Sadiiiisss!! Kawasaki Sedang Siapkan KLX Bermesin 200 cc???




Temen-temen Adventuriderz.com sekalian… Kawasaki Motor Indonesia (KMI) seringkali menjadi pabrikan pelopor dalam mengeluarkan produk atau varian baru yang belum ada di pasaran. Contohnya Ninja 250, Z250, Ninja 250 SL, Z250SL, Z125 Pro, KSR110 Pro, KLX150, D-Tracker, KLX250S, D-Tracker X, Estrella 250 (W250), W175, dan mungkin masih ada beberapa varian lainnya. Kawasaki cenderung nggak mau ngekor pabrikan lain. Deretan motor-motor itu semua dikeluarkan oleh Kawasaki saat nggak ada pabrikan lain seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki yang mau melirik di segmen atau kelas yang sama. Tapi begitu penjualan motor Kawasaki terlihat moncer, satu per satu pabrikan lain mulai masuk ke segmen yang sama.

Seperti yang Adventuriderz.com katakan tadi, Kawasaki memang cenderung nggak mau bertarung head-to-head dengan pabrikan lain, terutama Honda dan Yamaha yang memang punya sumber daya lebih besar di Indonesia. Kawasaki lebih memilih mengeluarkan varian-varian baru untuk menghindari pertarungan dengan mereka. Menariknya, saat market yang sudah lama dikuasai oleh Kawasaki diusik oleh pabrikan lain, Kawasaki jelas nggak tinggal diam. Terbukti saat Ninja 250 diusik oleh Honda CBR250RR (dan Yamaha YZF-R25), Kawasaki melawan dengan mengeluarkan All New Ninja 250 model year 2018. Motor ini punya power paling besar di kelasnya, plus bobot yang ringan.

Nah… Hal yang sama kemungkinan juga akan terjadi pada klan KLX… Temen-temen mungkin juga udah pada tahu, KLX150 series adalah motor dengan volume penjualan terbesar milik Kawasaki. Motor ini bisa terjual sekitar 5.000-6.000 unit per bulan. Tapi mulai November 2017 lalu Honda ikutan main di segmen motor trail 150 cc lewat CRF150L. Melihat tingginya kontribusi penjualan KLX150, tentu Kawasaki nggak mau gelarnya sebagai raja motor trail di Indonesia direbut oleh Honda. Belakangan ada kabar yang cukup mengejutkan bahwa Kawasaki sedang mempersiapkan KLX generasi baru dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Wah menarik ini!!



Bersumber dari GridOto.com, disebutkan bahwa Kawasaki sedang mempersiapkan motor trail baru dengan kapasitas mesin 200 cc. Mungkin nanti namanya adalah KLX200. Motor itu dipersiapkan untuk menahan gempuran Honda melalui CRF150L. Sayangnya belum ada info yang cukup detail mengenai KLX200 ini. Hanya ada info kapasitas mesinnya 200 cc, tampangnya jauh lebih keren dari KLX150, dan motor ini dipersiapkan untuk tahun 2018.

“Cc-nya akan naik. Tahun depan akan disiapkan. Pokoknya lebih keren dibanding KLX150,” ungkap sumber yang tidak mau diungkap namanya tersebut.

Kalau info ini benar, kemungkinan KLX200 mengusung mesin 200 cc SOHC, 2-valve, dan berpendingin udara. Atau bisa dibilang KLX150 yang dinaikkan kapasitasnya jadi 200 cc. Gampangnya sih gitu… Karena Kawasaki nggak punya mesin 200 cc SOHC/DOHC dengan pendingin cairan. Ditambah lagi Kawasaki adalah yang paling demen pakai mesin yang udah ada atau recycle mesin lawas. Namun tentunya kabar ini masih cukup prematur dan belum bisa dipastikan kebenarannya. Misal benar ya good news buat penggemar KLX. Persaingan semakin sengit, konsumen diuntungkan. Iya nggak bro?

Advertisements