• Home »
  • Article »
  • Dokumen Internal Bocor, Suzuki Siapkan Motor Trail & Supermoto 250 cc

Dokumen Internal Bocor, Suzuki Siapkan Motor Trail & Supermoto 250 cc


Bro sekalian… Kabar yang cukup mengejutkan datang dari Suzuki. Dari dokumen internal yang bocor ke dunia maya, diketahui Suzuki sedang menyiapkan motor trail baru dengan kapasitas mesin 250 cc. Lihat foto di bawah pada bagian “Dual Purpose”. Ada dua varian yang dipersiapkan. Pertama adalah motor trail dual sport dengan nama DR-Z250S, sedangkan yang kedua bergenre supermoto dengan ban tipe street yang lebih nyaman buat di jalan aspal DR-Z250SM. Kapan keduanya nongol di pasaran?

Melihat namanya – DR-Z250S dan DR-Z250SM – kode DR mengindikasikan bahwa keduanya bukanlah motor kompetisi, melainkan motor yang legal dipakai di jalan raya. Kemudian kode Z memberikan petunjuk dengan kemungkinan DR-Z250S dan DR-Z250SM menggunakan mesin Dual Over Head Camshaft (DOHC) lengkap dengan sistem pendingin cairan. Walaupun nggak menutup peluang pakai mesin Single Over Head Camshaft (SOHC) air-cooled juga sih… Mau pakai DOHC atau SOHC sama-sama menarik kok. Kalau DOHC water-cooled tenaganya lumayan gede kayak DR-Z400E, sedangkan mesin SOHC air-cooled sederhana, ringkas, dan enteng kayak DR-Z250 di Australia. Terus kode S paling belakang menegaskan DR-Z250S menggunakan ban trail full size dengan ring 18-21 inch, sementara SM pada DR-Z250SM menunjukkan bahwa ini adalah sebuah supermoto dengan ban ring 17-17 inch.

Dari bocoran yang ada, DR-Z250S dan DR-Z250S merupakan produk yang dipersiapkan oleh Suzuki untuk tahun 2018. Sayangnya, dokumen produk baru yang tersebar itu milik Suzuki Yunani. Bisa jadi DR-Z250S dan DR-Z250SM cuma dipersiapkan untuk market Yunani. Tapi nggak menutup pula peluang dijual di pasar global. Bagaimana dengan di Indonesia? Misal motor ini ada di pasar global, belum tentu dimasukkan oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang menjadi ATPM Suzuki di Tanah Air. SIS masih fokus dengan motor-motor kecil. Jadi peluang mendapatkan DR-Z250S dan DR-Z250SM dari SIS tergolong kecil. Mending beli via importir umum kalau memang udah ada. Untuk Indonesia peluang lebih besar justru trail 150 cc yang kabarnya sedang dalam proses riset di Jepang.

Advertisements