• Home »
  • Article »
  • Beta Rilis Motor Enduro 2-Stroke 50 cc… Mainan Anak-Anak yang Mahal Ini!

Beta Rilis Motor Enduro 2-Stroke 50 cc… Mainan Anak-Anak yang Mahal Ini!


Hola temen-temen… Yups… Setelah merilis motor enduro mungil dari klan RR series, Beta RR 2T 125, pabrikan motor asal Italia, Beta Motorcycles, lagi-lagi merilis motor enduro dengan mesin kecil. Dan lagi-lagi motor ini masuk ke dalam klan RR series yang berarti digarap dengan sangat serius, spec tinggi, performa menawan, dan dijejali oleh part-part kelas atas. Dia adalah Beta RR 50!!

Walaupun menggunakan mesin mungil, tapi nyatanya Beta RR 50 memiliki penampilan yang sangat gagah. Nggak kalah keren lah dibandingkan dengan kakaknya Beta RR 2T 125/250/300. Target market utama Beta RR 50 adalah rider muda yang berusia sekitar 14-17 tahun. Jadi jangan disamakan dengan motor enduro untuk anak-anak berusia 5-10 tahun. Nggak percaya? Coba deh tengok, mesin kecil 50 cc ini ditopang dengan ban berukuran 90/90 – 21 di bagian depan dan 120/90 – 18 di bagian belakang. Artinya Beta RR 50 pakai ban enduro full size. Ketinggian joknya pun nggak seperti motor anak-anak, mencapai 935 mm. Yakin deh kebanyakan orang dewasa di Indonesia bakal jinjit balet pakai Beta RR 50. Bagaimana dengan ground clearance? Tinggi banget… Jarak terendah ke tanahnya 350 mm lho… Menariknya, Beta RR 50 punya bobot kering yang sangat enteng, cuma 85 kg. Rider pemula nggak akan kerepotan mestinya menggeber motor mungil ini.

Frame yang diusung oleh Beta RR 50 memang cukup sederhana. Dia menggunakan model double cradle frame yang terbuat dari bahan besi. Beda dengan Beta RR 2T 125/250/300 yang menggunakan frame double cradle split berbahan chromoly. Mungkin untuk menyesuaikan mesin yang mungil jadi lebih pas kalau pakai frame yang lebih sederhana. Suspensi depannya sendiri menggunakan model upside down dengan diameter cukup besar, sementara suspensi belakang mono shock dengan link. Terus untuk mesin, kapasitas tepatnya adalah 49,7 cc satu silinder 2-stroke dan udah pakai pendingin cairan. Sistem pembakaran masih menggunakan karburator dan kompresi mesin ini cukup tinggi mencapai 12:1. Mesin kemudian disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi manual 6-percepatan. Asli nggak kelihatan kalau ini motor buat anak-anak. Pabrikan Eropa memang selalu all out dalam menggarap motor!

Satu hal yang cukup menarik, walaupun Beta RR 50 masih menggunakan mesin 2-stroke dan pakai karburator, tapi Beta memastikan motor ini udah comply dengan regulasi emisi Euro 4. Berarti pula motor ini street legal, bisa dipakai di jalan raya. Nggak heran kalau Beta merilis enam varian Beta RR 50 sekaligus. Tiga varian bergenre enduro meliputi Beta RR 50, Beta RR 50 Sport, dan Beta RR 50 Racing, sedangkan tiga varian lagi bergenre motard/supermoto antara lain Beta RR 50 Motard, Beta RR 50 Motard Sport, dan Beta RR 50 Motard Track.

Oh ya, Beta mengklaim konsumsi motor mungil ini tembus 29 km/liter. Tergolong irit juga ya, mengingat Beta RR 50 pakai mesin 2-stroke dan masih karburator pula, terlepas dari kapasitas mesinnya yang cuma 50 cc. So, kapasitas tangki mesin 6,5 liter di Beta RR 50 bisa dipakai untuk riding sekitar 180-an km. Lumayan, buat off road atau sebagai kendaraan commuter nggak terlalu rajin isi bensin. Apakah bakal masuk ke Indonesia? Bisa jadi iya kalau ada yang indent. Distributor resmi kemungkinan nggak berani menimbun stock karena peminat motor bermesin kecil di Indonesia itu amat sangat kecil. Dan satu hal lagi, dengan built quality sangat bagus, part-part kelas wahid, dan performa bengis, bisa dipastikan Beta RR 50 ini mainan anak-anak yang harganya mahal!

Advertisements