Pengen Main Trail Tapi Postur Tubuh Mungil, Apa Aja Pilihan Motornya??



Sudah sangat lumrah motor trail itu memiliki fisik yang tinggi. Hal itu untuk menyesuaikan konsep motor trail yang butuh ground clearance tinggi sehingga bisa melibas medan-medan yang sulit, cerukan dalam, bahkan melewati balok kayu sekalipun tanpa perlu khawatir mentok di mesin. Walaupun mungkin ada, sangat jarang motor trail yang punya ground clearance tinggi namun memiliki ketinggian jok (seat height) rendah. Tingginya seat height motor trail tentu menjadi masalah tersendiri buat para rider yang ketinggian tubuhnya rendah. Seolah-olah motor trail itu konsumsinya rider yang bertubuh tinggi kayak orang-orang bule, sedangkan orang Indonesia yang rata-rata punya tinggi badan tidak sampai 170 cm kerepotan luar biasa saat nunggang motor trail.

Lantas apakah tingginya seat height itu bikin niat bermain off road menggunakan motor trail surut? Pastinya nggak dong bro… Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar rider dengan tubuh rendah tetap bisa menikmati motor trail. Salah satunya adalah dengan membeli motor trail yang punya seat height rendah. Walaupun nggak banyak, motor trail dengan seat height rendah ini tetap ada. Paling gampang cari motor trail dengan ban ring 16-19 inch atau yang lebih kecil. Motor trail dengan ban ring 16-19 inch atau yang lebih kecil bisa dipastikan tingginya lebih bersahabat ketimbang motor trail dengan ban full size 18-21 inch. Apa aja pilihannya?

Viar Cross X 150 SF

Dari segi fisik, Viar Cross X 150 SF terlihat seperti motor anak-anak dengan ban ring 14-17 inch. Tapi faktanya motor ini nggak masalah dipakai oleh rider dewasa, terutama yang bermasalah dengan ketinggian. Cross X 150 SF menggunakan mesin yang cukup torque, gampang njengat, dan bobotnya sangat enteng. Mesinnya persis kayak motor bebek Honda Astrea Grand, cuma kapasitasnya dinaikkan jadi 150 cc. Melibas berbagai macam obstacle di medan off road nggak masalah buat Cross X 150 SF, asal yang nggak terlalu ekstrem aja. Yang penting bisa fun di medan off road. Motor ini harganya Rp 17 juta on the road Jakarta.

Viar Cross X 150

Berbeda dengan Viar Cross X 150 SF yang mirip motor anak-anak, Viar Cross X 150 lebih terlihat sebagai motor buat rider dewasa. Basis mesinnya mirip seperti Honda GL series yang lumayan bandel dan torque, ban ring 16-19 inch, suspensi depan model upside down, dan yang pasti ketinggian joknya lumayan bersahabat buat rider under 170 cm. Cross X 150 sekarang dibandrol dengan harga nyaris Rp 18 juta on the road Jakarta.

Kawasaki KLX150G

Buat yang masih meragukan merek lokal, Kawasaki KLX150G bisa menjadi opsi motor trail dengan seat height rendah. Dengan mengandalkan ban ring 16-19 inch, KLX150G punya seat height 835 mm. Angka ini jauh lebih rendah ketimbang KLX150 BF (ban ring 18-21 inch) yang memiliki seat height 875 mm. Apalagi harga KLX150G tergolong masih bersahabat. Saat artikel ini dibuat, KLX150G dijual dengan harga Rp 28,8 juta on the road Jakarta.

Kawasaki KX85

Pada dasarnya Kawasaki KX85 merupakan motor yang disiapkan untuk balap di ajang motocross. KX85 adalah motor buar rider muda/pemula sebelum naik kelas ke kapasitas yang lebih tinggi. Tapi dengan sejumlah modifikasi, KX85 juga bisa dipakai main off road. Toh mesin KX85 walaupun kecil namun punya power yang sangat besar. KX85 dibekali dengan mesin 84 cc 2-stroke dengan KIPS lengkap dengan sistem pendingin radiator dan transmisi manual 6-percepatan. Motor ini pakai ban 16-19 inch, seat height cuma 830 mm, suspensi depan upside down, suspensi belakang mono shock dengan Uni-Trak, dan bobot hanya 77 kg. Motor dengan power besar dan bobot sangat enteng! Segudang keunggulan yang dimiliki oleh KX85 jelas membuat motor ini dihargai sekitar Rp 50 jutaan off the road.

Honda CRF150F

Diciptakan sebagai motor off road tulen. Populasinya di Indonesia lumayan banyak, tapi semuanya bisa dipastikan masuk lewat importir umum (IU), bukan lewat ATPM resmi (Astra Honda Motor). Para penggemar off road di Indonesia banyak banget yang suka dengan CRF150F karena mesinnya sangat bandel, torque, dan bisa diandalkan melibas berbagai kondisi medan. Ketinggian jok bisa dibilang sangat bersahabat buat kebanyakan postur orang Indonesia. Menggunakan ban ring 16-19 inch, CRF150F tinggi joknya cuma 825 mm. Dalam kondisi baru motor ini bisa dibandrol sekitar Rp 70 jutaan off the road di Tanah Air. Barang seken dengan kondisi bagus juga banyak beredar sih. Harganya Rp 40-50 jutaan siap gas!

Mungkin bro sekalian punya ide alternatif motor lain yang ketinggian joknya bersahabat? Atau mungkin juga punya ide untuk mengakali motor trail yang tinggi jadi lebih pendek tanpa mengorbankan aspek safety dan fungsionalitas? Monggo share aja ide atau pendapatnya di kolom komentar ya!


Advertisements