Melihat Lebih Detail Foto Diablo 230x – Memang Keren Ini Motor!




Temen-temen Adventuriderz.com sekalian… Seperti diketahui brand motor trail lokal, Diablo Motor Indonesia, udah merilis trail baru mereka yang diberi nama Diablo 230x. Memang nggak ada acara launching atau info apapun lah di media. Tapi yang pasti Diablo 230x udah dilepas ke pasaran melalui berbagai jaringan dealer Diablo. Di Jawa Tengah kemungkinan bakal lebih gampang dapetin motor ini. Soalnya Diablo Motor Indonesia itu sendiri markasnya ada di Semarang. Kalau nggak salah di Bandung juga udah ada mitra penjualan Diablo yang cukup gencar memasarkan Diablo 230x melalui dunia maya.

Mohon koreksi kalau salah… Diablo 230x adalah satu-satunya produk yang dimiliki oleh Diablo Motor Indonesia. Motor ini dipakai sebagai penerus dari Diablo 200x yang cukup ngehits di jamannya. Desain Diablo 230x mengalami perubahan yang cukup jauh dibandingkan dengan Diablo 200x. Ada yang bilang Diablo 200x lebih keren, tapi ada juga yang menyebut wujud Diablo 230x baru ini lebih proporsional. Debat atau opini kayak gini wajar aja karena yang namanya desain itu masalah selera, dan setiap orang punya taste yang beda-beda pula.

Baru-baru ini foto Diablo 230x mulai banyak bertebaran di dunia maya. Kita jadi bisa melihat lebih detail gimana penampilan motor ini. IMHO penampilan Diablo 230x lumayan keren, ringkas, dan nggak bisa dibilang gede. Karakternya mungil mirip kayak Gazgas Hummer Pro 250 atau Gazgas Hummer Pro 250 X. Tapi bukan berarti motor ini pendek ya… Nggak sama sekali… Diablo 230x tetaplah motor trail yang jangkung. Motor pun terlihat kekar dengan pengaplikasian suspensi depan model upside down. Menariknya, suspensi upside down Diablo 230x menggunakan merek Mojo yang bersifat fully adjustable. Artinya temen-temen yang punya Diablo 230x bisa menyetel suspensi depan sesuka hati, mulai dari preload, rebound dumping, hingga compression damping. Suspensi belakang yang berupa mono shock dengan link itu juga bisa disetel dalam opsi 32 klik. Penyetelan yang sangat fleksibel pada bagian suspensi Diablo 230x inilah yang sangat sulit didapatkan di motor trail merek lokal lainnya.

Terus Diablo 230x punya bobot yang lumayan enteng. Salah satu yang paling enteng di kelasnya. Info yang masuk menyebutkan Diablo 230x bobotnya 106 kg. Saingan banget nih sama Gazgas Hummer Pro 250. Memang apa yang bikin bobot Diablo 230x enteng? Kemungkinan karena bentuk frame yang ringkas walaupun masih terbuat dari bahan dasar besi, swing arm katanya udah aluminium, velg full aluminium, dan tangki bahan bakar dari plastik. Bobot enteng jelas jadi keunggulan kalau mau pakai motor buat fun off road. Badan nggak cepat capek karena handling motor lebih mudah.

Oh ya… Kalau dilihat fisiknya, Diablo 230x dipersiapkan untuk dijual secara on the road (street legal). Di sana terpasang headlight, turn light, tail light, hingga rear fender yang sekaligus berfungsi sebaga plate holder. Sayangnya, headlight Diablo 230x ini seragam dengan motor-motor trail lokal lainnya. Mau motor Viar, Gazgas, ataupun Diablo ini headlight-nya identik, menyerupai Yamaha WR250F lawas. Cuma untuk saat ini Diablo 230x masih sebatas dijual dalam bentuk off the road (tanpa STNK, TNKB, dan BPKB).

Gimana dengan mesinnya mas? Ini yang masih agak rancu. Ada satu mitra penjualan Diablo di Jawa Barat yang bilang mesin Diablo 230x berkapasitas 200 cc seperti halnya Diablo 200x di masa lampau dengan performa yang setara Honda CRF230F. Tapi ada juga mitra penjualan yang lain bilang Diablo 230x pakai mesin 230 cc. Terlepas apakah mesin berkapasitas 200 cc atau 230 cc, yang pasti Diablo 230x menggunakan mesin SOHC, 2-valve, dan berpendingin udara. Kurang lebih basisnya mirip dengan motor-motor trail lokal lainnya, mengambil basis dari GL series, walaupun mungkin daleman mesin lumayan berbeda. Sepengetahuan Adventuriderz.com, mesin Diablo 230x mengaplikasikan sistem pembakaran karburator PE 28, plat kopling enam lembar lengkap dengan enam buah per kopling, serta knalpot model free flow. Jadi kalau beli motor ini buat fun off road nggak perlu ubah apa-apa lagi. Bisa langsung gas ke medan off road. Apalagi Diablo 230x udah pakai ban off road tulen. Langsung bisa dibawah ngacir ke hutan.

Last… Diablo 230x sebenarnya dibandrol dengan harga yang sangat kompetitif, hanya Rp 25 juta off the road. Harganya masih lebih murah dibandingkan dengan Gazgas Hummer Pro 250 senilai Rp 26 juta off the road atau Viar Cross X 200 ES yang dibandrol Rp 28 jutaan on the road. Cuma jaringan penjualan yang dimiliki oleh Diablo ini nggak sebanyak Viar atau Gazgas. Di jaman yang sudah serba digital ini pun tim Diablo Motor Indonesia seolah tumpul. Fans page Facebook dan website resmi nggak update, membuat calon konsumen kesulitan mendapatkan informasi mengenai produk Diablo. Padahal kalau lihat spec-nya cukup menjanjikan lho motor ini…


Advertisements