Gilanya Honda… Bikin Satu Event dengan Lima Agenda Sekaligus!

Temen-temen Adventuriderz.com sekalian… Pada tanggal 20-21 Februari 2018 yang lalu Adventuriderz.com mendapatkan undangan dari PT Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM motor Honda di Indonesia dan PT Tunas Dwipa Matra (TDM) sebagai main dealer Honda di wilayah Lampung, untuk menghadiri sebuah event yang digelar oleh Honda di Jakarta, tepatnya Jakarta International Expo – Kemayoran. Ternyata di sana Honda telah menyiapkan banyak banget agenda yang diikuti oleh puluhan blogger dari berbagai penjuru Indonesia!! Memang apa aja nih mas agenda Honda kemarin?

Gathering Blogger Otomotif

Dalam undangan yang masuk ke newsroom Adventuriderz.com, Honda memang cuma bilang mereka mengadakan gathering blogger. Dan nggak bisa dipungkiri, hal itu betul banget. Honda mengumpulkan puluhan blogger yang tersebar di berbagai wilayah. Adventuriderz.com dan Rizki Motovlog mewakili dari Lampung; dari Batam ada Mas Irfan (Thegreenblog.net) dan Mas Ardy Saputra; Mbah Muhsin (Bonsaibiker.com) mewakili dari Cirebon; Mas Asep (Warungasep.net) dari Tasikmalaya; Mas Eko (Satuaspal.com) dari Solo; Irfan (Pertamax7.com) dan Yugo (Ardiyantoyugo.com) dari Jogja; Mas Priyo (Otobalancing.net), Mas Fauzi (Motomaxone.com), dan Mbah Heru (Ridertua.com) mewakili Jawa Timur; Mas Joko (Motoblast.org) dan Om Manik (3835group.com) dari Bali; Nur Kholis dari Makassar; Mas Wahid dari Jayapura; kemudian pasukan Jabodetabek ada Mang Yogas (Kobayogas.com), Om Taufik (TMCblog.com), Alki (Indoride.com), Mas Wisnu (Viwimoto.com), Mas Rama (Otoborn.com), Alfie (Imotorium.com), Mas Ari (Aripitstop.com), Mas Vandra (Monkeymotoblog.com), Mas Endrik (Elangjalanan.net), Mas Apip (Apipotoblog.com), dan masih ada beberapa lagi yang mungkin Adventuriderz.com lewatkan. Maklum jumlahnya banyak banget, lebih dari 25 blogger, dan semuanya tumplek-bleeek di Jakarta. Kebayang kan gimana ramenya?

Launching Honda CB150 Verza

Pastinya nggak mungkin Honda mengundang puluhan blogger se-Indonesia kalau nggak punya agenda khusus. Faktanya, pada tanggal 20 Februari 2018 itu Honda secara resmi meluncurkan motor baru bernama CB150 Verza. Yups, temen-temen nggak salah lagi. CB150 Verza merupakan versi facelift dari Verza. Selain penampilan berubah, Verza juga mengalami sedikit perubahan nama. Sekarang ada embel-embel CB150 di depan nama Verza. Sepertinya Honda di Indonesia akan terus mengusung penamaan Honda global. Misalnya untuk motor naked sport mengusung nama CB, sport full fairing pakai nama CBR, dan motor trail jelas mengusung nama CRF.

Soal desain CB150 Verza memang mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan dengan Verza generasi pertama. CB150 Verza sekarang mengusung headlight bulat dan shroud dekat tangki yang menggembung sehingga memberikan kesan berotot dan kekar. Terus CB150 Verza udah pakai speedometer full digital dengan ukuran konsol relatif kecil namun sangat informatif. Untuk bagian mesin, CB150 Verza masih sama seperti yang dulu, mengandalkan mesin 150 cc, SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan pendingin udara lengkap dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Nggak banyak berubah lah dibandingkan dengan Verza lawas. Terus CB150 Verza juga masih mengadopsi suspensi belakang ganda, rem tromol, dan lampu-lampunya bohlam biasa alias belum LED. Apa alasannya? Yang jelas karena Honda memposisikan CB150 Verza sebagai motor sport entry level, motor pekerja, motor yang tangguh di segala medan, serta motor yang sederhana dengan biaya operasional dan perawatan yang murah!

Menurut klaim Honda, CB150 Verza merupakan motor dengan konsumsi bahan bakar paling irit di kelasnya. Nggak percaya? Dengan menggunakan metode pengetesan ECE R40 Euro 2, motor dengan sistem transmisi manual 5-percepatan ini hanya menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 46,3 km, sedangkan kalau pakai metode pengujian ECE R40 Euro 3 konsumsi bahan bakarnya adalah 43,5 km/liter. Irit banget deh!! Mengenai performa mesin juga nggak buruk-buruk amat. Lagi-lagi dari klaim Honda ya, CB150 Verza mampu mencapai kecepatan maksimal 112 km/jam dan bisa berlari 0-200 meter dalam waktu 11,41 detik…

Nah… Honda menjual CB150 Verza dalam dua tipe, yaitu CB150 Verza Cast Wheel dan CB150 Verza Spoke Wheel. Untuk varian Cast Wheel tersedia dalam pilihan warna Masculine Black, Bold Red, dan Macho Silver. Kemudian pada varian Spoke Wheel pilihan warnanya memang sangat terbatas, cuma ada warna Masculine Black. Menariknya, CB150 Verza tetap dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan mengindikasikan bahwa motor ini benar-benar entry level sport. Tipe Cast Wheel dijual dengan harga Rp 19.950.000 on the road Jakarta dan yang Spoke Wheel harganya Rp 19.300.000 on the road Jakarta. Belum nyentuh angka psikologis Rp 20 juta nih bro!

