• Home »
  • Article »
  • Honda Sediakan CRF250RALLY Low Seat, Bakal Masuk ke Indonesia Kah??

Honda Sediakan CRF250RALLY Low Seat, Bakal Masuk ke Indonesia Kah??



Honda pertama kali meluncurkan CRF250RALLY secara global sekitar akhir tahun 2016. CRF250RALLY tersedia dalam dua varian, yaitu CRF250RALLY non-ABS dan CRF250RALLY ABS. Pilihan warnanya cuma ada satu Extreme Red. Nggak ada lagi yang lain. Motor ini kemudian resmi dijual di Indonesia mulai Februari 2017. Tapi yang dijual di Indonesia cuma versi non-ABS. Kurang lebih setahun berselang, kabarnya di awal tahun 2018 ini Honda Jepang secara resmi merilis varian dan warna baru CRF250RALLY. Kayak apa bentuk dan spesifikasinya?

Untuk pilihan warna baru, sebenarnya udah pernah nongol di Tokyo Motor Show (TMS) tahun lalu dan udah pernah dibahas juga di blog ini. Warnanya dominan hitam dan silver dengan aksen warna putih dan merah. Terus yang nggak kalah menarik adalah varian baru yang oleh Honda diberi nama CRF250RALLY LD (Low Down) alias CRF250RALLY dengan seat height yang jauh lebih rendah daripada verian standar. Kalau CRF250RALLY standar memiliki seat height 895 mm, maka CRF250RALLY LD seat height-nya cuma 830 mm. Rendah banget dan sangat mengakomodasi rider bertubuh pendek yang mendambakan motor petualang keren ini.

Tapi turunnya seat height pada CRF250RALLY LD bukan tanpa konsekuensi. Kenapa? Karena varian LD pakai suspensi depan baru (tetap upside down) dengan panjang travel yang berbeda dengan varian standar. Tentu panjang travel suspension LD lebih pendek. Lalu komponen linkage (Pro-Link) versi LD juga beda yang membuat suspensi belakang terlihat lebih pendek. Imbas dari itu semua, ground clearance atau jarak terendah motor ke tanah menyusut dari yang semula 270 mm pada varian standar menjadi 205 mm pada varian LD. Motor jadi kurang leluasa dalam melibas obstacle dan gundukan yang agak tinggi serta cekungan yang agak dalam. Ya selalu ada plus-minusnya lah…



Oh ya… Untuk CRF250RALLY yang dijual di Jepang, seluruh CRF250RALLY yang menggunakan rem ABS baik itu varian standar maupun LD hanya tersedia dalam pilihan warna hitam-silver, sedangkan CRF250RALL non-ABS ntah itu varian standar maupun LD cuma ada pilihan warna merah. Yups, perbedaan masing-masing varian bisa dilihat dari pilihan warnanya. Apakah CRF250RALLY ABS dan LD akan masuk ke Indonesia? Belum ada jawaban resmi dari Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM motor Honda di Indonesia. Tapi IMHO untuk market Indonesia sih memang lebih cocok yang non-ABS karena harganya lebih bersahabat. Untuk varian LD ntah deh ada peminatnya atau nggak di sini. Soalnya penampilannya jadi bantet dan pendek gitu. Nggak gagah kayak yang reguler.

  • CRF250RALLY ABS (Hitam-Silver)
  • CRF250RALLY LD ABS (Hitam-Silver)
  • CRF250RALLY Non-ABS (Merah)
  • CRF250RALLY LD Non-ABS (Merah

Advertisements