• Home »
  • Article »
  • Lhooo… New Viar Cross X 250 ES Kok Cukup Mirip dengan BSE BOSUER PHM6?

Lhooo… New Viar Cross X 250 ES Kok Cukup Mirip dengan BSE BOSUER PHM6?



Yups… Viar Motor Indonesia sekarang ini sedang mempersiapkan generasi terbaru dari motor trail flagship Cross X 250 ES. Seperti yang udah Adventuriderz.com bahas sebelumnya, New Cross X 250 ES punya penampilan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan Cross X 250 ES generasi sekarang. Perbedaan terlihat di bagian bodywork, headlight, pakai knalpot double muffler, dan menurut terawangan Adventuriderz.com New Cross X 250 ES udah mengadopsi frame full aluminium! Kemungkinan bobotnya jadi lebih ringan ketimbang generasi sebelumnya.

Saat Adventuriderz.com berselancar di dunia maya, ternyata menemukan motor yang cukup identik dengan New Cross X 250 ES. Tentunya motor itu berasal dari China. Dia adalah BSE BOSUER PHM6. Dari ujung depan sampai ujung belakang mirip banget! Bodywork identik, sama-sama pakai double muffler, sama-sama menggunakan suspensi depan-belakang buatan Mojo Racing, dan dari spesifikasi BSE BOSUER PHM6 yang Adventuriderz.com baca, dia beneran udah pakai frame aluminium dengan bobot cuma 117 kg. Memang bobotnya nggak turun sangat signifikan dibandingkan dengan Cross X 250 ES sekarang, tapi udah cukup lumayan lah. Terus apa bedanya antara BSE BOSUER PHM6 dengan New Cross X 250 ES? Yuk kita jabarkan ya bro!

Sebenarnya nggak cukup banyak perbedaan antara BSE BOSUER PHM6 dengan New Cross X 250 ES yang fotonya udah banyak bertebaran di dunia maya. Perbedaan paling mencolok adalah BSE BOSUER PHM6 tidak legal digunakan di jalan raya karena nggak dilengkapi dengan berbagai kelengkapan jalan raya seperti lampu-lampu, kaca spion, rear fender lengkap dengan plate holder, dan lain-lain. Di sisi lain New Cross X 250 ES dilengkapi dengan berbagai kelengkapan itu semua. Terus BSE BOSUER PHM6 dalam spesifikasi mengusung mesin 300 cc SOHC berpendingin cairan. Tapi anehnya output power dan torsi sangat identik dengan mesin 250 cc SOHC berpendingin cairan milik Viar yang terpasang di Cross X 250 ES maupun Cross X 250 EC.



Beberapa waktu yang lalu Adventuriderz.com sempat mengulik informasi ke sejumlah sumber. Adventuriderz.com penasaran apakah benar New Cross X 250 ES pakai basis BSE BOSUER PHM6? Sayangnya sumber ini nggak ngasih info yang gamblang. Doi cuma bilang kalau New Cross X 250 ES tetap pakai mesin Cross X 250 ES yang ada sekarang. Jadi ubahan-ubahan yang ada lebih ke arah frame yang full aluminium, suspensi dari Mojo Racing yang bisa disetel dengan mudah (fully adjustable), dan bodywork yang lebih fresh. Kapan nongol mas? Belum tahu… Soalnya motor ini masih dalam tahap pengembangan. Jangan heran kalau pembalap Viar Racing Team Rivaldi Julian turun ke sejumlah kejuaraan pakai motor ini ya! Oke… Tunggu aja kehadiran New Cross X 250 ES ini, walaupun pasti harganya lebih mahal daripada Cross X 250 ES yang ada sekarang.

Advertisements