• Home »
  • Article »
  • Beta Minicross-E – Motor Trail Listrik Dirancang Khusus Buat Anak-Anak

Beta Minicross-E – Motor Trail Listrik Dirancang Khusus Buat Anak-Anak



Pabrikan motor off road asal Italia, Beta Motorcycles, rupanya ikutan bikin motor trail dengan mesin elektrik nih bro… Tapi berbeda dengan KTM atau Alta Motors yang memproduksi motor trail listrik buat rider dewasa, Beta memulai membangun motor trail listrik yang dirancang khusus bagi anak-anak. Namanya motor trail listrik ini adalah Beta Minicross-E!

Dari segi fisik kelihatan jelas kalau Beta Minicross-E memang diperuntukkan buat anak-anak. Bentuknya mungil dan sangat ringkas, bikin anak-anak bisa mulai belajar nunggang motor dengan produk yang satu ini. Soal desain jujur aja nggak bisa dibilang bagus. Efek motor listrik dan baterai yang mungil membuat ruang di bawah frame terlihat sangat kopong. Permasalahan nggak proporsionalnya desain motor trail mungil sebenarnya nggak cuma dialami oleh Beta. Pabrikan-pabrikan lain biasanya juga nggak bisa merancang motor mini mereka dengan baik meskipun di segmen motor trail dewasa punya desain yang super keren.

Oh ya… Walaupun desain Beta Minicross-E terlihat kurang menarik, tapi Beta membekali motor mungil ini dengan fitur yang lumayan oke loh… Lihat aja deh, suspensi depan udah pakai model upside down 33 mm yang memang kekinian buat motor trail terbaru, sedangkan suspensi belakang menganut tipe mono shock. Kemudian Beta Minicross-E udah dilengkapi dengan rem cakram, baik di bagian depan maupun belakang, lengkap dengan sistem hidrolis rem yang berkualitas tinggi. Pada bagian mesin, Beta Minicross-E dibekali dengan motor listrik yang mungil dan bertenaga, namun nggak akan menakutkan buat anak-anak. Yang jelas Beta Minicross-E bisa membantu anak-anak lebih percaya diri dalam menggeber motor.

Memang siapa target market utama Beta Minicross-E? Konsumen yang disasar oleh Beta adalah rider dengan rentang usia 6-11 tahun yang pengen menikmati pengalaman perdana riding off road menggunakan motor. Beta Minicross-E dianggap cocok buat rider muda ini lantaran punya power delivery yang smooth dan mudah dikendarai. Belum lagi bobot motor juga sangat ringan cuma 43 kg, tidak mengeluarkan polusi, dan suaranya sangat senyap. Beda banget deh dibandingkan dengan motor trail buat anak-anak yang pakai mesin konvensional. Biasanya motor trail anak-anak yang pakai mesin konvensional cenderung bising dan mengeluarkan polusi.

Mungkin pertanyaan berikut, apakah Beta Minicross-E masuk ke Indonesia? Adventuriderz.com masih belum mendapatkan informasi mengenai hal ini. Satu hal yang pasti, di Indonesia udah ada distributor resmi Beta Motorcycles, yaitu PT Bruder Motorsport Internasional yang berbasis di Bali. Kalau memang permintaan untuk Beta Minicross-E ada, bukan nggak mungkin Bruder Motorsport mau memasukkan motor ini ke Tanah Air. Tapi umumnya sih motor dengan mesin listrik seperti ini harganya bakal lebih mahal ketimbang motor sekelas dengan mesin konvensional. Masing-masing ada plus dan minusnya lah…


Advertisements