• Home »
  • Article »
  • Presiden Direktur AHM Ungkap Alasan Pasang Mesin Verza Pada CRF150L

Presiden Direktur AHM Ungkap Alasan Pasang Mesin Verza Pada CRF150L


Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma buka-bukaan mengenai motor trail 150 cc bernama CRF150L yang bakal diluncurkan pada 9 November 2017 di Pagedangan – Serpong. Inuma memastikan bahwa CRF150L menggunakan basis mesin Verza, persis seperti Honda Fun Ride Off Road Concept (CRF150 Concept) yang sempat dipajang di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Honda Bikers Day 2017 Regional Sulawesi, dan Honda Bikers Day Nasional 2017 di Gunungkidul – Jogja. Lalu, apa alasan AHM memilih mesin SOHC Verza pada CRF150L? Kenapa nggak pakai mesin DOHC CB150R?

Menurut orang nomor satu di AHM tersebut, pihaknya sengaja memilih mesin Verza untuk dipasang di CRF150L karena mesin itu terbukti sangat bandel. Apalagi CRF150L nanti dipastikan sering dipakai untuk melahap medan-medan off road yang sulit, jadi mesin yang bandel sangat mutlak diperlukan. Alasan berikutnya, tutur Inuma, mesin Verza yang masih menggunakan teknologi Single Over Head Camshaft (SOHC) dan berpendingin udara bobotnya lebih ringan. Nggak cuma itu, mesin Verza yang sederhana ini perawatannya sangat mudah dan murah!

“Adapun untuk mesin, kami akan menggunakan dapur pacu yang sudah terbukti keunggulannya. Seperti dari Verza! Kenapa Verza? Sebab mesin SOHC itu lebih ringan dan akan sangat mudah perawatannya. CRF150 ini dibuat agar konsumen tak ada kendala pemakaiannya sehari-hari,” ungkap Inuma, dikutip dari Dapurpacu.com.

Mungkin temen-temen yang belum begitu kenal dengan motor trail, baik itu untuk off road atau dual sport adventure, pada kecewa kenapa AHM nggak pakai mesin DOHC punya CB150R, CBR150R, Sonic 150R, dan Supra GTR150. Padahal mesin DOHC 150 cc dari Honda itu lebih powerful dan lebih padet… Tapi buat yang udah lama malang-melintang dengan motor trail, pasti paham dengan alasan yang diungkap Inuma. Coba deh tanya sama para hardcore off road, kecewa nggak mereka sama CRF150F atau CRF230F CBU? Pasti nggak!! Mesin CRF150F/CRF230F dikenal punya torsi yang gede, perawatan gampang dan murah, serta spare part banyak kesamaan dengan GL Pro atau Tiger. Padahal dua motor itu menggunakan basis mesin SOHC GL series, kurang lebih mirip lah dengan Verza yang juga berasal dari klan GL series. Bedanya, mesin CRF150F/CRF230F CBU itu masih pakai sistem pembakaran karburator, sedangkan mesin Verza dan CRF150L yang dijual di Indonesia nanti pakai sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang lebih modern. Ada plus-minus memakai karbu atau injeksi. Itu lumrah lah ya… So, tunggu aja spesifikasi lengkap CRF150L versi Indonesia saat peluncuran 9 November 2017 nanti!

Advertisements