• Home »
  • Article »
  • Ada Fitur Bank Angle Sensor, Mesin CRF150L Otomatis Mati Jika Terjatuh

Ada Fitur Bank Angle Sensor, Mesin CRF150L Otomatis Mati Jika Terjatuh





Salah satu keunggulan fitur Honda CRF150L dibandingkan dengan Kawasaki KLX150 adalah sudah menggunakan ssitem pembakaran injeksi PGM-FI. Dengan sistem pembakaran injeksi ini motor menjadi lebih pintar karena berbagai hal di atur oleh sistem yang ada di dalam Electronic Control Unit (ECU) atau Electronic Control Modul (ECM). Apalagi di CRF150L juga ada sensor suhu udara lingkungan dan sensor tekanan udara yang membuat asupan bahan bakar dan udara diatur secara otomatis oleh sistem sesuai dengan kebutuhan. Satu hal lagi yang nggak kalah menarik, CRF150L dibekali dengan fitur “Bank Angle Sensor (BAS)” berkat pengaplikasian sistem pembakaran injeksi ini. Memang apa fungsi BAS?

BAS memang bukan fitur yang asing di motor-motor Honda. Dengan adanya BAS, memungkinkan mesin motor mati secara otomatis jika mengalami miring 55±5° selama lima detik. Jadi miring 50-60 derajat selama lima detik itu ECU/ECM sudah mengasumsikan motor terjatuh. Oleh karena itu, ECU/ECM akan menghentikan kerja fuel pump, injektor, dan coil ignition yang membuat mesin mati otomatis. Miring 50-60 derajat aja udah diasumsikan motor terjatuh, so nggak usah ditanya gimana kalau kondisi motor rebah 100 persen ya… Pasti mesin langsung mati… Bisa dibilang ini adalah fitur keselamatan khas Honda.

Nah, yang jadi masalah adalah setelah CRF150L terjatuh itu tadi, mesin nggak mau langsung nyala ketika rider memencet tombol starter. Ternyata solusinya sangat gampang kok. Temen-temen tinggal putar kunci kontak dari ON ke OFF dulu, baru kemudian diputar ke posisi ON lagi. Maka sistem akan melakukan reset dan mesin motor bisa nyala kembali dengan mudah ketika tombol starter dipencet. Gampang kan? Oh ya, dengan penggunaan sistem pembakaran injeksi ini pula CRF150L nggak mengalami keluhan karburator banjir ketika terjatuh karena suplai bahan bakar tetap stabil. Intinya kalau motor terjatuh dan nggak mau nyala, temen-temen nggak perlu khawatir. Tinggal lakukan prosedur tadi ya…



Advertisements