• Home »
  • Article »
  • Melihat Deretan Motor-Motor Eksotis yang Ikutan Rally Dakar 2018…

Melihat Deretan Motor-Motor Eksotis yang Ikutan Rally Dakar 2018…





Buat temen-temen penggemar ajang balap Rally, mulai besok Sabtu (6/1/2018) Rally Dakar akan dimulai dengan lokasi start di Lima (Peru). Semua tim yang ikutan Rally Dakar 2018 dipastikan udah berada di Lima. Untuk kelas motor, kalau nggak salah ada sekitar 140 peserta yang terdaftar untuk mengikuti lomba selama dua minggu tersebut. Namun hanya ada sekitar lima sampai enam jenis motor saja yang mendominasi dan kemungkinan menjadi sorotan utama karena motor-motor ini dipakai oleh tim factory, tim satelit, atau tim privateer yang udah sangat mapan. Sedangkan sisanya nggak sedikit dari pembalap yang menggunakan motor modifikasi, di mana motor ini sebenarnya adalah motor motocross atau enduro yang diubah ala motor rally.

Lima sampai enam varian motor yang bakal banyak dipakai oleh peserta dan menjadi sorotan utama di Rally Dakar 2018 antara lain KTM 450 RALLY, Husqvarna FR 450 RALLY, Honda CRF450 RALLY, Yamaha WR450F Rally, Sherco RTR 450 Rally, dan Hero RR 450 Rally. Walaupun nggak sedikit tim atau pembalap yang menggunakan model motor sama, namun corak warna dan kemungkinan spesifikasi yang diusung oleh masing-masing motor memiliki perbedaan. Kita tengok yuk motor-motor milik tim papan atas yang ikutan di Rally Dakar 2018!

Red Bull KTM Factory Racing

Red Bull KTM Factory Racing bisa dibilang sebagai tim terbesar dan paling mapan di Rally Dakar 2018. Kenapa? Karena tim factory dari KTM ini udah mengumpulkan gelar juara Rally Dakar sebanyak 16 kali berturut-turut sejak 2001 sampai 2017. Sekarang mereka sedang mengejar gelar juara ke-17 beruntun. Untuk mewujudkan ambisi itu, KTM membekali tim Red Bull KTM Factory Racing dengan motor KTM 450 RALLY terbaru model year 2018. Motor generasi terbaru ini memiliki penampilan yang lebih ramping, lebih ringkas, dan bobot yang lebih ringan 10 kilogram dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Malah banyak yang menilai KTM 450 RALLY terbaru lebih mirip seperti motor enduro ketimbang motor rally yang terkenal berat dan besar. Nggak cuma penampilan fisiknya yang berubah, KTM 450 RALLY model year 2018 dibekali dengan mesin baru, engine management system (EMS) baru, dan mendapatkan update di sektor throttle body biar lebih responsif. Suspensi depan upside down WP Cone Valve 52 mm juga terpasang dengan manis di KTM 450 RALLY anyar ini. Seluruh rider Red Bull KTM Factory Racing yang berisi Sam Sunderland, Matthias Walkner, Toby Price, dan Antoine Meo dipastikan menggunakan KTM 450 RALLY model year 2018.



KTM Factory Racing

Selain mengerahkan Red Bull KTM Factory Racing sebagai tim factory, pasukan orange juga menerjunkan tim satelit dengan label KTM Factory Racing. Ada dua rider yang menjadi anggota KTM Factory Racing, yaitu Laia Sanz dan Luciano Benavides. Sama seperti rider di tim Red Bull KTM Factory Racing, baik Laia Sanz maupun Luciano Benavides akan mendapatkan paket motor KTM 450 RALLY model year 2018 dengan spesifikasi yang sama persis. Yang membedakan hanya skema warnanya saja…

HIMOINSA Racing Team

HIMOINSA Racing Team adalah tim privateer paling beken, paling top, paling moncer, dan yang paling diunggulkan di Rally Dakar. Soalnya melalui rider Gerard Farres, HIMOINSA Racing Team sukses menembus posisi ketiga pada Rally Dakar 2017 lalu, dan nggak ada tim privateer yang sanggup menerjunkan lima rider sekaligus di Rally Dakar selain HIMOINSA Racing Team! Untuk Rally Dakar 2018, tim privateer asal Spanyol masih akan mengandalkan Gerard Farres, Ivan Cervantes, Dani Oliveras, Marc Sola, dan Rosa Romero. Mereka semua menggeber motor KTM 450 RALLY. Sayangnya nggak diketahui secara pasti apakah KTM 450 RALLY milik HIMOINSA Racing Team ini generasi terbaru atau malah pakai generasi sebelumnya. Kemungkinan besar sih generasi lawas ya…

Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing

Dalam beberapa tahun terakhir Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing cukup moncer di ajang balap rally. Apalagi Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing mampu menggondol dua gelar juara FIM Cross-Country Rallies World Championship sebanyak dua tahun berturut-turut. Namun kiprah Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing belum begitu digdaya di Rally Dakar. Pada Rally Dakar 2018 nanti Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing menggunakan jasa dua rider, yaitu Pablo Quintanilla dan Andrew Short. Mereka dibekali dengan motor Husqvarna FR 450 RALLY model year 2018. Bisa dibilang Husqvarna FR 450 RALLY generasi terbaru ini merupakan KTM 450 RALLY model year 2018 yang dilabur dengan warna hitam, kuning, dan putih khas Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing.