So, buat temen-temen yang pengen beli motor sport entry level yang tangguh, nyaman, dan pastinya irit, CB150 Verza bisa jadi pilihan yang tepat. Apalagi Honda menyediakan berbagai macam aksesoris resmi untuk menunjang penampilan motor lebih keren lagi seperti Wheel List Sticker, Tank Pad, Visor, dan Crank Case Cover. Harga aksesorisnya pun murah, mulai dari Rp 56.000 sampai dengan Rp 150.000. Sedangkan untuk melengkapi gaya berkendara yang stylist dan aman, Honda menyediakan apparel berupa jaket yang bisa dibeli oleh pengendara CB150 Verza dengan harga Rp 330.000.

Meet and Greet Blogger dengan Marc Marquez dan Dani Pedrosa

Yeeeh… Mungkin ini adalah bagian yang paling menyenangkan. Apa lagi kalau bukan meet and greet dengan pembalap Repsol Honda Team di MotoGP Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Walaupun waktunya singkat, tapi paling nggak Honda memberikan apresiasi dan kesempatan kepada blogger untuk bertegur sapa dengan dua pembalap jagoannya di MotoGP. Kesempatan ketemu dengan the best rider in the world tentu nggak akan dilewatkan dengan foto bareng. Iya nggak? Kapan lagi coba bisa ketemu pembalap MotoGP papan atas macam Marc Marquez dan Dani Pedrosa? Oh ya, waktu blogger meet and greet dengan Marc Marquez dan Dani Pedrosa ini juga ada pembalap legendaris Sete Gibernau di ruangan yang sama. Mantaaaap! Thank you Honda!!

Launching Repsol Honda Team MotoGP 2018

Agenda utama kedatangan Marc Marquez dan Dani Pedrosa ke Indonesia jelas bukan mau ketemu sama para blogger atau ketemu Sule dan Andre di Ini Talk Show (NET TV). Tapi mereka datang ke Indonesia untuk melakukan launching Repsol Honda Team di ajang MotoGP 2018. Indonesia sendiri memang udah jadi bagian yang sangat penting dalam kiprah Honda di MotoGP. Maklum, basis fans MotoGP di Indonesia itu gede banget, dan market motor di Indonesia juga fantastis. Apalagi AHM sebagai penguasa pasar roda dua di Tanah Air menjadi salah satu sponsor Repsol Honda Team MotoGP. Tengok aja, logo “One Heart” dan “Satu Hati” khas Honda di Indonesia menempel di racing suit Marc Marquez dan Dani Pedrosa, nempel di motor mereka berdua, dan menempel juga di seluruh seragam kru, pit box, trailer, hingga area hospitality Repsol Honda Team sepanjang musim 2018. Makanya jangan heran kalau Repsol Honda Team lengkap dengan Marc Marquez dan Dani Pedrosa dalam empat tahun terakhir melakukan launching tim di Indonesia. Bahkan Marc Marquez dan Dani Pedrosa bisa datang ke Indonesia setahun dua kali.

Launching Astra Honda Racing Team (AHRT) 2018

Agenda terakhir yang dilakukan oleh Honda di tanggal 20 Februari 2018 yang nggak kalah penting adalah meluncurkan tim balap Astra Honda Racing Team (AHRT) untuk musim kompetisi 2018 di berbagai ajang balap. Cukup banyak perubahan yang dilakukan oleh Honda, baik itu di tingkat lokal, Asia, maupun tingkat dunia. Misalnya aja Gerry Salim yang musim lalu sukses menjuarai Asia Road Racing Championship AP250 mendapatkan promosi alias naik kelas ke kejuaraan CEV Moto3 Junior World Championship. Berikut ini lineup pembalap yang diturunkan oleh AHRT di musim kompetisi 2018:

  • CEV Moto3 Junior World Championship: Gerry Salim
  • CEV Moto2 European Championship: Dimas Ekky Pratama
  • Suzuka Endurance 8 Hours: Andi Gilang & Irfan Ardiansyah
  • Asia Road Racing Championship SS600: Andi Gilang & Irfan Ardiansyah
  • Asia Road Racing Championship AP250: Rheza Danica, Awhin Sanjaya, & Mario SA
  • Idemitsu Asia Talent Cup: Lucky H, Mario SA, M. Adenanta Putra, M. Agung, Afrida Syah M
  • Suzuki Endurance 4 Hours: Afrida Syah M, Lucky H, & M. Agung
  • Thailand Talent Cup: M. Hildan Kusuma, Herjun Atna Firdaus, & Abdul Gofar
  • IndoSpeed Race Series: Awhin Sanjaya, Mario SA, & M. Adenanta Putra

Advertisements