5 Alasan Kenapa Trail 4-Stroke Lebih Layak Dipinang Daripada Trail 2-Stroke



Bro sekalian… Kemarin kita udah bahas artikel mengenai segudang alasan kenapa motor trail 2-stroke lebih menarik ketimbang motor trail 4-stroke. Ya nggak bisa dipungkiri, dengan kapasitas mesin yang sama, motor trail enduro 2-stroke memiliki tenaga yang jauh lebih gede daripada motor trail 4-stroke. Bahkan selisihnya cukup jauh. Banyak yang bilang mesin 2-stroke tarikannya kayak jambakan setan karena saking agresifnya power dan torsi. Selain itu, bobot motor enduro 2-stroke umumnya lebih ringan, mesin lebih sederhana, nggak menggunakan sistem elektronik yang rumit, perawatan lebih mudah dan murah, serta harga motor enduro 2-stroke pun lebih murah daripada motor enduro 4-stroke. Di artikel sebelumnya Adventuriderz.com membandingkan harga KTM 250 EXC TPI Six Days (2-stroke) model year 2018 senilai Rp 149 juta off the road dan KTM 250 EXC-F Six Days (4-stroke) model year 2018 yang dibandrol Rp 165,6 juta off the road di Tanah Air. Jadi bisa dilihat di situ, pada kapasitas mesin yang sama, harga motor enduro 2-stroke ternyata lebih murah. Itu tadi sekilas alasan yang membuat motor enduro 2-stroke cukup digandrungi dan nggak pernah punah!

Tapi nggak bisa dipungkiri, nggak sedikit pula konsumen yang nggak suka dengan motor enduro 2-stroke dan lebih memilih motor enduro 4-stroke. Biasanya mereka beralasan bahwa motor enduro 2-stroke itu ribet waktu ngisi bahan bakar karena rider mesti mencampur bensin dan oli secara manual sebelum bahan bakar masukkan ke tangki, mesin 2-stroke cenderung lebih bising, vibrasi mesin relatif lebih kuat, emisi gas buang nggak ramah lingkungan, serta nggak sedikit pula yang nggak suka motor enduro 2-stroke lantaran tenaga dan torsinya terlalu agresif, membuat motor ini jadi lebih susah dikendalikan. Hasilnya bermain off road jadi nggak fun lagi, soalnya lebih sering mencium tanah. Dari sini mereka kemudian melirik motor enduro 4-stroke… Lantas apa alasan yang cukup mendasar kenapa motor trail enduro 4-stroke lebih layak dipinang daripada motor trail enduro 2-stroke?

  • Pada kapasitas mesin yang sama, tenaga motor enduro 4-stroke memang lebih inferior daripada motor enduro 2-stroke. Tapi pastinya mesin 4-stroke memiliki konsumsi bahan bakar yang jauh lebih irit, emisi gas buang jauh lebih rendah, sehingga biaya operasional mesin 4-stroke lebih rendah dan lebih ramah terhadap lingkungan.
  • Pakai mesin 4-stroke nggak pakai ribet. Maksudnya gini… Kalau di mesin 2-stroke kan rider mesti melakukan premix bahan bakar dan oli samping secara manual sebelum dimasukkan ke tangki. Banyak yang menganggap hal itu merepotkan… Sedangkan di mesin 4-stroke nggak perlu melakukan hal itu. Waktunya isi bensin ya tinggal isi bensin thok… Pas ganti oli ya tinggal ganti oli aja dengan yang baru. Beres!
  • Power delivery motor enduro 4-stroke cenderung lebih smooth menjadi salah satu alasan kenapa tipe ini disukai. Yups, nggak semua orang suka dengan motor yang agresif seperti motor enduro 2-stroke. Sebagian justru suka motor dengan power delivery yang smooth, predictable, dan easy to ride kayak karakter sebagian besar mesin motor enduro 4-stroke. Biasanya sih rider yang demen mesin 4-stroke adalah rider yang riding-nya cenderung pasif, bukan yang agresif.
  • Banyak rider yang demen motor enduro 2-stroke karena bobotnya sangat ringan. Hal itu memang ada benarnya. Tapi belakangan udah banyak kok motor enduro 4-stroke yang bobotnya sama ringan atau paling tidak mendekati motor enduro 2-stroke. Tentu mesti dibayar dengan harga mahal ya!
  • Kebanyakan motor enduro 4-stroke udah pakai sistem pembakaran injeksi. Ngidupin motor gampang, nggak pakai ribet, nggak pakai acara karbu banjir di pagi hari, tinggal pencet tombol starter langsung greng bisa digeber. Keunggulan pakai injeksi, mesin motor nggak mengalami gejala drop power yang signifikan ketika berada di datangan tinggi atau ketinggian yang ekstrem. Di sana banyak terpasang sensor, mulai dari sensor suhu udara, tekanan udara, dan lain-lain. Lebih smart lah…

Nah… Masing-masing tipe motor maupun tipe mesin motor punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Alasan di atas pun nggak bisa digeneralisir untuk semua tipe motor karena faktanya ada motor enduro 2-stroke yang udah pakai sistem injeksi dan bobotnya pun ternyata sama berat dengan motor enduro 4-stroke dalam satu merek. Bisa dibilang daftar di atas cuma alasan pada umumnya. Monggo kalau mau menambahkan, bisa share opini di kolom komentar!

Pilihan Motor Enduro 4-Stroke Model Year 2018:

  1. KTM 250 EXC-F
  2. KTM 350 EXC-F
  3. KTM 450 EXC-F
  4. KTM 500 EXC-F
  5. Husqvarna FE 250
  6. Husqvarna FE 350
  7. Husqvarna FE 450
  8. Husqvarna FE 500
  9. Sherco 250 SEF-R
  10. Sherco 300 SEF-R
  11. Sherco 450 SEF-R
  12. Beta RR 4T 350
  13. Beta RR 4T 390
  14. Beta RR 4T 430
  15. Beta RR 4T 480
  16. Yamaha YZ250FX


Advertisements