Gas Gas Rally Team

Mulai tahun 2018 ini pabrikan motor off road asal Spanyol, Gas Gas Motos, kembali ikutan bertarung di Rally Dakar melalui Gas Gas Rally Team. Sebagai pendatang baru, Gas Gas Rally Team langsung turun dengan tiga orang rider, yaitu Jonathan Barragan, Johnny Aubert, dan Cristian Espana. Sayangnya Gas Gas Rally Team tidak menggunakan motor buatan sendiri di Rally Dakar 2018, melainkan menggunakan motor KTM 450 RALLY yang dicat ulang sesuai dengan skema warna merah-putih khas Gas Gas Rally Team. Gas Gas Rally Team kemungkinan baru akan turun menggunakan motor sendiri pada Rally Dakar 2019.

Lyndon Poskitt Racing

Britton Lyndon Poskitt sejak beberapa tahun yang lalu melakukan petualangan ke berbagai penjuru dunia dengan tajuk Race2Place menggunakan motor KTM 690 Rally Replica. Namun pada tahun 2017 lalu Lyndon Poskitt tartarik mengikuti Rally Dakar. Tentu motor yang digunakan bukan lagi KTM 690 Rally Replica, melainkan KTM 450 RALLY untuk menyesuaikan dengan regulasi. Rencananya Lyndon Poskitt kembali akan bertarung di Rally Dakar 2018. Motor yang dia pakai masih sama KTM 450 RALLY. Satu hal yang cukup menarik dari motor milik Lyndon Poskitt adalah corak warnanya yang sangat mencolok. Motor itu didominasi oleh warna hijau khas MOTOREX. Maklum, Lyndon Poskitt mendapatkan dukungan penuh dari MOTOREX.

Monster Energy Honda Team

Monster Energy Honda Team adalah tim berpontensi paling kuat dalam menantang dominasi KTM di ajang balap Rally Dakar. Kenapa? Karena di belakang tim ini ada Honda Racing Corporation (HRC) yang turun langsung. Tahu sendiri HRC punya sumber daya yang cukup melimpah, baik itu dana maupun dalam hal pengembangan motor. Mengontrak pembalap-pembalap top pun bukan masalah sulit bagi HRC. Rasanya tinggal menunggu waktu HRC menjebol pertahanan KTM. Nah, untuk Rally Dakar 2018 nanti Monster Energy Honda Team akan mendobrak dengan lima orang rider, yaitu Joan Barreda, Kevin Benavides, Ricky Brabec, Michael Metge, dan Jose Ignacio Cornejo. Sebenarnya Monster Energy Honda Team punya pembalap top Paulo Goncalves. Namun karena kondisi Paulo Goncalves belum fit setelah mengalami crash saat latihan beberapa minggu sebelum dimulainya Rally Dakar 2018, maka perannya digantikan oleh rider muda potensial asal Chile, Jose Ignacio Cornejo. Seluruh rider Monster Energy Honda Team akan menggunakan motor Honda CRF450 RALLY terbaru yang sudah terbukti sangat reliable sepanjang musim kompetisi 2017.

Honda South America Rally Team

Selain terjun dengan tim utama Monster Energy Honda Team, HRC juga menerjunkan tim satelit bernama Honda South America Rally Team. Tim ini mengandalkan satu orang rider, yaitu Mark Samuels. Menariknya, Honda South America Rally Team dan Mark Samuels mendapatkan dukungan penuh dari HRC sehingga paket motor dan perlengkapan yang digunakan dipastikan sama persis dengan milik Monster Energy Honda Team. Jelas Mark Samuels akan menggeber motor Honda CRF450 RALLY terbaru!

Yamalube Yamaha Official Rally Team

Yamalube Yamaha Official Rally Team memiliki empat orang rider yang terdiri dari Adrien Van Beveren, Rodney Faggotter, Xavier de Soultrait, dan Franco Caimi. Mereka akan bertarung di Rally Dakar 2018 menggunakan motor Yamaha WR450F Rally. Motor ini sebenarnya dibangun dari basis motor enduro Yamaha WR450F, yang kemudian dimodifikasi sedemikian rupa sehingga sangat siap dipakai buat balap rally. Menariknya, Yamaha menjual bebas rally kit buat konsumen yang ingin memodifikasi Yamaha WR450F menjadi Yamaha WR450F Rally.

Sherco TVS Factory Rally Team

Sherco TVS Factory Rally Team tentu nggak boleh dipandang sebelah mata di Rally Dakar 2018. Pasalnya mereka memiliki motor Sherco RTR 450 Rally yang cukup kompetitif. Salah satu hal yang menarik adalah Sherco RTR 450 Rally digunakan oleh Sherco sebagai laboratorium berjalan alias sebagai motor riset dalam pengembangan motor enduro yang akan diproduksi secara massal di masa depan. Dari Sherco RTR 450 Rally inilah cikal bakal motor-motor enduro milik Sherco sebelum dijual bebas. Oh ya, Sherco TVS Factory Rally Team menggunakan jasa tiga orang rider yang cukup kaya pengalaman di Rally Dakar, antara lain Joan Pedrero, Adrien Metge, dan Aravind KP.

Hero Motorsport Team Rally

Pabrikan asal India, Hero, menjalani debut di ajang balap Rally Dakar pada tahun 2017. Sejak awal Hero Motorsport Team Rally sudah menggandeng Speedbrain, perusahaan asal Jerman yang fokus dalam ajang balap off road. Di Rally Dakar 2018, Hero Motorsport Team Rally diperkuat oleh tiga orang rider, meliputi Joaquim Rodrigues, CS Santosh, dan Oriol Mena. Mereka menggunakan motor Hero RR 450 Rally generasi terbaru yang lebih baik daripada Hero RR 450 Rally yang dipakai di Rally Dakar 2017. Sekedar informasi, Hero RR 450 Rally menggunakan mesin Husqvarna lawas (era BMW) dan frame garapan Speedbrain sendiri.

Advertisements