Beta RR Racing Edition Model Year 2018 Resmi Diluncurkan




Sekitar bulan Juni 2017 yang lalu, brand motor off road asal Italia, Beta Motorcycles, meluncurkan motor enduro model year 2018 yang terdiri dari varian 2-stroke dan 4-stroke, yaitu Beta RR 2T 250/300 dan Beta RR 4T 350/390/430/480. Total ada enam model yang diperkenalkan tuh bro! Salah satu keunggulan Beta RR series model year 2018 dibandingkan dengan Beta RR series model year 2017 adalah bobotnya yang jauh lebih ringan. Bahkan Beta mengaku memangkas bobot hingga 4,7 kg pada varian 2-stroke Beta RR 2T 250/300 dan berhasil bikin diet Beta RR 4T 350/390/430/480 hingga 5,3 kg!! Masif banget kan??

Nah, itu kan untuk yang standar ya… Baru-baru ini Beta secara resmi merilis Beta RR series model year 2018 edisi racing yang terdiri dari Beta RR 2T 250/300 Racing dan Beta RR 350/430/390/480 Racing. Jadi semua model Beta RR series model year 2018 kebagian edisi racing, kecuali Beta RR 2T 125 yang meluncur belakangan. Pastinya edisi racing punya keistimewaan ketimbang edisi standar. Namanya juga edisi racing, tentu udah dapat upgrade sana-sini biar motor benar-benar siap dipakai balap. Apa aja sentuhan yang diberikan oleh Beta pada Beta RR Racing Edition?

Beta RR Racing Edition ini dikeluarkan setelah mendapatkan inputan dari rider Beta Factory Racing Team yang berlaga di EnduroGP. Siapa lagi kalau bukan Steve Holcombe dan Alex Salvini. Apalagi prestasi Steve Holcombe tahun ini sangat mentereng dan sedang memimpin klasemen sementara. Steve Holcombe punya peluang yang sangat besar mendapatkan gelar juara EnduroGP 2017 karena selisih poinnya dengan peringkat kedua di klasemen sementara cukup jauh, sedangkan balap EnduroGP 2017 hanya tersisa satu seri (dua race) lagi di Jerman. So, pimpinan klasemen sementara EnduroGP 2017 punya andil yang sangat besar dalam pengembangan Beta RR Racing Edition.



Menurut informasi yang Adventuriderz.com dapatkan, Beta RR Racing Edition model year 2018 menggunakan suspensi depan model upside down 48 mm closed-cartridge buatan Sachs yang udah di-upgrade dengan bobot yang lebih ringan. Terus suspensi itu diisi dengan oli generasi terbaru yang punya daya gesek sangat rendah agar cocok dipadukan dengan frame model year 2018. Nggak cuma suspensi depan yang dapat upgrade. Suspensi belakangnya juga disentuh oleh Beta. Beta merevisi dan mengkalibrasi bagian valve suspensi belakang untuk meningkatkan performa suspensi secara keseluruhan.

Khusus untuk varian 2-stroke, Beta justru melepas oil injection agar bobotnya jadi lebih ringan lagi. Pada varian standar, Beta memang sengaja memasang oil injection biar rider nggak perlu ribet melakukan premix antara bahan bakar dan oli samping. Selain itu, pemasangan oil injection pada varian standar bertujuan agar motor comply dengan regulasi emisi Euro 4 sehingga bisa diregistrasikan menjadi motor street legal. Untuk Racing Edition spiritnya jelas beda. Motor nggak perlu comply regulasi emisi, yang penting bobotnya lebih ringan. Imbasnya oil injection itu ditiadakan pada Racing Edition. Tapi kalau konsumen mau pasang oil injection pada Racing Edition, Beta menjual kit-nya secara terpisah.

Komponen Spesial Beta RR Racing Edition Model Year 2018:

  • Menggunakan pin quick release pada roda depan untuk memudahkan bongkar-pasang ban
  • Pakai hand guards Vertigo
  • Footpegs dari bahan aluminium berwarna hitam dengan area kontak ke kaki yang lebih luas
  • Sprocket belakang terbuat dari bahan aluminium, tapi giginya terbuat dari bahan baja
  • Tensioner rantai terbuat dari bahan aluminium
  • Jok racing yang dilengkapi dengan kantong
  • Tuas rem depan dan tuas kopling berwarna hitam anodise
  • Tutup oli transmisi, tutup oli mesin, dan tutup filter oli terbuat dari bahan aluminium berwarna merah anodise
  • Triple clamps berwarna hitam dipadukan dengan tabung suspensi depan warna merah anodise
  • Ban baru Michelin
  • Grafis spesial Racing Edition

Kapan motor ini hadir di pasaran? Beta sih bilang Beta RR Racing Edition model year 2018 pertama kali dikirimkan ke dealer mulai Desember 2017. Harga produk Beta RR Racing Edition model year 2018 sendiri masih dipertahankan atau sama dengan model year 2017. Terus gimana dengan di Indonesia? Apa bakal masuk? Kemungkinan besar iya bakal masuk ke Indonesia. Apalagi udah ada distributor resmi Beta di Indonesia dan yang versi standar kayaknya udah masuk. Tinggal tunggu aja berapa harganya!

Advertisements