Gagah Om! Viar Cross X 250 ES Bergaya Supermoto dari Sumedang…



Hola sobat Adventuriderz.com… Ngomongin soal kondisi jalan di Tanah Air yang jauh dari kata baik, banyak lubang tak terduga, nggak rata, dan di kota besar sekalipun sering banjir, paling pas memang menggunakan motor trail/dual sport sebagai alat transportasi yang utama. Nggak bisa dipungkiri, motor trail nggak praktis kayak motor skutik yang pengoperasiannya simple dan punya bagasi luas. Tapi motor trail juga punya keunggulan yang nggak dimiliki oleh motor skutik lantaran punya ground clearance tinggi yang bisa leluasa melibas banjir yang sering melanda di perkotaan dan motor jenis ini punya punya karakter suspensi yang super enak. Buat hajar-hajaran di jalan berlubang ataupun nggak rata tetap terasa nyaman. Di pasaran sekarang udah lumayan banyak pabrikan yang ngeluarin motor trail, baik itu pabrikan Jepang ataupun non-Jepang. Kapasitas mesinnya juga macem-macem. Ada yang 150 cc, 200 cc, sampai 250 cc tersedia. Tinggal pilih sesuai selera dan isi rekening!

Secara default motor trail dual sport itu menggunakan ban dual purpose dengan ring 18-21 inch. Beberapa ada yang pakai ban off road tulen. Tentu kembangan ban tipe ini cukup kasar. Bisa dibilang balance lah buat on road dan off road sekaligus, sedangkan yang pakai ban off road tulen jelas nggak nyaman waktu dipakai di aspal. Terus gimana buat rider yang pengen motor dengan gaya khas trail tapi lebih sering melintasi jalan aspal di perkotaan? Solusinya ya dimodif dengan gaya supermoto alias motard. Kebetulan Adventuriderz.com baru aja dapat kiriman foto modifikasi dari Mas Rudi asal Sumedang. Doi ini mengubah motor trail Viar Cross X 250 ES menjadi sebuah supermoto. Mungkin modifikasi dari Mas Rudi bisa menginspirasi bro sekalian yang ingin mengaspalkan motor trail.

Kalau melihat wujudnya, Viar Cross X 250 ES milik Mas Rudi ini keluaran terbaru yang bisa dibeli secara on the road sehingga legal dipakai di jalan raya. IMHO modifikasi yang dilakukan oleh Mas Rudi sangat total dan nggak main-main. Untuk mengubah Viar Cross X 250 ES menjadi supermoto, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengganti ban dan velg. Untuk velg belakang, doi memilih merek TK dengan ukuran 4.25 x 17 inch yang dipadukan dengan ban Corsa R93 150/60-17, sedangkan velg depan menggunakan merek Expedition 3.50 x 17 inch lengkap dengan ban Corsa 120/60-17. Karena nggak ada tromol aftermarket yang dirancang khusus untuk Viar Cross X 250 ES, maka Mas Rudi memilih menggunakan tromol Pro Caken milik Honda CRF250R. Bagian suspensi depan-belakang nggak perlu diubah karena udah ganteng dan kekar dari pabriknya. Hasilnya bisa bro pantengin sendiri di foto, penampilan Viar Cross X 250 ES tetap terlihat gagah tapi sekarang lebih enak buat dipakai di jalan raya. Dan menariknya, hampir semua ubahan bersifat plug and play (PNP) alias nggak pakai ribet.

“Tromol pakai Pro Caken untuk CRF250R. Semuanya PNP, cuma nyesuain bos tromolnya doang,” ungkap Mas Rudi via aplikasi instant messenger.

Biar penampilan Viar Cross X 250 ES versi aspal semakin kece, headlight standar dilengserkan kemudian diganti dengan Polisport Lupromax, front fender diganti dengan milik Honda CRF250R model year 2016, decal diganti dengan nuansa dominan merah, dan sarung jok juga diganti dengan warna merah yang membuatnya semakin selaras. Untuk meningkatkan performa, Viar Cross X 250 ES dipasangi knalpot model dual muffler dan sprocket belakang 46 mata merek ROZ. Menurut Mas Rudi, ini adalah knalpot after market buat Gazgas X-Moto 250. Nggak heran kalau bisa langsung plug and play karena ada kemiripan basis mesin dan rangka antara Viar Cross X 250 ES dan Gazgas X-Moto 250. Oh ya, pengaplikasian dual muffler ini bikin Viar Cross X 250 ES semakin identik dengan Honda CRF250R dan yang pasti suaranya lebih blaaaarrr!

Penampilan udah kece dan performa mengalami kenaikan, nggak afdol rasanya kalau nggak ngoprek di sistem pengereman. Rem depan mendapatkan cakram ukuran jumbo yang dirancang khusus buat supermoto buatan ROZ, lengkap dengan braket kaliper yang juga buatan ROZ. Penggantian sistem rem dengan cakram yang lebih besar ini nggak cuma bikin rem jauh lebih pakem, tapi juga mendongkrak penampilan lumayan signifikan. Kesannya bagian depan jadi lebih padet berisi. Overall, Adventuriderz.com acungi dua jempol untuk totalitas modifikasi Viar Cross X 250 ES menjadi supermoto ala Mas Rudi. Salutnya lagi hampir semua komponen street legal masih terpasang dengan manis, mulai dari kaca spion, headlight, lampu sein, tail light, hingga rear fender yang sekaligus berfungsi sebagai plate holder. Top markotop! Terima kasih udah berbagi foto dan info modifikasinya ya mas!

Data Modifikasi Viar Cross X 250 ES Supermoto Ala Mas Rudi – Sumedang

  • Tromol Pro Caken Honda CRF250R
  • Velg depan Expedition 3.50 x 17 inch
  • Velg belakang TK Racing 4.25 x 17 inch
  • Ban depan Corsa R93 120/60-17
  • Ban belakang Corsa R93 160/60-17
  • Cakram dan braket kaliper rem depan ROZ
  • Sprocket belakang ROZ 46T
  • Knalpot aftermarket Gazgas X-Moto 250
  • Headlight Polisport Lupromax
  • Front fender Honda CRF250R model year 2016
  • Sarung jok custom
  • Decal custom

Advertisements