• Home »
  • Article »
  • Honda Bakal Produksi Supermoto CRF150M, Tapi Tidak Dalam Waktu Dekat?

Honda Bakal Produksi Supermoto CRF150M, Tapi Tidak Dalam Waktu Dekat?




9 November 2017 yang lalu Astra Honda Motor (AHM) akhirnya resmi meluncurkan motor trail 150 cc bernama Honda CRF150L. Sayangnya motor trail pesaing Kawasaki KLX150 ini hadir cuma dalam satu varian dan satu pilihan warna. Nggak ada varian special edition misalnya… Dan hanya ada warna Extreme Red. Nggak ada pilihan lain. Buat yang pengen tampil beda mungkin bisa beli aksesoris resmi yang disediakan Honda dan mengganti decal dengan desain sesuai selera.

Nah… Di saat launching itu pula Honda memajang CRF150L yang udah dimodifikasi dengan gaya supermoto. Tentu bannya lebih fokus buat di jalan aspal dengan ring 17-17 inch. Motor yang dilabur dengan warna kombinasi hitam-merah itu memang terlihat gagah, velg tapak lebar, ban gambot, knalpot free flow, stang fatbar dari Renthal, ada hand guard, terpasang engine guard, pakai cakram lebar, dan dilengkapi kaca spion Rizoma Tomok. Bisa dibilang modifikasi yang dilakukan nggak terlalu neko-neko, tapi hasilnya terlihat keren, kalem, dan elegan, terutama dalam hal pemilihan warna. TOP DAAAH!!! Kabarnya sih modifikasi CRF150L ala supermoto ini digarap oleh Baru Motor Sport (BMS).

Berangkat dari modifikasi CRF150L ala supermoto itu banyak pertanyaan yang masuk, apakah ada peluang Honda memproduksi CRF150L versi supermoto? Gampangnya kita sebut namanya sebagai CRF150M (Motard) lah… Beruntung sejumlah media otomotif udah mulai bergerilya mengenai kemungkinan Honda memproduksi CRF150M. Motorplus misalnya, mendapatkan informasi dari internal AHM bahwa betul mereka akan memproduksi CRF150M. Kemudian masih dari sumber yang sama, Presiden Direkut AHM Toshiyuki Inuma memberikan indikasi ke arah sana.



“O iya, supermoto ya… Satu-satu ya,” ungkap Inuma.

Sementara itu, sumber lain dari Om Taufik TMCblog.com bilang CRF150M kemungkinan memang udah ada di dalam agenda AHM dan udah dipersiapkan dengan baik. Tapi disinyalir peluncurannya masih lama. Bahkan di tahun 2018 pun kayaknya belum ada supermoto CRF150M di pasaran. Bisa jadi sih di tahun-tahun berikutnya. IMHO mendingan AHM jangan lama-lama ngeluarin CRF150M. Langsung aja CRF150M digrojok ke pasar tahun depan biar konsumen punya pilihan. Mau yang trail/dual sport bisa pilih CRF150L, sedangkan yang mau dipakai di aspal doang bisa ambil CRF150M. Toh peminat versi aspal ini juga lumayan banyak, dan yang nggak kalah penting bisa jadi pesaing utama Kawasaki D-Tracker.

“Satu-satu dulu ya, CRF150L dulu, baru kita pikirkan varian lain,” kata Direktur Marketing AHM Pak Thomas Wijaya tanpa menyanggah atau mengiyakan perihal CRF150M.

Buat para penggemar supermoto, sekarang keputusan ada di tangan bro sekalian… Mau cepat ya ambil unit CRF150L, kemudian dimodifikasi menjadi model supermoto. Budget ekstra jelas diperlukan untuk melakukan modifikasi. Paling basic ganti velg, ban, dan tromol. Itu paling basic ya, baru nanti merembet ke hal-hal lain biar makin cantik. Tapi kalau mau mendandani CRF150L supermoto kayak yang dipajang AHM, butuh dana minimal Rp 10 jutaan lah. Atau mau nunggu CRF150M diproduksi? Opsi terakhir ini nggak enak, karena nggak ada kejelasan waktu. Sama kayak waktu bro sekalian nunggu CRF150L. Banyak yang nggak sabar, misuh-misuh lah, sampai bilang hoax lah karena kelamaan nunggu tanpa kejelasan waktu, meskipun akhirnya ya nongol juga. Kuncinya kudu sabar kalau kamu nunggu CRF150M!

Advertisements