Sampai Agustus 2017, Honda Mampu Jual 24 Unit Africa Twin!




PT Astra Honda Motor (AHM) pertama kali memperkenalkan motor adventure CRF1000L Africa Twin di Indonesia pada awal Februari 2017 yang lalu. Waktu itu Africa Twin diluncurkan bareng dengan CRF250RALLY. Jadi dua motor petualang dirilis bersamaan dalam satu momen. Setelah enam bulan berselang, rupanya Africa Twin cukup diminati oleh konsumen di Indonesia. Itu terlihat dari data penjualan Africa Twin yang relatif oke. Memang bisa laku berapa si motor petualang gambot ini?

Di Indonesia tersedia dua varian Africa Twin. Pertama adalah CRF1000L Africa Twin Manual ABS yang dijual dengan harga Rp 464 juta on the road Jakarta, sedangkan varian kedua CRF1000L Africa Twin DCT ABS yang bandrol harganya tembus Rp 499 juta on the road. Sejak diluncurkan pada bulan Februari sampai dengan Agustus 2017, Africa Twin mampu terjual sebanyak 24 unit. Angka itu memang sangat kecil kalau dibandingkan dengan total penjualan Honda yang per bulannya aja bisa mencapai 400-500 ribu unit. Tapi perlu diingat, Africa Twin masuk ke segmen big bike yang target marketnya nggak terlalu banyak, sehingga bisa jualan motor nyaris setengah miliar sebanyak 24 unit dalam waktu enam bulan jelas prestasi yang patut diacungi jempol!

Big bike adventure lain dari Honda, yaitu CB500X juga nggak kalah laris. Sejak pertama kali dirilis di Indonesia pada tahun 2015 CB500X memang telah jadi primadona. Desain keren, mesin bandel dengan power nggak terlalu besar, punya tingkat kenyamanan tinggi, dan harga yang relatif murah membuat CB500X laris-manis. Sampai dengan Agustus 2017, motor dengan harga tidak sampai Rp 150 juta ini mampu terjual sebanyak 71 unit. Pasti Honda senyum-senyum nih dua big bike adventure-nya bisa terserap pasar dengan baik.


Advertisements