• Home »
  • Article »
  • NJKB Honda CRF150L di DKI Jakarta Cuma Rp 20,7 Juta… Mantap Nih!!

NJKB Honda CRF150L di DKI Jakarta Cuma Rp 20,7 Juta… Mantap Nih!!


Bro sekalian… Ada kabar baru lagi nih mengenai motor trail dual sport Honda CRF150L. Menjelang peluncurannya yang kemungkinan nggak akan lama lagi, Samsat DKI Jakarta menampilkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) sebuah motor dengan kode T4G02T31L0 MT yang diyakini sebagai CRF150L. Ternyata NJKB CRF150L di DKI Jakarta tergolong fantastis dan sangat murah!

Dari situs Samsat DKI Jakarta, diketahui NJKB CRF150L hanya Rp 20,7 juta. Bisa dibilang ini adalah harga yang tertera pada faktur atau harga off the road. Dengan NJKB serendah ini, terbuka peluang yang cukup besar CRF150L dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau, bahkan lebih murah dibandingkan dengan kompetitor yang sudah ada di pasaran.

Yups… NJKB merupakan harga yang tertera di faktur, belum harga on the road. Untuk mendapatkan harga on the road, perlu penambahan beberapa komponen biaya, mulai dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang nilainya 1,5 persen dari NJKB, Bea Balik Nama (BBN) 10 persen dari NJKB, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen dari NJKB, dan PPh 22 dengan nilai 1,5 persen dari NJKB. Total dari komponen biaya tadi sebesar 23 persen. Jadi kalau NJKB Rp 20,7 juta ditambah dengan komponen biaya sebesar 23 persen, maka menghasilkan angka Rp 25,46 juta!! Asli menggiurkan banget kan harganya?

Tapi perlu diingat, itu belum termasuk komponen biaya di tingkat dealer yang sulit ditebak angkanya. Komponen biaya lain-lain itu termasuk margin keuntungan dealer, sumbangan SWDKLLJ, biaya kirim, dan beberapa komponen biaya lainnya. Kita berandai-andai aja nih… Misal biaya di tingkat dealer ini sebesar Rp 3 juta, maka terbuka peluang CRF150L dibandrol Rp 28,5 juta on the road. Misalnya lagi komponen biaya di tingkat dealer Rp 4,5 juta, motor ini masih bisa dibandrol Rp 30 juta on the road. Gimana, asyik kan??

Sekarang kita tinggal nunggu aja Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan CRF150L secara resmi ke pasaran. Kita lihat juga gimana nanti strategi pricing yang diberikan kepada CRF150L, apakah bakal kompetitif melawan Kawasaki KLX150 BF atau nggak… Sekarang kalau nggak salah KLX150 BF series dibandrol mulai dari Rp 32 jutaan sampai Rp 34 jutaan. Menarik kalau AHM berani agresif memberikan harga di bawah KLX150 BF series.

Advertisements