• Home »
  • Article »
  • Hot News: Trail Yamaha Pakai All New Engine, Tidak Pakai Mesin V-Ixion!

Hot News: Trail Yamaha Pakai All New Engine, Tidak Pakai Mesin V-Ixion!


Temen-temen Adventuriderz.com sekalian… Yamaha dipastikan nggak akan membiarkan Kawasaki dan Honda bermain berdua saja di segmen motor trail entry level. Yups, belum lama ini Honda memang merilis CRF150L yang jadi penantang bagi KLX150 yang sudah cukup lama mendominasi segmen motor trail entry level. Langkah Honda ini rupanya bikin Yamaha gerah juga!

Kalau sebelumnya Yamaha masih malu-malu mengungkapkan ke media mengenai rencana keluarnya motor trail entry level, sekarang pabrikan berlogo garputala mulai buka-bukaan. Seperti dilansir Liputan6.com, Sabtu (9/12/2017), Deputy General Manager Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Pak Eddy Ang memastikan bahwa motor trail Yamaha nanti pakai mesin yang benar-benar baru. Yamaha tidak akan mencomot mesin dari model yang sudah ada. Waaaah menarik ini!!

“Tapi kapan? Tunggu saja. Kami, Yamaha akan develop mesin baru. Kami tidak akan pakai engine dari model apa. Tapi engin baru,” ungkap Pak Eddy Ang.

Nah… Diakui atau tidak, Honda sendiri mencomot basis mesin Verza untuk digunakan pada CRF150L. Walaupun jeroan mesin sangat mungkin memiliki banyak perbedaan dengan Verza, tapi at least basic mesinnya ya tetap pakai punya Verza yang dikembangkan lebih lanjut sehingga karakter, peforma, dan durability cocok untuk CRF150L. Menariknya, langkah berbeda akan dilakukan oleh Yamaha. Sebelumnya Yamaha diprediksi akan menggunakan basic mesin V-Ixion pada motor trail 150 cc-nya nanti. Mengenai hal ini, Pak Eddy Ang memberikan konfirmasi bahwa motor trail 150 cc Yamaha tidak menggunakan mesin V-Ixion, melainkan menggunakan mesin yang benar-benar baru dan sekarang masih dalam tahap pengembangan.

“Harus dipelajari, karena (V-Ixion) beda karakter mesinnya. Off road itu cirinya akselerasi spontan dan tarikan bahwa kuat. Dan itu belum tentu karakter mesin V-Ixion cocok. Jadi saat ini masih under development. Kapan? Tunggu saja,” kata Pak Eddy.

Hmmm… Kalau mesin V-Ixion dianggap kurang cocok buat motor trail gimana ya… Soalnya V-Ixion itu basic-nya pakai mesin Yamaha Motori Minarelli M/C 125 yang terpasang pada YZF-R125 dan MT-125. Kedua motor itu dijual di Eropa. Yamaha Indonesia kemudian mengembangkan sendiri mesin Motori Minarelli M/C 125 itu dengan kapasitas 150 cc, selanjutnya dipasang pada sejumlah varian motor seperti V-Ixion, YZF-R15, dan MX King. Memang betul mesin V-Ixion, YZF-R15, dan MX King yang sekarang dijual di Indonesia sudah mengalami pengembangan cukup jauh ketimbang mesin dasar Motori Minarelli M/C 125. Tapi mau gimana pun basic-nya ya tetap pakai Motori Minarelli M/C 125. Pada case motor trail, mesin Motori Minarelli M/C 125 itu dipakai pada Yamaha WR125R & WR125X, Beta RR Enduro 4T 125 LC, Fantic Motor Caballero 125E & 200E, Rieju Marathon 125 Pro & 200 Pro, dan masih banyak lagi yang lain, termasuk Husqvarna era BMW juga pernah pakai mesin Motori Minarelli M/C 125. Tapi kita tetap mesti apresiasi Yamaha yang sedang mengembangkan all new engine buat motor trailnya nanti. Semoga mesin baru itu sanggup memberikan performa akselerasi yang spontan seperti yang dikatakan Pak Eddy Ang.

Advertisements