• Home »
  • Article »
  • Balada Motor Trail Lokal Diablo, Banyak Dicari Tapi Minim Informasi

Balada Motor Trail Lokal Diablo, Banyak Dicari Tapi Minim Informasi




Temen-temen Adventuriderz.com sekalian… Beberapa waktu yang lalu Adventuriderz.com mendapatkan sekelumit informasi mengenai motor trail baru dari pabrikan lokal yang berbasis di Semarang, yaitu Diablo Motor Indonesia. Produk baru dari Diablo itu konon diberi nama Diablo 230x dan dijual dengan harga Rp 25 juta off the road. Diablo 230x merupakan pengganti dari Diablo 200x yang pernah eksis di masa lampau. Di pasaran, Diablo 230x diperkirakan akan bertarung dengan sesama produk milik brand lokal lainnya seperti Viar Cross X 200 GT, Viar Cross X 200 ES, Gazgas Hummer Pro 250, dan Gazgas Hummer Pro 250 X.

Terus kenapa Adventuriderz.com tertarik mengulas lagi tentang Diablo 230x? Nggak tahu kenapa nih bro, dalam beberapa hari terakhir hits artikel di blog ini yang membahas tentang Diablo 230x tergolong tinggi. Bahkan beberapa kali sempat menduduki peringkat teratas mengalahkan artikel-artikel tentang Honda CRF150L yang masih anget banget. Asumsi pribadi aja nih ya, kemungkinan banyak dari pembaca blog Adventuriderz.com yang ingin tahu dan menggali informasi lebih banyak tentang brand Diablo ataupun tentang produknya, Diablo 230x. Makanya hits tentang Diablo tergolong tinggi belakangan ini.

Walaupun kabarnya Diablo 230x udah mulai dilempar ke pasaran, tapi di dunia maya nggak ada pergerakan yang cukup berarti dari Diablo. Padahal dulu di era Diablo 200x, Diablo Motor Indonesia cukup rutin memberikan update informasi di dunia maya. Sekarang bisa dibilang nihil. Mau lihat fans page di Facebook minim informasi. Meluncur ke website resmi ternyata udah nggak pernah di-update sejak lama. Di website resmi cuma ada informasi mengenai produk lawas Diablo 200x. Bagaimana cara mendapatkan Diablo 230x? Itu juga jadi tanda tanya besar. Kita susah dapat informasi dealer resmi Diablo ada di mana aja. Padahal cukup banyak yang menanyakan hal ini kepada Adventuriderz.com baik itu via Facebook maupun WhatsApp.



Ya kalau Diablo ingin serius bangkit, nggak ada salahnya untuk lebih aktif lagi di dunia maya. Soalnya sekarang itu informasi jauh lebih cepat menyebar melalui jejaring sosial, blog, hingga media online. Apalagi produk baru Diablo 230x punya spesifikasi yang cukup menjanjikan. Mesin 200 cc SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara dengan sistem pembakaran karburator PE 28. Mesin 200 cc milik brand lokal kayak gini biasanya punya karakter tarikan yang cukup instan. Betot gas langsung ngejambak… Lebih menarik lagi karena Diablo 230x pakai enam lembar kampas kopling dan enam buah per kopling yang tentunya membuat durabilitas kopling menjadi lebih baik. Knalpot free flow juga udah dipasang di Diablo 230x dalam kondisi standar. Jadi mau off road pun tinggal gas aja. Toh ban juga udah pakai kembangan kasar khas motor off road dengan velg aluminium ring 18-21 inch.

Soal desain mungkin masalah selera aja ya. Namun yang pasti Diablo 230x pakai frame model tubular yang sekilas mirip dengan motor-motor enduro Eropa. Versi lokalnya sih mirip dengan Gazgas Hummer. Fitur yang agak advance di Diablo 230x adalah suspensi. Memang betul brand-brand lokal lain juga pakai suspensi depan model upside down. Tapi suspensi upside down punya Diablo ini beda. Dia pakai suspensi upside down merek Mojo yang bisa disetel preload, rebound damping, dan compression damping-nya. Kemudian mono shock pun bisa disetel sesuai selera dengan opsi penyetelan sebanyak 32 klik. Sangat fleksibel ya! Satu hal lagi yang nggak kalah menarik adalah bobotnya yang cuma 106 kg!

Buat temen-temen pecinta off road yang tertarik meminang motor ini, mungkin bisa langsung datang ke showroom Diablo di Semarang. Itu kalau misalnya temen-temen berdomisili di Jawa Tengah. Buat wilayah lain nggak tahu deh. Nggak ada clue nih showroom Diablo ada di mana aja. Atau mungkin temen-temen pembaca ada yang punya info di mana aja showroom Diablo di wilayahmu bro?

Advertisements