Lama Tak Terdengar Suaranya, Apa Kabar Motor Trail Cleveland??




Kalau nggak salah sekitar akhir tahun 2016 lalu Cleveland Cyclewerks selaku Agen Pemegang Mereka (APM) Cleveland Motorcycles ikutan masuk ke segmen motor trail dengan mengeluarkan cukup banyak varian. Ada FXX 110, FXX 125, FXR 110, FXR 125, Hooligun 250X, Hooligun 250R, Hooligun 450X, hingga Hooligun 450R. Mereka pun kabarnya akan lebih gencar menjual varian motor trail pada tahun 2017. Tapi gimana faktanya?

Menurut pandangan Adventuriderz.com promosi motor trail Cleveland di Indonesia justru sudah mengendor. Cleveland sepertinya mulai kembali ke fitrahnya dengan fokus berjualan motor custom retro dan classic. At least di dunia maya udah jarang yang mempromosikan motor trail Cleveland. Beda dengan di akhir sampai awal 2017 yang cenderung cukup gencar.  Tapi nggak demikian dengan motor custom retro dan classic yang justru lebih berkembang.

Memang apa yang bikin motor trail Cleveland sulit diterima oleh konsumen di Indonesia? IMHO yang utama adalah faktor harga. Harga motor trail Cleveland ini nggak kompetitif alias overpriced… Motor trail FXX dan FXR series yang bentuknya cukup nyeleneh dan minimalis dibandrol dengan harga Rp 30 jutaan. Padahal kita semua juga tahu motor ini didatangkan dari China, pakai mesin bebek yang sangat sederhana (mirip Astrea Grand), dan nggak ada fitur yang cukup menonjol. Dan di rentang harga Rp 30 jutaan dihuni oleh merek-merek Jepang kayak Kawasaki KLX150 series ditambah dengan sekarang ada Honda CRF150L. Waktu Adventuriderz.com ngobrol-ngobrol santai dengan big boss salah satu brand motor lokal di Indonesia akhir 2016 lalu, doi bilang kalau mereka mau masukin motor yang sama dengan Cleveland FXX dan FXR, harganya bisa dibandrol di bawah Rp 20 juta! Tapi mereka nggak melakukannya karena nggak banyak penggemar trail yang suka dengan desain ala FXX dan FXR.



Pada case Hooligun 250 dan Hooligun 450 juga sama. Harganya nggak kompetitif. Hooligun 250 bandrol harganya tembus nyaris Rp 75 juta, sedangkan Hooligun 450 malah hampir Rp 150 juta. Angka itu udah ada di wilayah Yamaha YZ250X dan YZ250 FX (Rp 89-99 juta) dan sederet motor trail buatan Eropa seperti KTM, Husky, Sherco, dan Beta dengan range Rp 130-160 jutaan (tergantung tipe). Susah lah jualan dengan harga segitu mahalnya… Apalagi dengan brand “Cleveland” yang belum banyak dikenal oleh penggemar motor trail di Indonesia. Mungkin temen-temen ada yang udah beli motor trail Cleveland?

Advertisements