GPX Moto TSE250R, Motor Enduro 2-Stroke dari China Murah-Meriah

Tingginya penjualan motor enduro 2-stroke dari brand-brand global seperti KTM, Husqvarna, Sherco, Beta, Gas Gas, dan Yamaha ternyata membuat pabrikan motor asal China kepincut. Pabrikan China pun akhirnya ikut ambil bagian dalam meramaikan market motor enduro 2-stroke. Salah satu produk yang udah keluar di pasaran adalah GPX Moto TSE250R. Motor ini rupanya udah dijual di sejumlah negara besar di dunia seperti Amerika Serikat, Rusia, dan negara-negara lain. Gimana spesifikasi GPX Moto TSE250R dan berapa pula harganya?

Menurut informasi yang Adventuriderz.com dapatkan dari sejumlah website, GPX Moto TSE250R diciptakan sebagai motor enduro tulen yang memiliki performa garang. Maklum, motor ini mengusung mesin 250 cc 2-stroke berpendingin oli. Memang nggak se-advance motor enduro 2-stroke Eropa ya, tapi paling nggak ini udah lumayan. Apalagi GPX Moto TSE250R diklaim sanggup mengeluarkan tenaga maksimal sekitar 40 HP. Awalnya banyak yang menduga GPX Moto TSE250R mengambil basis mesin Yamaha WR200 generasi lawas yang telah lama disuntik mati. Namun ternyata, basis mesin yang dipakai adalah motor lawas Yamaha D230 Lanza. Makanya nggak mengherankan kalau mesinnya masih cukup sederhana tanpa pendingin radiator. Meskipun demikian, mesin ini udah pakai sistem oil injection yang membuat pencampuran oli samping (oli 2-stroke) dan bensin dilakukan secara otomatis. Rider nggak perlu melakukan pencampuran oli dan bahan bakar secara manual saat mengisi bahan bakar.

Soal desain, GPX Moto TSE250R tergolong sangat cadas dan kekinian. Penampilan nggak kalah lah dibandingkan dengan motor enduro dari pabrikan-pabrikan Jepang atau Eropa. Sasisnya pakai model tubular ala KTM/Husky dengan suspensi depan upside down dan suspensi belakang mono shock lengkap menggunakan linkage. Ban yang pasti berukuran full size dengan ring 18-21 inch, tangki bahan bakar terbuat dari plastik sehingga mengusung kesan modern dan ringan, handlebar model fatbar, dan udah dilengkapi hand guard. Dilihat dari depan sampai belakang benar-benar memikat. Paling-paling yang agak mengganjal di sisi headlight yang cenderung identik dengan Yamaha WR250F/WR450F. Nggak tahu kenapa pabrikan motor asal China, khususnya yang memproduksi motor trail, nggak bisa kreatif dalam membuat headlight.

PitsterPro selaku importir GPX Moto TSE250R di Amerika Serikat mengaku motor ini sangat sederhana dan cukup bisa diandalkan. Cuma ya bobot yang tembus 117 kg itu masih kalah jauh kalau dibandingkan dengan motor enduro 2-stroke Eropa/Jepang. Tapi paling nggak ini jadi lompatan besar bagi produsen motor asal China yang berani merilis motor enduro 2-stroke. Bahkan mungkin GPX Moto TSE250R menjadi motor 2-stroke pertama yang diproduksi oleh pabrikan motor asal China. Nah, GPX Moto TSE250R layaknya motor China lainnya, dijual dengan harga yang murah. Di Amerika Serikat, GPX Moto TSE250R dibandrol dengan harga US$ 5.600 atau sekitar Rp 76,5 jutaan. Jauh lebih murah lah ketimbang motor enduro Jepang atau Eropa.

Apakah GPX Moto TSE250R bakal masuk ke Indonesia? Peluang itu jelas terbuka lebar. Dan ini jelas menjadi peluang besar bagi Viar dan Gazgas, dua pabrikan lokal yang udah terbiasa mengambil bahan motor dari China. Memang dari segi pricing GPX Moto TSE250R akan lebih mahal ketimbang motor enduro 250 cc dari Viar yang udah cukup sukses di pasaran. Tapi kalau bisa jualan Rp 50-60 jutaan kayaknya bakal menarik, karena masih lebih murah daripada Yamaha YZ250X yang nangkring di angka Rp 86-89 jutaan.

Fitur GPX Moto TSE250R:

  • Mesin 250 cc 2-stroke, oil injection, electric starter
  • Transmisi manual 6-percepatan dengan rasio lebar
  • Power diklaim tembus 40HP
  • Gripper seat
  • Folding levers
  • Triple clamps dan footpegs CNC
  • Frame central backbone yang ringan terbuat dari bahan chromoly
  • Dilengkapi dengan frame guard dan grafis 3M heavy duty
  • Velg terbuat dari bahan aluminium
  • Dilengkapi skid plate
  • Ada hand guard
  • Suspensi depan dan belakang bisa disetel rebound dan compression-nya
  • Headlight dan tail light kit serta papan start racing termasuk dalam paket penjualan
Advertisements