• Home »
  • Article »
  • Viar Cross X 250 ES Hadir dengan Penampilan Baru, Pakai Double Muffler!

Viar Cross X 250 ES Hadir dengan Penampilan Baru, Pakai Double Muffler!


Di awal tahun 2018 ini Viar Motor Indonesia sepertinya memberikan update pada salah satu motor trail andalannya yang berkapasitas 250 cc. Mungkin temen-temen udah pada tahu kalau Viar punya dua motor trail 250 cc, yaitu Cross X 250 ES yang menggunakan frame model twin spar dan Cross X 250 EC dengan frame tubular. Nah, yang dapat update ini Cross X 250 ES yang pakai frame twin spar. Sekarang jadi kayak apa penampilannya?

Jujur aja Adventuriderz.com belum mendapatkan banyak info mengenai update Cross X 250 ES di tahun 2018. Tapi dari sejumlah foto dan video yang nongol di jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram, terlihat jelas kalau Viar merefresh penampilan Cross X 250 ES. Dari segi frame dan mesin secara umum nggak ada perubahan. Hanya saja warna grafis sekarang jadi lebih eye catching. Frame sudah diberi protektor (frame guard) agar frame dan boots tidak bergesekan secara langsung yang membuat keduanya lecet. Suspensi kalau nggak salah pakai merek Mojo. Sarung jok model grip ala Selle Dalla Valle tapi di sana tertulis Mojo Racing. Kemungkinan ya sarung jok ini dari Mojo. Kemudian di bagian facia kalau dulu menggunakan headlight yang mirip dengan Yamaha WR250F lawas, saat ini headlight Cross X 250 ES cenderung identik dengan milik KTM/Husqvarna (kurang jelas) yang bentuknya lebih pipih.

Satu update yang cukup signifikan dan paling kelihatan terjadi di bagian knalpot alias muffler. Yups, Cross X 250 ES terbaru menganut double muffler yang berada di sisi kiri dan kanan. Nggak diketahui secara pasti apakah penggunaan double muffler meningkatkan performa motor atau tidak. Namun yang jelas penampilan Cross X 250 ES dengan double muffler jadi semakin keren. Penampilan dari samping sampai belakang cukup mirip dengan Honda CRF250R/CRF450R/CRF450RX, sedangkan bagian depannya mirip KTM/Husky. IMHO Cross X 250 ES seperti perpaduan antara Jepang dan Austria dengan bibit dari China tapi kemudian dilahirkan di Indonesia. Hehehe…

Oh ya… Sama kayak Cross X 250 ES lansiran tahun 2017, pada Cross X 250 ES versi 2018 ini juga bersifat street legal. Artinya temen-temen bisa membeli motor ini secara on the road lengkap dengan surat-surat. Toh Cross X 250 ES juga udah dilengkapi dengan berbagai kelengkapan standar jalan raya seperti headlight, tail light, turn light, mirror, rear fender, konsol speedometer, dan yang pasti udah comply dengan regulasi emisi Euro 3 yang berlaku di Indonesia meskipun masih pakai sistem pembakaran karburator. Gimana dengan harganya? Kalau nggak ada kenaikan sih Cross X 250 ES dibandrol Rp 42,73 juta on the road Jakarta. Di wilayah lain mungkin berbeda karena ada selisih biaya pengiriman atau perbedaan besaran Bea Balik Nama (BBN). Kabar baiknya Cross X 250 ES paling gress ini terpantau udah ada di sejumlah dealer dan channel penjualan Viar di Pulau Jawa, salah duanya adalah Viar Ditama (Jawa Timur) dan Viar Artomoro (Jawa Barat). Gimana, tertarik dengan Cross X 250 ES terbaru?

Advertisements