• Home »
  • Article »
  • Genderang Perang Rally Dakar 2018 Segera Ditabuh, Siapa Pemenangnya?

Genderang Perang Rally Dakar 2018 Segera Ditabuh, Siapa Pemenangnya?


Hari ini, Jumat (5/1/2018), semua peserta yang ikutan Rally Dakar 2018 udah berkumpul di Lima – Peru sebagai lokasi start. Mereka hari ini menjalani kegiatan scrutineering sebelum memulai lomba selama dua minggu pada 6-20 Januari 2018. Itu berarti genderang perang Rally Dakar 2018 bisa dikatakan udah mulai ditabuh. Kira-kira siapa yang akan memenangkan Rally Dakar 2018?

Yups… Rally Dakar 2018 dipastikan bakal seru banget nih temen-temen… Kenapa? Karena kekuatan tim dan pembalap yang ikutan cukup berimbang, mulai dari KTM, Husqvarna, Honda, Yamaha, Sherco, hingga Hero. Mereka punya motor yang sama kencangnya. Kemudian tim-tim ini juga diisi oleh pembalap-pembalap top dengan skill luar biasa dan pengalaman segudang di kancah balap rally. Sangat sulit memprediksi tim mana yang bakal menang. Tapi kalau melihat statistik, KTM yang sudah mendapatkan 16 kemenangan Rally Dakar secara berturut-turut jelas sangat diunggulkan untuk mendapatkan kemenangan ke-17 tanpa jeda. Apalagi di tim Red Bull KTM Factory Racing ada nama-nama seperti Sam Sunderland yang menjadi pemenang Rally Dakar 2017, Matthias Walkner runner-up Rally Dakar 2017, Toby Price sang juara Rally Dakar 2016, dan Antoine Meo yang juga nggak kalah kelas sehingga menjadi salah satu pembalap favorit juara.

Tim yang sangat mungkin membendung dominasi KTM adalah Husqvarna dan Honda. Alasannya, tim Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing punya juara dunia FIM Cross-Country Rallies World Championship sebanyak dua kali (2016 & 2017) pada diri Pablo Quintanilla. Tapi kita boleh kesampingkan Husky karena Husky sendiri merupakan bagian dari KTM Group. Bisa dibilang nggak ada bedanya lah antara KTM dan Husky. Mungkin Monster Energy Honda Team adalah tim terkuat yang bisa menjadi pesaing Red Bull KTM Factory Racing. Motor Honda CRF450 RALLY nggak kalah kelas dibandingkan dengan KTM 450 RALLY. Honda CRF450 RALLY terbukti sangat reliable dan mendapatkan sejumlah kemenangan di berbagai kompetisi rally tahun 2017. Nggak cuma itu, pembalap yang dimiliki oleh Monster Energy Honda Team pun nggak kalah kelas. Sebut saja Kevin Benavides, Joan Barreda, Ricky Brabec, dan Michael Metge itu pembalap-pembalap kelas elit di ajang balap rally. Tapi apesnya Monster Energy Honda Team harus kehilangan salah satu pembalap andalan Paulo Goncalves yang gagal ikut Rally Dakar 2018 lantaran masih dibekap cidera.

Oh ya… Jangan lupakan juga tim Yamalube Yamaha Official Rally Team. Paket motor Yamaha WR450F Rally belakangan cukup kompetitif. Terlebih Yamaha didukung oleh kombinasi antara pembalap senior dan pembalap muda yang punya skill luar biasa. Di kalangan pembalap senior Yamaha ada Adrien van Beveren yang tahun lalu finish keempat dan Rodney Faggotter. Kemudian di kalangan pembalap muda diisi oleh Xavier de Soultrait yang mampu memenangi Stage 1 Rally Dakar 2017 dan Franco Caimi yang sukses menempati posisi kedelapan Rally Dakar 2017.¬†Bagaimana dengan Sherco TVS Rally Factory Team dan Hero Motorsport Team Rally? Kedua tim ini nggak kalah kompetitif sebenarnya. Tapi untuk mendapatkan gelar juara atau sekedar menembus tiga besar rasanya agak sulit. Paling realistis mereka memperebutkan posisi 10 besar lah…

Buat temen-temen yang mau tahu update terbaru Rally Dakar 2018, bisa membaca artikelnya di portal Goracing.id ya… Kalau nggak ada kendala, berbagai hal mengenai Rally Dakar 2018 akan tersaji lengkap di sana. Bahkan sebelum dimulainya Rally Dakar 2018 ini udah banyak kok bahan bacaan yang bisa temen-temen nikmati. Monggo langsung meluncur ke Goracing.id atau #GoRacingID_RallyDakar2018. Selamat menikmati!

Advertisements