• Home »
  • Article »
  • Sherco 290 X-Ride – Perpaduan Antara Motor Enduro, Trial, dan Scooter!

Sherco 290 X-Ride – Perpaduan Antara Motor Enduro, Trial, dan Scooter!



Bro sekalian… Sherco cukup dikenal sebagai pabrikan motor off road yang handal. Brand yang bermarkas di Perancis ini punya sederet motor off road/enduro yang tergolong lengkap. Mau 2-stroke atau 4-stroke, dari kapasitas kecil sampai yang besar ada semua. Pasukan motor enduro 2-stroke ada Sherco 125 SE-R, Sherco 250 SE-R, dan Sherco 300 SE-R. Terus dari golongan 4-stroke diisi oleh Sherco 250 SEF-R, Sherco 300 SEF-R, dan Sherco 450 SEF-R. Selain varian standar, Sherco juga menyediakan varian Factory dan varian Six Days pada semua lineup itu. Lengkap banget! Gimana dengan prestasi Sherco di ajang balap motor off road? Wah jangan ditanya kalau itu mah… Sherco punya segudang prestasi mentereng, baik itu kancah balap hard enduro, EnduroGP, sampai dengan balap rally. Semua motor balap yang membawa prestasi buat Sherco itu basisnya sama dengan motor produksi massal yang bisa dibeli dengan bebas! Tapi ada satu produk Sherco yang cukup menarik dan menggelitik selain motor enduro… Namanya adalah Sherco 290 X-Ride. Penasaran dengan motor yang satu ini?

Kenapa kok Adventuriderz.com bilang Sherco 290 X-Ride menarik dan menggelitik? Karena motor ini nggak jelas identitasnya masuk ke genre apa. Sherco sendiri menyebut dengan tegas motor tersebut nggak masuk ke kategori motor trail, bukan motor enduro, dan bukan pula sebuah motor trial. Sherco 290 X-Ride hanya disebut sebagai motor yang benar-benar beda dan bisa dipakai dengan nyaman untuk melibas berbagai macam kondisi medan. Menurut Sherco, Sherco 290 X-Ride adalah motor gado-gado yang mengusung konsep baru dengan perpaduan antara motor enduro dan motor trial yang punya kenyamanan seperti scooter.

Pernyataan dari Sherco itu memang nggak aneh. Kalau kita perhatikan, Sherco 290 X-Ride sepintas mirip motor enduro yang tinggi jangkung. Tapi faktanya motor ini nggak jangkung-jangkung amat. Malah tergolong sangat pendek untuk ukuran motor enduro. Kalau dibilang pendek kayak motor trial ya nggak juga. Sherco 290 X-Ride masih punya jok, walaupun joknya nggak tinggi. Beda dengan motor trial yang nggak menggunakan jok. Terus Sherco 290 X-Ride pakai ban dengan ring 18 inch di bagian belakang dan 21 inch di bagian depan dengan kembangan yang identik dengan motor trial. Jadi unsur perpaduan antara enduro dan trial udah terpenuhi di sini.

Sherco sadar betul Sherco 290 X-Ride bukanlah motor kompetisi yang bisa dipakai di ajang balap off road. Makanya Sherco nggak memasang fitur atau komponen yang sangat mahal di motor ini. Untuk mesin, Sherco 290 X-Ride mengambil dari mesin motor trial Sherco yang berkapasitas 272 cc 2-stroke berpendingin cairan. Sistem pembakaran masih konvensional, menggunakan karbu Dell’Orto PHBL 26BS. Kemudian sistem transmisi manual 5-pecepatan. Sherco bilang mesin ini punya kelincahan yang sangat baik khas motor trial dan siap melibas berbagai obstacle yang dihadapi oleh rider. Nggak cuma itu, mesin Sherco 290 X-Ride punya power delivery yang smooth, lengkap dengan suara yang senyap, sehingga benar-benar nyaman dipakai di mana saja. Mungkin karena faktor ini Sherco menyebut Sherco 290 X-Ride memiliki unsur layaknya scooter. Oh ya, motor ini bersifat street legal yang artinya bisa dipakai di jalan raya atau perkotaan tanpa perlu khawatir bermasalah dengan pihak Kepolisian.

Gimana dengan fitur-fitur yang lainnya? Nggak seperti varian motor enduro yang menggunakan suspensi buatan WP, Sherco 290 X-Ride pakai suspensi yang lebih murah. Di bagian depan dia pakai suspensi teleskopik 40 mm bikinan Marzocchi, sedangkan di bagian belakang pakai mono shock dari Sachs. Kapasitas tangki bahan bakar motor ini adalah 7 liter, bobot motor sangat ringan hanya 92,5 kg, ground clearance tinggi 325 mm, dan seat height sangat bersahabat cuma 850 mm. Kayaknya perfect banget ya buat motor all-rounder!

Sekedar informasi, Sherco X Ride pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 di EICMA Milan. Saat itu Sherco X Ride masih dalam wujud konsep. Tim Sherco kemudian melakukan gebrakan dengan mewujudkan konsep Sherco X Ride untuk diproduksi massal. Maka muncul lah Sherco X Ride dengan dua pilihan kapasitas mesin, yaitu Sherco 125 X-Ride dan Sherco 290 X-Ride. Keduanya pakai mesin 2-stroke dan diproduksi pertama kali di pabrik Sherco yang berada di Caldes of Montbui – Barcelona. Di pasaran Sherco X Ride series ini bertarung langsung dengan KTM Freeride series yang boleh dibilang sama-sama motor banci.

Apakah Sherco 125/290 X-Ride dijual di Indonesia? Dan berapa harganya? Agak susah menjawab pertanyaan ini bro… Di Indonesia memang udah ada distributor resmi Sherco. Tapi kayaknya mereka lebih fokus memasukkan varian motor enduro tulen seperti Sherco 125/250/300 SER-R series dan Sherco 250/300/450 SEF-R series yang udah pasti punya basis konsumen lebih besar. Sedangkan Sherco 125/290 X-Ride basis konsumennya lumayan kecil. Apalagi misal masuk ke sini harganya pun nggak bisa murah. Udah jadi kebiasaan konsumen Indonesia, selisih sekian juta mending langsung beli yang high spec (motor enduro tulen). KTM Freeride series bisa jadi contoh. Berapa sih populasinya di Indonesia? Dibandingkan dengan KTM EXC series yang notabene motor enduro tulen jelas jauh bedanya. Mungkin kalau ada permintaan, Sherco Indonesia mau-mau aja impor Sherco 125/290 X-Ride dari Perancis.

Update: Info dari Om Dian Isnomo melalui fans page Adventuriderz.com menyebutkan Sherco 290 X-Ride tersedia di showroom Sherco Indonesia yang berada di Bintaro. So, nggak terlalu repot mencari keberadaan motor ini! 


Advertisements