• Home »
  • Article »
  • Honda Segera Rilis CRF150L, Yamaha: Kami Tertarik, Tunggu Tanggal Mainnya!

Honda Segera Rilis CRF150L, Yamaha: Kami Tertarik, Tunggu Tanggal Mainnya!


Sobat Adventuriderz.com sekalian… 9 November 2017 nanti akan menjadi hari bersejarah, di mana untuk pertama kalinya PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan produk motor trail 150 cc yang diproduksi secara lokal di Indonesia. Temen-temen pasti juga udah tahu, motor itu nggak lain dan nggak bukan adalah Honda CRF150L, motor dengan genre dual sport alias on road – off road. Lalu, gimana komentar Yamaha, saingan utama Honda di Indonesia, mendengar kabar tersebut?

Ternyata cukup mengejutkan bro reaksi dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Melalui Deputy General Manager Marketing Edy Ang, Yamaha mengaku tertarik memasarkan motor trail entry level yang bisa menjadi pesaing bagi Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L. Alasannya karena market di segmen sempit ini dari hari ke hari semakin berkembang. Kapan motor trail entry level dari Yamaha diluncurkan? Sayangnya Edy Ang masih meminta kita untuk menunggu tanggal mainnya!

“Tunggu tanggal mainnya. Kami tertariklah, kan pasarnya makin membesar,” ungkap Edy Ang, dikutip dari detikoto.

Bagi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), motor trail sendiri bukanlah barang asing. YIMM pernah meluncurkan motor trail dual sport WR250R di Indonesia pada tahun 2015. Akan tetapi, penjualan WR250R di Indonesia nggak bisa dibilang menggembirakan. Target penjualan 100 unit per tahun alias cuma delapan unit per bulan gagal diraih. Menurut Adventuriderz.com gagalnya penjualan WR250R karena YIMM membandrol motor ini dengan harga yang sangat mahal. Ya, nggak bisa dipungkiri WR250R adalah motor dual sport 250 cc paling powerful dan paling hi-tech dari sisi teknologi dibandingkan dengan dua pesaingnya asal Jepang, Kawasaki KLX250S dan Honda CRF250L. Namun bandrol Rp 93 juta tetap aja terasa kemahalan. Apalagi Kawasaki KLX250S harganya cuma Rp 60 juta. Bedanya udah 50 persen! Alasan berikutnya yang bikin penjualan WR250R keok adalah motor ini cuma dijual oleh segelintir dealer Yamaha di area Jakarta. Mau beli WR250R di luar Jakarta seperti Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, atau kota lain dijamin sulit. Rata-rata mereka nggak menjual WR250R. Kalaupun mau bantu mesenin dari Jakarta, mereka nggak nanggung layanan after sales. Serba repot kan? Sekarang nggak tahu deh YIMM masih aktif jualan WR250R atau nggak…

Oh ya, selain jualan WR250R, Yamaha sebenarnya udah jualan motor trail high end di Indonesia. Memang penjualan, pemasaran, dan layanan purna jual nggak dipegang langsung sama YIMM. Tapi lewat kaki tangan pihak ketiga, yaitu Yamaha CBU Off Road Indonesia alias Arnaud CBU Indonesia (PT. El Rhino Global) yang showroom-nya ada di Ruko Alicante, Gading Serpong, Tangerang. Arnaud CBU Indonesia ini jualan motor dengan genre motocross seperti YZ85, YZ125, dan YZ250F, serta varian motor cross-country macam YZ250X dan YZ250FX. Ya bisa dibilang itu semua motor spec kompetisi, baik itu untuk balap motocross maupun balap enduro cross-country. Harganya jelas premium, mulai dari Rp 60 juta yang paling murah sampai dengan Rp 90 jutaan, tergantung varian dan kapasitas mesin.

Last… Sebelumnya pihak Yamaha beberapa kali bilang tertarik masuk ke segmen motor trail entry level yang bisa dijual dalam volume besar. Sayang seribu sayang, sampai Honda mau merilis CRF150L, motor trail entry level Yamaha belum ada progres yang berarti. Padahal udah sering ada isu motor trail Yamaha bakal pakai mesin SOHC empat klep berpendingin cairan yang identik dengan milik V-Ixion. Tapi ya lagi-lagi kabar itu nguap gitu aja. Sejauh ini Yamaha lagi demen-demennya jualan skuter gambot kayak Aerox, NMAX, XMAX. Semoga aja ungkapan Edy Ang bisa dipegang dan konsumen nggak perlu lama nunggu sampai motor trail entry level Yamaha nongol di pasaran.

Advertisements