KTM Freeride E-XC Model Year 2018 Dapatkan Upgrade Besar-Besaran


Bro sekalian… KTM pertama kali memperkenalkan motor enduro dengan mesin elektrik KTM Freeride E-XC pada tahun 2014 lalu. Setelah tiga tahun berada di pasaran, akhirnya KTM memberikan upgrade pada motor enduro elektrik itu. Dan nggak tanggung-tanggung, update dan upgrade yang diberikan sangat banyak. Hampir semua sektor KTM Freeride E-XC model year 2018 mendapatkan sentuhan, mulai dari kapasitas baterai, besaran power, suspensi, sampai dengan frame. Penasaran seperti apa detail upgrade yang diberikan kepada KTM Freeride E-XC?

KTM mengklaim KTM Freeride E-XC model year 2018 menggunakan motor dengan tenaga yang lebih besar ketimbang model sebelumnya. Kalau generasi lawas hanya punya power 16 kW, KTM Freeride E-XC generasi anyar powernya tembus 18 kW. Kemudian, baterai yang digendong oleh KTM Freeride E-XC terbaru mampu dipakai riding selama 90 menit non-stop dalam satu kali pengisian, lebih lama daripada baterai generasi sebelumnya. Nggak cuma itu aja, frame KTM Freeride E-XC model year 2018 punya steering head angle yang lebih panjang untuk meningkatkan stabilitas. Terus suspensi depan motor ini menggunakan model upside down WP XPLOR 43 mm dan suspensi belakang mono shock WP PDS.

Satu hal yang cukup menarik, walaupun KTM Freeride E-XC powernya nggak gede-gede amat, tapi KTM membekalinya dengan tiga pilihan riding mode, yaitu Economy, Enduro, dan Cross. Riding mode itu bisa dipilih sesuai kebutuhan dari tombol yang ada di handlebar. Langkah itu sengaja dilakukan agar KTM Freeride E-XC friendly dipakai oleh para rider dari berbagai rentang usia. Dan sekarang KTM Freeride E-XC punya dashboard full digital berukuran minimalis yang sangat identik dengan milik motor enduro KTM EXC series bermesin konvensional.

Sisi minus yang ada pada KTM Freeride E-XC model year 2018 adalah bobotnya yang lebih melar 3 kg dari generasi lawas. Kalau KTM Freeride E-XC model year 2017 bobotnya 108 kg, maka KTM Freeride E-XC model year 2018 bobotnya tembus 111 kg. Tentu tanpa bahan bakar dan tanpa oli karena motor ini nggak pakai keduanya. Tapi untungnya, KTM memangkas ketinggian jok dari 910 mm menjadi 900 mm. Jadi lebih bersahabat bagi para rider yang bermasalah dengan ketinggian, meskipun angka 900 mm itu juga nggak bisa dibilang pendek.

Mungkin temen-temen jadi bertanya-tanya nih mengenai motor elektrik kayak gini. Gimana perawatannya? Mahal nggak? Menurut klaim dari pabrikan sih KTM Freeride E-XC sangat minim perawatan atau bahkan nggak perlu ada perawatan yang cukup serius kayak motor bermesin konvensional. Paling-paling cuma nyemprot rantai pakai chain lube sama ngasih pelumas antara gear dan motor listrik. Udah itu aja… Untuk baterai, kemampuannya baru berkurang setelah melewati 700 cycles pengisian. Tapi tenang aja karena baterai dijamin masih bisa diisi sampai dengan kapasitas 70 persen.

Selain perawatan yang mudah dan murah, keunggulan lain dari KTM Freeride E-XC adalah biaya operasionalnya sangat rendah. Nggak percaya? Untuk 1,5 jam riding, KTM Freeride E-XC model year 2018 hanya butuh daya listrik sebesar 3,9 kW. Misal listrik di rumah menggunakan daya 1.300 VA dengan tarif dasar Rp 1.467,28/kWh, maka cuma perlu biaya Rp 5.722,400 buat riding 1,5 jam. Gimana kalau dibandingin sama KTM Freeride 250 dengan mesin konvensional? Jelas bedanya bisa empat sampai lima kali lipat lebih boros! Apalagi kalau dibanding KTM 250/300 EXC atau KTM 250/350/450/500 EXC-F, duh pasti lebih haus lagi!

Nah… Di pasaran, KTM Freeride E-XC lebih ditargetkan sebagai motor buat main-main, bukan buat enduro yang serius. KTM Freeride E-XC juga menargetkan konsumen dari kalangan generasi muda yang masih sekolah atau kuliah. Mereka bakal terlihat cool saat pergi ke sekolah atau kuliah pakai motor ini. Toh KTM Freeride E-XC adalah motor yang bersifat street legal. Sayangnya, KTM Indonesia nggak masukin motor ini tuh bro. Kalaupun masuk, harganya pasti di atas Rp 100 jeti. Tapi kalau udah ngebet coba aja kontak KTM Indonesia. Barangkali mereka mau bantu masukin barang sebiji dua biji.

Advertisements