• Home »
  • Article »
  • Inspirasi Modifikasi: Honda CRF150L Bergaya Khas Supermoto… Cakep!!

Inspirasi Modifikasi: Honda CRF150L Bergaya Khas Supermoto… Cakep!!



Temen-temen Adventuriderz.com sekalian… PT Astra Honda Motor (AHM) memang cuma ngeluarin Honda CRF150L dalam satu varian. Itupun dengan satu pilihan warna pula, yaitu Extreme Red. Nggak ada yang lain. Tapi nih bro, saat launching CRF150L pada 9 November 2017 yang lalu AHM juga memajang hasil modifikasi CRF150L dengan gaya supermoto atau nama lainnya motard. Kayak apa penampilannya?

Secara standar penampilan CRF150L yang bergenre dual sport bisa dibilang udah keren. Desainnya cakep dan dapat mengakomodir kebutuhan para rider yang ingin berpetualang di dua alam sekaligus, baik itu on road maupun off road. Apalagi CRF150L dibekali dengan dual purpose ring 18-21 inch… Pas banget!! Terus gimana buat rider yang pengen pakai CRF150L di aspal aja? Solusinya gampang bro, tinggal ganti velg tapak lebar ring 17 inch depan-belakang lengkap dengan ban aspal tulen. Beruntung AHM udah ngasih inspirasi modifikasi buat temen-temen yang pengen ngubah CRF150L jadi supermoto.

Nah… Pada CRF150L supermoto yang dipajang AHM, terlihat motor itu menggunakan velg tapak lebar. Nggak tahu bikinan mana, kemungkinan merek Champ. Ukurannya juga belum bisa dipastikan nih bro, kayaknya sih sekitar 4.00 x 17 inch di bagian depan dan 3.50 x 17 inch di depan. Sementara bannya pakai Michelin Pilot Power 3 yang nggak kalah lebar. Cukup satu ubahan ini aja buat mentranformasikan motor dual sport CRF150L menjadi sebuah supermoto.

Kalau di contoh modifikasi milik AHM sih ada beberapa bagian lain lagi yang mendapatkan sentuhan. Misalnya cakram rem depan-belakang diganti dengan ukuran yang lebih gede, dipasangi skid plate alias engine guard, ada hand guard Acerbis, kaca spion Rizoma Tomok, knalpot free flow (kayaknya ProSpeed), pasang rantai DID, plate holder dilepas, karet footpegs dilepas, swing arm dilabur warna hitam, dipasangi decal kombinasi merah hitam lengkap dengan tulisan “CRF150L” warna putih, dan jok menggunakan kombinasi warna merah hitam. Nggak lupa di sejumlah body motor diberi sticker komponen yang dipakai, mulai dari Showa, Michelin, Acerbis, DID, dan slogan One HEART. Modifikasinya bisa dibilang menggunakan sistem bolt on alias plug and play. Tapi hasilnya cakep, dan motor ini siap dipakai full di jalan aspal.

Apakah dengan dipajangnya CRF150L versi supermoto ini menjadi indikasi AHM bakal mengeluarkan supermoto 150 cc? Bisa jadi iya, bisa juga nggak… Misal iya, mungkin bakal mengusung nama CRF150M, mengikuti pola penamaan kakaknya di pasar global, di mana ada CRF250L (License/Dual Sport) dan CRF250M (Motard). Kalaupun nggak, AHM bisa menyediakan aksesoris resmi (Honda Genuine Accessories) untuk mengubah penampilan CRF150L menjadi supermoto. IMHO nggak ada salahnya AHM sekalian terjun ke market supermoto 150 cc untuk menggebuk Kawasaki D-Tracker. Toh penganut aliran supermoto di jalanan udah banyak banget. Honda CRF150L buat melawan Kawasaki KLX150 BF, sedangkan Honda CRF150M menjadi lawan Kawasaki D-Tracker. Sepertinya ini ide yang menarik…


Advertisements