• Home »
  • Article »
  • Target Market CRF150L Buat Penghobi Fun Off Road Justru Paling Kecil

Target Market CRF150L Buat Penghobi Fun Off Road Justru Paling Kecil




Temen-temen Adventuriderz.com sekalian… Pada 2-3 Desember 2017 kemarin MPM Distributor sebagai main dealer Honda di wilayah Jawa Timur secara resmi meluncurkan motor trail baru Honda CRF150L. Honda menyebut CRF150L masuk ke dalam kategori motor on-off sport. Kalau bahasa umumnya sih ada yang menyebut dengan dual sport bike, all road bike, atau dual purpose bike. Mau pakai sebutan mana aja boleh lah, toh mengacu pada tipe dan karakter motor yang sama.

Nah… Walaupun diciptakan sebagai motor dual sport (on-off sport), tapi faktanya motor ini nggak cuma dipakai buat dual sport adventure. Honda membagi target market konsumen motor dual sport ini ke dalam tiga segmen, yaitu penghobi fun off road, penghobi off road tourer (dual sport adventure), dan terakhir motor digunakan sebagai kendaraan harian (daily transporter). Kira-kira market mana yang paling besar? Mana pula yang paling kecil? Kita bahas yuk!

Dalam presentasi MPM Distributor saat launching CRF150L di Bromo, market konsumen yang menggunakan motor dual sport ini untuk hobi fun off road justru paling kecil, tapi nggak bisa dipandang sebelah mata. Angkanya sekitar 27 persen. Menurut Honda, konsumen yang menggunakan motor untuk fun off road ini kebanyakan adalah opinion leader. Mereka bisa menyebarkan pengalaman positif mereka tentang CRF150L ke pasar yang lebih luas.



Target market yang kedua adalah konsumen yang hobi melakukan kegiatan off road tourer atau dual sport adventure. Mereka ini biasanya menggunakan motor trail, nggak terkecuali CRF150L nantinya, untuk melakukan kegiatan adventure dua alam. Bisa jarak jauh, bisa juga jarak dekat. Namun track yang dilewati oleh para dual sport adventurer ini mixed antara jalan aspal dan jalur off road. Tentunya jalur off road yang dilewati nggak seberat para penghobi fun off road. Intinya para dual sport adventurer butuh motor yang tangguh dan nyaman melewati jalur on road dan off road sekaligus. Nggak disangka hasil riset Honda menunjukkan kalangan penghobi dual sport adventure malah yang paling gede dibandingkan dengan target market yang lain. Angkanya cukup fantastis, mencapai 39 persen. Padahal kalau dipikir-pikir para penggemar dual sport adventure ini nggak begitu kelihatan ketimbang penghobi fun off road yang selalu bergerombol dalam jumlah sangat banyak di sebuah event off road.

Target market terakhir yang nggak kalah besar adalah konsumen yang menggunakan motor dual sport untuk kendaraan harian (daily transporter). Bukan rahasia lagi nggak sedikit kondisi jalan di Indonesia yang kurang bagus meskipun berada di tengah kota sekalipun. Apalagi banyak juga wilayah perkotaan yang sering tergenang banjir. Nggak heran kalau pengguna motor dual sport dengan ground clearance tinggi untuk daily transporter semakin banyak. Oh ya, pengguna motor dual sport untuk daily transporter ini juga termasuk kalangan penggemar supermoto ya. Tahu sendiri kan penyemplak supermoto dan komunitasnya di perkotaan udah membludak. Jumlah pengguna motor dual sport untuk daily transporter ini diperkirakan mencapai 34 persen.

Advertisements