Ini Dia Xpulse Concept yang Dipamerkan Hero di EICMA Milan 2017


Temen-temen Adventuriderz.com sekalian… Pabrikan asal India, Hero MotoCorp, akhirnya menepati janjinya untuk memajang motor petualang baru di pameran motor terbesar dunia, EICMA Milan 2017. Motor yang dipajang oleh Hero itu masih dalam bentuk konsep, bukan versi produksi massal, dan diberi nama Xpulse. Tentunya Xpulse bakal menjadi penerus motor adventure sebelumnya yang dimiliki oleh Hero, yaitu Impulse. Apakah Xpulse cukup menarik perhatian?

Dilihat dari fisiknya, penampilan Xpulse benar-benar beda total dibandingkan dengan Impulse. Xpulse lebih berkarakter, lebih condong sebagai motor adventure mungil ketimbang motor dual sport. Beda dengan Impulse yang cukup identik denan Honda NXR 160. Aura retro juga cukup kental pada Xpulse. Mungkin konsepnya jadi mirip seperti Royal Enfield Himalayan, bukan ala motor dual sport tulen macam Honda CRF150L atau Kawasaki KLX150 series. Bisa dilihat di sana tangki menggembung besar seperti motor naked sport, jok lebar dan kayaknya lumayan nyaman buat jalan jauh, dan headlight LED dengan bentuk bulat. Kesan sebagai motor dual sport kelihatan di bagian front fender yang tinggi, ban dual purpose ring 18-21 inch, dan terpasang skid plate. Paling nggak dengan ban ring 18-21 inch, motor ini punya potensi yang kuat di medan off road. Oh ya, pemasangan pannier box dan crash bar di Xpulse Concept juga mengindikasikan motor ini bakal bertarung di arena yang sama dengan Royal Enfield Himalayan, bukan dengan Kawasaki KLX150 series.

Sayangnya Hero nggak memberikan banyak informasi mengenai detail Xpulse Concept. Satu hal yang pasti, Xpulse bakal mengusung mesin satu silinder SOHC, 2-valve, dan berpendingin udara. Walaupun belum dipastikan, kemungkinan kapasitas mesinnya 200 cc, jauh lebih rendah daripada Royal Enfield Himalayan. Tapi nggak menutup kemungkinan Hero bisa saja mencangkokkan kapasitas mesin yang lebih gede. Terus mesin ini udah mengadopsi sistem pembakaran injeksi. Misal jadi diproduksi massal, kemungkinan besar Xpulse bakal nongol pada akhir tahun 2018 atau awal tahun 2019. Apakah akan masuk ke Indonesia? Kayaknya sih nggak bro… Sejauh ini pabrikan India yang bermain di Indonesia cuma TVS dan Royal Enfield. Hero masih konsentrasi menguasai market di India sana!

Advertisements