KTM 790 Adventure – Si Motor Trail Jumbo 800 cc Dua Silinder!




Pameran otomotif EICMA di Milan yang dimulai besok, 7 November 2017, bakal dimeriahkan oleh berbagai pabrikan otomotif, khususnya pabrikan motor, dari seluruh dunia. Tahun lalu KTM memajang prototipe KTM 790 Duke… Nah tahun ini KTM lagi-lagi bakal memajang sebuah motor prototipe. Dia adalah prototipe KTM 790 Adventure!

EICMA 2017 memang belum dimulai, tapi foto-foto prototipe KTM 790 Adventure udah banyak nongol di dunia maya. Soal penampilan, nggak diragukan lagi KTM 790 Adventure beneran cadas, beringas, dan nggak ada kalem-kalemnya. IMHO kali ini KTM 790 Adventure dibangun dengan gaya yang berbeda dibandingkan dengan motor adventure KTM lainnya kayak KTM 1090 Adventure atau KTM 1290 Super Adventure. Umumnya motor adventure KTM pakai fairing penuh, dari bagian headlight menyambung ke body samping hingga menutupi seluruh bagian mesin. Menariknya di KTM 790 Adventure ini beda. KTM 790 Adventure lebih mirip dengan motor trail. Coba aja lihat, nggak ada fairing yang menutup ruang antara headlight dan body samping. Terus front fender KTM 790 Adventure juga tinggi yang identik dengan motor trail, dan yang nggak kalah penting motor ini pakai velg ring 18-21 inch lengkap dengan ban pacul layaknya motor trail. Bisa dibilang KTM 790 Adventure itu motor trail jumbo dan pastinya punya kemampuan off road yang sangat baik ketimbang motor-motor adventure lain pada umumnya.

Sekedar informasi aja nih bro… KTM 790 Adventure menggunakan basis mesin yang identik dengan KTM 790 Duke, berupa mesin 800 cc dua silinder sejajar. KTM memang agak unik. Biasanya KTM identik dengan mesin v-twin, tapi kali ini lebih memilih konfigurasi parallel-twin di KTM 790 Duke dan KTM 790 Adventure. Walaupun KTM 790 Adventure pakai basis mesin yang sama dengan KTM 790 Duke, namun frame keduanya beda banget. Mungkin KTM sengaja menggunakan frame yang beda karena KTM 790 Adventure ini habitatnya lebih keras daripada KTM 790 Duke yang dominan di aspal.



Gimana untuk fitur yang lain? Kayak biasanya sih bro, KTM 790 Adventure pakai suspensi depan-belakang buatan WP. Suspensi depan model upside down fully adjustable, sedangkan suspensi belakang mono shock PDS alias tanpa link khas KTM. Konsol speedomter dipastikan full digital, di headlight ada DRL LED, rem depan double disc, ada hand guard, dan di sana juga terpasang knalpot merek Akrapovic. Tapi perlu diingat, itu adalah penampilan dan fitur yang ada pada motor versi prototipe. Nggak tahu nanti untuk versi produksi massal kayak apa. Biasanya versi prototipenya KTM nggak jauh beda sih dengan versi produksi massal, walaupun tetap ada peluang memiliki perbedaan yang besar. Mungkin besok kita bisa memantau lebih detail penjelasan KTM dari EICMA 2017 ya!

Advertisements