• Home »
  • Article »
  • Dari Terawangan, New Viar Cross X 250 ES Sudah Pakai Frame Aluminium

Dari Terawangan, New Viar Cross X 250 ES Sudah Pakai Frame Aluminium

Walaupun persaingan di segmen motor trail semakin ketat karena Honda sebagai pabrikan motor terbesar di Indonesia udah ikutan turun gunung, tapi Viar Motor Indonesia kayaknya nggak gentar dan terus berkreasi nih bro. Info yang Adventuriderz.com dapatkan, Viar sedang mempersiapkan generasi terbaru dari Cross X 250 ES. Sekarang New Cross X 250 ES masih dalam tahap trial, dalam proses uji coba oleh tim R&D dan juga pembalap Viar Racing Team Rivaldi Julian.

Kalau temen-temen perhatikan, penampilan New Cross X 250 ES memang sedikit berbeda dengan Cross X 250 ES generasi sekarang. Penampilan yang paling mencolok jelas di bagian knalpot karena menerapkan double muffler. Tapi menurut Adventuriderz.com ada bagian lain yang meningkat sangat signifikan, yaitu bagian frame. Berdasarkan terawangan New Cross X 250 ES udah pakai frame yang terbuat dari bahan aluminum. Itu semuanya ya, mulai dari main frame, sub-frame, sampai dengan swing arm terbuat dari bahan aluminium. Kalau terawangan ini benar, maka bukan mustahil bobot New Cross X 250 ES bakal lebih ringan dari Cross X 250 ES yang ada sekarang.

Terus suspensi yang terpasang di New Cross X 250 ES rasa-rasanya lebih advance. Suspensinya memang sama-sama model upside down di bagian depan. Tapi pada New Cross X 250 ES pakai merek Mojo yang kemungkinan besar bersifat fully adjustable, bisa disetel preload, rebound, dan compression damping-nya. Begitu juga dengan suspensi belakang, pakai mono shock bermerek Mojo fully adjustable. Dengan demikian rider yang menyemplak New Cross X 250 ES bisa dengan leluasa mengubah settingan suspensi sesuai dengan selera maupun karakter track yang dilewati tanpa perlu repot-repot pergi ke bengkel suspensi.

Last… New Cross X 250 ES memang belum ketahuan kapan keluarnya. Satu pertanyaan besar di benak Adventuriderz.com, kalau benar motor ini pakai frame full aluminium dan pakai suspensi yang lebih advance dibandingkan dengan Cross X 250 ES generasi lawas, gimana dengan harganya ya? Mau nggak mau kayaknya ya bakal terkerek. Tapi biasanya Viar juga nggak sembrono dalam menerapkan harga. Sebagai patokan aja, Cross X 250 ES yang ada sekarang ini bandrol harganya Rp 42.730.000 on the road Jakarta. Masih cukup value, apalagi bisa dibeli secara kredit lewat lembaga pembiayaan (leasing). New Cross X 250 ES dipastikan bisa dibeli secara on the road (full paper) dan bisa dikredit juga bro. Tapi belum ada info lanjutan kapan keluarnya ya… Ditunggu aja deh!

Advertisements