Bad News: Kawasaki Pastikan Tahun Ini Belum Akan Update KLX150!




Ada hot news sekaligus bad news nih temen-temen… Meskipun muncul pesaing baru di segmen motor trail, yaitu Honda CRF150L, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memastikan belum akan memberikan penyegaran alias update terhadap motor trail andalannya KLX150 pada tahun ini. Padahal sebelumnya ada rumor yang menyebutkan pada tahun 2018 Kawasaki bakal meluncurkan KLX dengan mesin 200 cc. Ya kita sebut saja dengan KLX200. Terus gimana kelanjutan project ini?

Nggak bisa dipungkiri, seja keluarnya CRF150L di bulan November 2017, penjualan KLX150 tetap tidak kendor. Pada November 2017 saja KLX150 masih bisa didistribusikan sebanyak 5.569 unit. Menariknya angka itu mengalami peningkatan drastis di bulan Desember 2017 dengan terkirim sebanyak 9.723 unit atau bisa dibilang mengalami kenaikan sekitar 75 persen. Coba deh perhatikan, ada CRF150L aja KLX150 masih bisa berbuat banyak. Jadi mungkin itu juga jadi salah satu pertimbangan kenapa Kawasaki belum akan memberikan update dan upgrade pada KLX150 di tahun 2018 ini. Apalagi menurut keteragan dari pihak Kawasaki Motor Indonesia,  Geng Ijo sudah memiliki jadwal tersendiri dalam memberikan update pada seluruh produknya. Jadi update produk tidak dilakukan hanya karena ada kemunculan kompetitor.

“Bukan karena ada kompetitor lalu kita refresh (berikan perubahan). Kita sudah ada jadwal refreshment setiap model. Jadi bukan karena ada kompetitor. Karena kami yakin kualitas kami lebih baik,” ungkap Deputy Head Sales and Promotion – Sales and Marketing Division PT Kawasaki Motor Indonesia Michael Chandra Tanadhi.



Mungkin temen-temen juga masih pada inget, Kawasaki terakhir kali melakukan refreshment KLX150 series sekitar pertengahan tahun 2015. Waktu itu KLX150 generasi pertama (KLX150S & KLX150L) diganti menjadi KLX150G dan KLX150 BF Series. Penampilan KLX150 waktu itu memang mengalami perubahan yang cukup drastis. Nggak cuma bodywork yang berubah, tapi suspensi juga udah pakai model upside down (khusus KLX150 BF series). Sayangnya Kawasaki nggak memberikan sentuhan berarti pada sektor mesin alias masih sama seperti generasi pertama dengan tenaga yang kecil dan torsi minimalis.

Setelah 2,5 tahun berlalu, Kawasaki juga belum menyegarkan KLX150. Padahal nggak sedikit konsumen yang menginginkan KLX150 memiliki karakter tenaga lebih galak. Yups… Mesin jadi concern utama para konsumen. Kedua mengenai suspensi upside down KLX150 BF yang seringkali ada gelaja jleduk ketika dipakai bermain off road. Sekarang udah ada CRF150L dengan mesin lebih hi-tech karena menerapkan sistem pembakaran injeksi, suspensi depan upside down 37 mm yang tingkat kenyamanannya jauh lebih baik dibandingkan dengan milik KLX150 BF, plus harga yang ditawarkan CRF150L justru lebih murah… Mestinya ini jadi momen yang tepat buat Kawasaki untuk membenahi KLX150. Apalagi KLX150 adalah penyumbang 80 persen penjualan Kawasaki di Indonesia. Kontribusinya sangat besar. Sudah sepantasnya Kawasaki menjaga baik-baik motor jagoannya tersebut agar tetap laris-manis… Jujur aja Adventuriderz.com sebagai konsumen Kawasaki lumayan gemes karena selama bertahun-tahun KLX150 nggak mendapatkan perubahan yang cukup signifikan. Ntah bagaimana caranya, apakah memberikan update kepada KLX150 atau justru mengeluarkan motor baru KLX200, intinya konsumen butuh perubahan. Betul?

Advertisements