Saat Kawasaki KLX Dibekali Frame Aluminium Twin Spar… Beeeh Sadiis!!




Temen-temen Adventuriderz.com… Di Indonesia itu dijual berbagai macam varian motor Kawasaki KLX150 series. Yang pertama adalah model dual sport yang terdiri dari KLX150G, KLX150 BF, KLX150 BF Special Edition, dan KLX150 BF Extreme. Namanya motor dual sport, KLX150G, KLX150 BF, KLX150 BF Special Edition, dan KLX150 BF Extreme bisa dipakai on road dan off road sekaligus. Motor ini legal dipakai di jalan raya karena punya berbagai kelengkapan standar jalan raya plus surat-surat, dan ketika dipakai buat off road tentu kemampuannya nggak sebagus motor off road tulen. Perlu sejumlah modifikasi biar deretan motor itu lebih maknyus dipakai off road. Kemudian model yang kedua adalah New KLX atau di luar negeri (seperti Amerika Serikat) disebut dengan KLX140G. KLX140G cenderung tampil sebagai motor off road tulen dan benar-benar siap dipakai di jalur off road tanpa perlu melakukan modifikasi lagi. Makanya jangan heran walaupun KLX140G cuma dijual off the road, harganya lebih mahal ketimbang KLX150 BF Extreme sekalipun. Sekarang kita akan sedikit membahas mengenai modifikasi KLX140G ini ya…

KLX140G secara default dibekali frame yang identik dengan KLX150 BF series… Model dan bahannya sama. Bedanya, KLX140G pakai swing arm dari bahan aluminium. Lalu KLX140G juga dibekali suspensi depan teleskopik dan mono shock dengan piggyback reservoir yang bersifat fully adjustable. Bagaimana dengan bobotnya? Sebagai motor off road tulen, KLX140G memiliki bobot yang sangat ringan hanya 99 kilogram, sedangkan KLX150 BF bobotnya mencapai 118 kg. Menariknya, di luar negeri sana (Amerika Serikat) ada yang nggak puas dengan frame standar KLX140G. Dalam video yang diunggah oleh Dirt Bike Magazine, sebuah KLX140G diganti frame-nya dengan model aluminium twin spar. Nggak diketahui secara pasti apakah dengan frame aluminium twin spar itu bobot KLX140G berkurang atau justru bertambah. Tapi soal penampilan nggak perlu diragukan lagi. Sekilas kita akan mengira kalau itu adalah sosok KX250F. Apalagi motor ini juga dipasangi swing arm aluminium. Namun begitu melihat mesinnya baru deh kelihatan kalau itu mesin KLX140G yang sangat khas SOHC 2-valve berpendingin udara. Meskipun demikian, mesin KLX140G terlihat padat tanpa celah diapit oleh frame aluminum twin spar tersebut.

Nah… Selain berubah pada bagian frame, KLX140G itu juga mendapatkan ubahan di bagian suspensi. Suspensi depan pakai model upside down buatan Showa. Suspensi belakang masih mono shock dengan mekanisme Uni-Trak juga buatan Showa. Terus knalpot juga udah pakai model free flow, ban merek Dunlop, stang Renthal, dan rantai RK. Nggak ada informasi apakah mesin udah dioprek atau belum. Tapi kalau melihat modifikasinya yang udah sangat radikal, besar kemungkinan mesin KLX140G ini juga udah diacak-acak biar performanya jauh lebih gahar. Hasilnya bisa temen-temen lihat di video, KLX140G jadi begitu beringas dalam melahap track motocross. Mau dipakai jumping-jumping tinggi nggak ada masalah sama sekali. Mungkin efek performa mesin yang udah mengalami peningkatan dan frame yang jauh lebih kokoh daripada standarnya bikin rider berani menggeber KLX140G jumping tinggi-tinggi. IMHO modifikasi ini agak unik ya… Kalau di Indonesia frame KLX150 itu justru terpakai untuk dipasangi mesin Honda GL series, tapi di Amerika Serikat mesin KLX140G justru dicangkokkan di frame KX250F. Dengan modifikasi yang begitu radikal, jelas butuh biaya yang banyak banget ini mah… Ada yang tertarik mencoba?



Advertisements