Review Footpegs Expedition Kawasaki KLX150, Ternyata Begini Kualitasnya!



Buat temen-temen penggemar motor trail, tentu nggak asing lagi dengan brand aftermarket bernama Expedition. Pasalnya, merek yang satu ini memang cukup banyak menyuplai kebutuhan part aftermarket dari sejumlah motor trail dan supermoto, nggak terkecuali Kawasaki KLX150 dan Kawasaki D-Tracker. Produknya macem-macem, mulai dari handlebar, hand guard, suspensi upside down, velg, clutch & brake lever, brake pedal, shift lever, footpegs, dan mungkin masih ada banyak produk lainnya yang nggak bisa Adventuriderz.com sebutkan satu per satu. Adventuriderz.com sendiri memasang clutch & brake lever dan footpegs Expedition di motor KLX150L. Udah beli handlebar twin wall Expedition juga sih, tapi belum dipasang. Sekarang Adventuriderz.com mau coba ulas mengenai salah satu produk Expedition yang udah terpasang di si belalang tempur KLX150L, yaitu footpegs! Bagaimana kualitasnya?

Ngomong-ngomong soal desain, nggak bisa dipungkiri footpegs merek Expedition terlihat sangat kece. Modelnya lebar, jauh lebih lebar ketimbang footpegs standar KLX150, dan sekilas memang terlihat kokoh. Di sekujur bagian atas footpegs bertebaran gerigi yang berguna untuk mencengkeram boots ketika kita riding di atas motor. Mengenai cengkeraman footpegs di boots yang Adventuriderz.com rasakan cukup oke. Boots bisa merekat kuat di atas footpegs dalam posisi riding berdiri sekalipun tanpa khawatir kaki terpeleset lepas dari footpegs. Namun masalahnya adalah gerigi yang tertanam pada footpegs Expedition sangat ringkih!

Yups… Expedition memanfaatkan gerigi model ulir (drat) yang jumlahnya kalau nggak salah ada 17 pada masing-masing footpegs. Sayangnya, gerigi model ulir ini sangat mudah terlepas dari tempatnya. Nggak perlu melakukan riding yang ekstrem biar gerigi footpegs lepas. Vibrasi mesin saat throttle dibuka meskipun dalam kondisi berhenti udah cukup membuat gerigi kendor dan ujungnya satu per satu gerigi bakal lepas. Kalau udah semakin banyak gerigi yang terlepas, tentu footpegs nggak layak pakai lagi karena nggak aman dan nggak nyaman buat riding. IMHO mestinya Expedition bisa membuat footpegs dengan kualitas yang lebih baik. Apalagi harga footpegs Expedition juga lumayan, sekitar Rp 300 ribuan sepasang.



Last… Buat temen-temen yang pengen pasang footpegs aftermarket, mendingan cari yang geriginya menyatu pada tubuh footpegs, bukan yang model gerigi ulir (menggunakan drat). Footpegs dengan gerigi menyatu dipastikan jauh lebih awet dibandingkan dengan model gerigi ulir. Tapi Adventuriderz.com belum nyobain juga sih footpegs dengan gerigi ulir yang harganya lebih dari Rp 1 jutaan macam merek Race Tech. Ya mungkin kualitasnya beda dengan milik Expedition. Bagi yang budget-nya cekak, saran aja nggak usah beli footgpegs macam yang Adventuriderz.com pakai ini. Oh ya, sekarang footpegs Expedition udah lengser dari motor KLX150L milik Adventuriderz.com. Nanti coba kita ulas kalau ada waktu ya!

Advertisements