Menerka Perbedaan CRF150 Versi Konsep dengan Versi Produksi Massal




Sejak dipajang di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Honda Fun Ride Off Road Concept atau gampangnya kita sebut sebagai Honda CRF150 Concept terus mengundang decak kagum. Gimana nggak? Desain motor ini memang beneran cakep. Mesin boleh cuma 150 cc yang diambil dari basic Verza/MegaPro FI, masih pakai single cam (SOHC), cuma pakai dua klep, dan mengandalkan sistem pendingin angin sepoi-sepoi alias pendingin udara. Tapi soal desain? Astra Honda Motor (AHM) patut diacungi jempol di sini!

IMHO garis desain CRF150 Concept yang dipajang oleh AHM di GIIAS 2017 cenderung mirip dengan CRF250R atau CRF450R terbaru model year 2018. Nggak jauh beda dengan tunggangan Michele Cervellin di MX2 atau Tim Gajser dan Evgeny Bobryshev di MXGP. Keren dan gagah! Apalagi CRF150 Concept dilengkapi dengan berbagai komponen premium dari brand-brand ternama yang biasanya terpasang pada motor-motor trail premium dengan harga di atas Rp 100 juta. Sekarang nggak ada salahnya kita daftar deh apa aja komponen premium yang terpasang pada CRF150 Concept. Cek daftarnya berikut bro…

  • Suspensi depan upside down 37 mm buatan Showa
  • Handlebar Renthal
  • Velg Pirelli Z-Wheel 18-21 inch
  • Ban Pirelli Scorpion MX 100/100-18 (belakang) dan 80/100-21 (depan)
  • Knalpot Yoshimura
  • Air box TwinAir
  • Sprocket Supersprox
  • Rantai DID
  • Sistem rem hidrolik buatan Nissin
  • Disc brake buatan Yutaka
  • Disc guard karbon
  • Jok memiliki grip mirip seperti Selle Dalla Valle Seat
  • Frame guard karbon
  • Plastik body Acerbis

Apakah komponen-komponen itu bakal terpasang pada CRF150 versi produksi massal? Monggo browsing sendiri berapa harga-harga dari komponen itu bro… Handlebar Renthal yang ori aja udah berapa, velg Pirelli Z-Wheel berapa, knalpot Yoshimura berapa, belum lagi ban Pirelli Scorpion MX, air box Twin Air, Sprocket Supersprox, dan lain-lain,  pasti bikin puyeng kepala harganya. Impossible bisa membandrol CRF150 dengan harga murah khas motor trail entry level kalau komponen yang terpasang seperti itu. So, kesimpulannya akan ada banyak perbedaan komponen antara versi konsep dan versi produksi massal.



Soal engine, frame, dan desain secara umum kemungkinan besar masih sama antara versi konsep dengan versi produksi massal. Suspensi depan model upside down 37 mm buatan Showa dan suspensi belakang mono shock buatan Showa dengan mekanisme Pro-Link diprediksi masih akan tetap ada pada versi produksi massal. Terus sistem pengereman juga masih bakal pakai produk buatan Nissin pada versi produksi massal. Soalnya suspensi Showa dan sistem rem dari Nissin kayak udah satu paket dengan motor Honda. Nah… Untuk handlebar Renthal, velg Pirelli Z-Wheel, ban Pirelli Scorpion MX, knalpot Yoshimura, air box TwinAir, sprocket Supersprox, disc guard karbon, frame guard karbon, jok yang memiliki grip, hingga plastik body buatan Acerbis prediksi Adventuriderz.com sih nggak ada di versi produksi massal. Harga komponen merek ternama itu terlalu mahal. Sebagai gantinya ya dipasang komponen-komponen yang diproduksi in-house atau diproduksi oleh vendor-vendor yang udah kerja sama dengan AHM. Kemudian versi produksi massal bakal terpasang berbagai komponen kelengkapan jalan raya seperti headlight, turn light, tail light/stop light, speedometer, rear fender, plate holder, sampai dengan mirror karena CRF150 buatan AHM masuk ke dalam kategori motor dual sport yang street legal. Bukan motor off road tulen.

Last… Kemungkinan besar AHM nggak akan lama lagi rilis CRF150 buatan lokal di Indonesia. Indikasi ke arah sana semakin kuat. Apalagi belakangan ini AHM semakin gencar memperkenalkan CRF150 Concept kepada publik. Yang tertangkap oleh media/blogger antara lain waktu ada gelaran event trail adventure Jelajah Alas Sendang Coyo (JASCO) di Jawa Tengah dan terakhir dipamerkan di Honda Bikers Day 2017 Regional Sulawesi persisnya di Pantai Akkarena – Makassar. Itu belum termasuk sosialisasi yang nggak terendus oleh para blogger/media. Bocoran yang bisa jadi cukup valid, kemungkinan CRF150 lokal akan diluncurkan oleh AHM di Gunungkidul – Jogja bertepatan dengan Honda Bikers Day Nasional 2017 pada 14 Oktober 2017 mendatang. Siap menanti CRF150 bro?

Advertisements