• Home »
  • Article »
  • Terlanjur Basah, Tak Ada Salahnya AHM Jual Motor MX & Enduro Sekalian!

Terlanjur Basah, Tak Ada Salahnya AHM Jual Motor MX & Enduro Sekalian!


Temen-temen sekalian… Astra Honda Motor (AHM) sekarang memang sedang agresif di segmen motor trail dual sport. Segmen yang dulu nggak begitu dilirik justru mendulang angka penjualan yang lumayan. Lineup motor trail dual sport AHM dimulai dari yang paling gede ada CRF1000L Africa Twin. Ini jelas cuma produk flagship, bukan alat penjualan yang utama. Lah wong harganya aja hampir setengah miliar. Laku puluhan unit setahun aja udah alhamdulillah banget. Terus yang kedua ada CRF250RALLY yang dibandrol Rp 63 jutaan. Motor dengan desain kece ini masih bisa dijual dalam volume cukup banyak. 1.000-2.000 unit setahun masih bisa lah… Lalu yang terakhir ada CRF150L dengan bandrol Rp 31,8 juta OTR Jakarta. CRF150L inilah yang jadi volume maker sekaligus money maker AHM di segmen motor trail lantaran harganya yang paling murah. Hanya dalam waktu dua bulan (November – Desember 2017) CRF150L terkirim sebanyak 10.811 unit. Maknyus banget kan?

Kabarnya nih bro, dalam waktu dekat, paling nggak di tahun 2018 ini, AHM akan menambah lineup motor trail dual sport dengan mendatangkan CRF250L dari Thailand, membuat lineup motor trail dual sport AHM ada empat model. Satu model motor flagship, dua model berada di kelas menengah, dan satu model lagi mengisi segmen entry level. Komplit banget!! Eh, tapi itu nggak bener-bener komplit sih. Kalau mau lebih komplit lagi, AHM bisa mempertimbangkan untuk menjual motor kompetisi motocross (MX) dan enduro yang memang performanya udah terbukti di level dunia.

Di pasar global, Honda punya motocross CRF150R, CRF250R dan CRF450R, sedangkan untuk enduro ada CRF450RX. Ada sih varian enduro CRF250X, tapi itu generasi lama yang sampai sekarang belum mendapatkan update, sedangkan CRF150F juga nggak perlu dimasukin karena AHM udah punya CRF150L yang multifungsi, bisa buat dual sport dan bisa buat off road. Jadi fokusnya ke CRF150R, CRF250R, CRF450R, dan CRF450RX generasi terbaru model year 2018. IMHO empat model motor motocross dan enduro ini layak lah dijual di Tanah Air. Toh semuanya bisa didatangkan secara utuh (CBU) ke Indonesia, sama kasusnya kayak CRF1000L Africa Twin, CRF250RALLY, dan nanti CRF250L. CRF150R, CRF250R, dan CRF450R bisa mengakomodasi para penghobi ataupun rider yang serius menekuni balap motocross, sementara CRF450RX untuk mengakomodasi para penggemar fun off road hingga kompetisi balap enduro.

IMHO CRF150R, CRF250R, CRF450R, dan CRF450RX bisa dijual sama AHM secara terbatas melalui dealer Honda Big Wing yang totalnya sekitar 10 dealer dan tersebar di kota-kota besar. Karena motor-motor itu harganya mahal, bisa Rp 80-100 jutaan, nggak perlu semua dealer jualan. Dikonsentrasikan ke Honda Big Wing aja barengan sama deretan Honda Big Bike. Kekuatan 10 dealer rasanya cukup untuk memasarkan varian motocross dan enduro dengan baik.

Oh ya… Perlu temen-temen ketahui, Yamaha dalam waktu dua tahun terakhir udah menancapkan kukunya dengan kuat di segmen motor motocross dan enduro. Memang Yamaha nggak bermain menggunakan bendera Yamaha Indonesia Motor Manufacturing selaku ATPM Yamaha di Indonesia, melainkan melalui PT El Rhino Global alias Yamaha CBU Off Road Indonesia. Varian motor yang ditawarkan pun nggak banyak, cuma ada lima varian. Di motocross ada YZ85, YZ125, dan YZ250, kemudian untuk varian enduro ada YZ250X dan YZ250FX. Semua motor didatangkan utuh (CBU) dari Jepang dengan bandrol harga Rp 60-90 jutaan. Dengan lima model itu, Yamaha CBU Off Road Indonesia bisa menjual sekitar 500 unit motor per tahun dan menjadikan Yamaha sebagai salah satu penguasa market motor trail premium di Tanah Air. Itu cuma melalui satu showroom resmi di Tangerang dan satu channel penjualan di Jawa Barat lho! Yamaha aja berani, masa Honda dengan capital jauh lebih besar nggak berani terjun langsung?

Advertisements