• Home »
  • Article »
  • Yamaha YZ65 Segera Masuk ke Indonesia, Cocok Buat Para Rider Junior

Yamaha YZ65 Segera Masuk ke Indonesia, Cocok Buat Para Rider Junior

Selama ini market motor motocross mini begitu dikuasai oleh KTM. Itu nggak cuma berlaku di Indonesia, tapi juga di pasar global. KTM 65 SX yang dilengkapi dengan mesin 65 cc 2-stroke sangat berkuasa, baik itu hanya sekedar untuk latihan riding maupun di berbagai ajang balap motocross kelas junior. Kabar baiknya, dominasi KTM 65 SX itu akan mendapatkan perlawanan yang sengit dari Yamaha dalam waktu yang sangat dekat. Yups, belum lama ini Yamaha Motor Europe mengirimkan rilis kepada Adventuriderz.com bahwa tim biru telah meluncurkan motor YZ65 untuk memenuhi kebutuhan anak-anak di ajang balap motocross!

Untuk motor trail anak-anak, Yamaha memang udah punya PW50 dan TT-R series, tapi YZ65 jelas memberikan penawaran yang jauh lebih serius. Kenapa? Dari namanya aja YZ65 berasal dari klan YZ yang tergolong sebagai motor kompetisi milik Yamaha. YZ65 tergolong sebagai adik paling bontot dari YZ450F, YZ250F, YZ125, dan YZ85. Jadi bisa dipastikan secara bobot lebih ringan dan powernya juga lebih nampol ketimbang PW50 dan TT-R series. Dari sisi desain pun terlihat YZ65 jauh lebih cakep. Coba aja deh temen-temen perhatiin…

Nah… YZ65 dipastikan mengisi segmen yang sama dengan KTM 65 SX, Husqvarna TC 65 dan Kawasaki KX65, yaitu motocross 65 cc 2-stroke. Walaupun motor mungil untuk anak-anak, namun faktanya Yamaha menggarap YZ65 dengan amat sangat baik. Pada mesin, YZ65 mengusung kapasitas 65 cc 2-stroke yang udah dilengkapi dengan sistem pendingin cairan, teknologi Yamaha Power Valve System (YPVS), dan sistem CDI digital. Asyiknya lagi, mesin ini dilengkapi dengan sistem transmisi manual 6-percepatan dengan tarikan tuas kopling yang sangat enteng agar anak-anak nggak kesulitan mengoperasikannya. Frame YZ65 mengusung model semi-double cradle yang terbuat dari bahan besi namun sub-frame udah pakai bahan aluminium. Suspensi depan pakai model upside down dari Kayaba dengan diameter tabung 36 mm, sedangkan suspensi belakang mono shock juga dari Kayaba. Pada ban, YZ65 menggunakan ukuran 60/100 – 14 inch di bagian depan dan 80/100 – 12 di bagian belakang. Bukti keseriusan Yamaha di YZ65 kembali terbukti di sektor rem karena kedua rem (depan-belakang) udah pakai cakram bergelombang yang bisa melakukan self-cleaning.

Kabar bagus buat temen-temen yang pengen manjain anaknya dengan YZ65, motor ini nggak cuma dijual di Eropa maupun pasar global lainnya, melainkan bakal dijual secara resmi di Indonesia juga. Di Tanah Air, YZ65 dipasarkan oleh PT El Rhino Global (Yamaha CBU Off Road Indonesia). Konon kabarnya, YZ65 masuk ke Indonesia sekitar bulan Juni 2018 berbarengan dengan YZ450F dan YZ125X. Jedanya nggak beda banyak dengan Eropa yang dijual mulai Mei 2018. Soal harga masih belum ketahuan, tapi kemungkinan bakal sangat kompetitif. Sekarang YZ85 sebagai varian paling kecil milik Yamaha CBU Off Road Indonesia aja harganya cuma Rp 60 juta. Bukan mustahil YZ65 dibandrol Rp 40 jutaan atau paling mahal Rp 50 jutaan.

Advertisements