Saat Suspensi USD Showa Honda CRF150L Diganti Teleskopik Kayaba




Kehadiran Honda CRF150L memang telah memberikan warna baru buat kalangan penghobi off road. Paling nggak mereka ada pilihan selain Kawasaki KLX150 di segmen motor trail entry level. Dan asyiknya, penjualan CRF150L terlihat cukup menjanjikan di awal peluncurannya ini. Memang kita belum ada data berapa data penjualan CRF150L, tapi belum lama ini pihak AHM bilang indent CRF150L udah tembus sekitar 1.500 unit hanya dalam waktu satu minggu setelah peluncuran. Tingginya minat konsumen terhadap CRF150L ini pula membuat sejumlah merek part aftermarket bergerak untuk mendukung modifikasi CRF150L. Salah satu merek par aftermarket yang melakukan pergerakan dengan cepat itu adalah Gordons!

Seperti temen-temen tahu, CRF150L itu menggunakan suspensi depan model upside down (USD) berdiameter 37 mm buatan Showa. Ukurannya lebih besar ketimbang suspensi upside down milik KLX150 BF. Nggak cuma itu, travel suspension CRF150L juga lebih panjang sehingga nggak ada gejala njleduk ketika dipakai menghajar track off road maupun dipakai jumping. Adventuriderz.com belum coba CRF150L, tapi banyak pihak juga yang menilai suspensi depan milik CRF150L itu udah sangat baik.

Nah… Menariknya, Gordons coba menggoda penyemplak CRF150L untuk mengganti suspensi depan USD buatan Showa itu menggunakan suspensi teleskopik Gordons yang notabene buatan Kayaba (KYB). Bukan rahasia lagi antara Showa dan Kayaba itu saling berseberangan. Showa cukup identik dengan Honda (dan Kawasaki), sedangkan Kayaba identik dengan Yamaha. Sekarang gimana kalau CRF150L diganti dengan suspensi teleskopik? Buatan Kayaba pula…

Beruntung Gordons lewat akun Instagram-nya memberikan contoh foto CRF150L yang udah dipasangi suspensi teleskopik Gordons Kayaba. Temen-temen bisa lihat sendiri pada foto gimana penampilannya. IMHO cukup serasi juga dengan warna CRF150L. Mungkin temen-temen banyak yang penasaran, apa keunggulan suspensi teleskopik Gordons Kayaba dibandingkan dengan suspensi standar USD Showa milik CRF150L? Pertama dari sisi diameter, suspensi teleskopik Gordons Kayaba lebih besar karena punya diameter 41 mm. Suspensi USD Showa milik CRF150L diameternya 37 mm. Kedua, suspensi teleskopik Gordons Kayaba lebih panjang 20 mm. Bukan mustahil suspensi yang lebih panjang 20 mm ini bikin ground clearance jadi sedikit lebih tinggi dan travel suspension juga lebih panjang.

Pada case KLX150 BF, nggak sedikit pengguna yang mengganti suspensi standar USD dengan suspensi teleskopik Gordons Kayaba 41 mm. Alasannya biar nggak terjadi efek njleduk yang banyak dikeluhkan oleh rider penyemplak KLX150 BF. Buat sekedar fun off road atau malah buat balap grasstrack, suspensi teleskopik Gordons Kayaba 41 mm lumayan banyak diminati dan jadi andalan. Tinggal kita lihat nanti deh apakah suspensi teleskopik Gordons Kayaba 41 mm mampu menggoda para penyemplak CRF150L atau nggak.

Photo credit: Gordons MX/Instagram


Advertisements