Motor Trail Baru Diablo Bernama Diablo 230X, Harga Rp 25 Juta!


Setelah cukup lama nggak terdengar kabarnya, Diablo Motor Indonesia yang notabene sebagai pabrikan motor lokal yang berbasis di Semarang kabarnya bakal mengeluarkan motor trail baru penerus Diablo 200x. Dulu Diablo 200x sempat cukup booming karena desainnya yang keren dan gagah, serta performa mesin cukup mumpuni. Info yang masuk ke newsroom Adventuriderz.com menyebutkan bahwa motor trail baru Diablo bakal mengusung nama Diablo 230x. Wah mesinnya melar dong? Kayak apa spesifikasinya? Berapa pula harganya?

Dari sumber yang cukup bisa dipercaya, Diablo 230x mengusung mesin 200 cc SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara. Jadi walaupun namanya Diablo 230x, tapi mesinnya masih tetap 200 cc yang cukup sederhana. Masih mirip lah seperti Diablo 200x terdahulu. Namun, mesin yang satu ini diklaim memiliki performa setara dengan Honda CRF230F berkat pengaplikasian karburator PE 32, plat kopling enam lembar lengkap dengan enam per kopling, dan yang nggak kalah penting udah pakai knalpot free flow. Artinya, konsumen nggak perlu lagi beli knalpot aftermarket biar performanya meningkat karena sudah disediakan knalpot free flow dari pabrik. Suara gahar, performa nonjok, dan tinggal gas aja. 

Seperti yang udah Adventuriderz.com bahas di artikel beberapa waktu lalu, Diablo 230x udah dilengkapi dengan suspensi depan upside down. Buat motor trail lokal itu sih udah biasa mas! Tenang bro… Suspensi upside down Diablo 230x agak beda dengan kebanyakan motor trail lokal yang sekelas. Walaupun ini motor trail entry level, tapi dia pakai suspensi depan upside down buatan Mojo yang udah fully adjustable, bisa diatur baik itu dari segi preload, rebound damping, maupun compression damping. Udah kayak suspensi motor trail mahal nih! Ternyata yang bisa disetel nggak cuma suspensi depan. Mono shock di belakang juga bisa disetel sesuai selera dengan opsi 32 klik. Sangat fleksibel.

Frame Diablo 230x masih pakai bahan baja, tapi swing arm pakai aluminium. Velg pakai ukuran 2.15 x 18 inch di belakang dan 1.60 x 21 inch di bagian depan. Semuanya pakai velg aluminium. Imbasnya ya bobot motor lumayan ringan. Kurang lebih Diablo 230x punya berat kosong 106 kg. Hmm… Agak-agak mirip atau mendekat Gazgas Hummer Pro 250 nih bobotnya. Oh ya, sistem starter mesin udah pakai elektrik ya… Tinggal pencet tombol starter maka mesin bakal nyala. Nggak perlu repot mancal kick starter.

Mungkin bro sekalian nggak sedikit yang penasaran dengan harga Diablo 230x model year 2018 nih… Info yang masuk menyebutkan Diablo 230x dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Masih masuk lah ke dalam kategori harga low end, yaitu Rp 25 juta off the road. Yups, motor baru dijual dalam bentuk off the road tanpa surat-surat dan tidak legal dipakai di jalan raya. Dan karena dijualnya off the road, maka Diablo 230x juga nggak bisa dibeli secara kredit alias mesti cash! Mungkin salah satu kendala buat bro yang tertarik meminang Diablo 230x adalah jaringan penjualan. Mau gimana lagi, jaringan penjualan Diablo Motor Indonesia memang masih sangat minim. Bahkan di kota-kota besar pun sangat jarang. Butuh effort lebih kalau mau dapetin motor ini.

Advertisements