan raihan 485 poin. Dengan sisa satu seri atau dua race (max 50 poin), nggak ada pembalap manapun yang berpeluang mendongkel posisi Cairoli meskipun diasumsikan pembalap itu menang dalam dua race tersisa sedangkan Cairoli nggak mendapatkan poin sama sekali. Pesaing paling dekat Cairoli adalah Herlings yang punya selisih 83 poin, padahal total poin sempurna yang bisa diperebutkan hanya 50. So, Cairoli dan KTM resmi mendapatkan kembali gelar juara MXGP setelah mereka terakhir mendapatkannya pada tahun 2014 lalu. FYI, gelar juara MXGP 2015 didapatkan oleh pembalap Yamaha Romain Febvre dan MXGP 2016 dimenangkan oleh pembalap Honda Tim Gajser.

Sebenarnya balapan MXGP 2017 cukup seru dan sangat ketat di setiap seri. Akan tetapi, konsistensi Cairoli yang sangat tinggi dalam mendapatkan poin ditambah dengan kompetitornya yang sering kehilangan poin membuat pembalap andalan KTM bisa mengunci gelar juara sebelum kompetisi berakhir. Salah satu pesaing kuat Cairoli dalam perebutan gelar juara MXGP 2017, Tim Gajser misalnya, begitu beringas dan panas di awal-awal musim. Pada pertengahan musim jagoan Honda justru melempem, meskipun performanya kembali membaik di akhir-akhir musim kecuali di MXGP Belanda yang nggak mendapatkan poin sama sekali. Kemudian juara dunia 2015 Romain Febvre pada tahun 2017 ini seperti sulit meraih podium. Dia lebih sering terlempar dari posisi lima besar dalam setiap race. Bagaimana dengan Herlings? Herlings memang sangat mempesona sejak pertengahan musim sampai dengan akhir musim dan kerap head-to-head dengan Cairoli dalam mengisi podium pertama. Sayangnya, dalam empat seri pertama Herlings nggak mendapatkan poin yang bagus, jadi susah mengejar poin Cairoli walaupun dia benar-benar tampil hebat sejak seri kelima sampai dengan seri ke-18!

Nah… Race terakhir MXGP 2017 bakal berlangsung di Perancis. Perebutan gelar juara memang udah habis. Nggak ada lagi peluang buat pembalap manapun. Gelar juara udah jadi milik Cairoli, sedangkan posisi kedua mutlak milik Herlings lantaran Paulin yang berada di urutan ketiga sekarang nggak bakal bisa juga mengejar poin Herlings. Yang masih bisa diperebutkan cuma posisi ketiga, yaitu antara Paulin dan Desalle. So, kemungkinan race MXGP Perancis nggak cukup menarik, tapi nggak ada salahnya juga ditonton. Anyway selamat buat Antonio Cairoli dan Red Bull KTM Factory Raicng yang sukses mendapatkan kembali gelar juara dunia MXGP 2017!


Advertisements