Inspirasi Modifikasi: KLX150 Dibikin Jadul Seperti KX500 2T Jaman Old…



Beberapa waktu yang lalu di sebuah group WhatsApp penggemar off road dengan motor trail (Way Mili Trail Adventure), Adventuriderz.com menerima kiriman foto sebuah motor Kawasaki KLX150 yang udah dimodifikasi penampilannya. Konsep modifikasi yang diusung boleh dibilang cukup jelas dan tegas, yaitu menganut gaya motor trail jadul yang memberikan kesan old school tapi tetap keren dan garang. Kalau Adventuriderz.com nggak salah, modifikasi ini terinspirasi dari bentuk Kawasaki KX250 dan Kawasaki KX500 jaman old yang masih menggunakan mesin 2-stroke (2T). Kayak apa penampilan utuhnya??

Bisa temen-temen lihat dari foto, penampilan KLX150 yang berbaju ala KX500 memang sangat memberikan kesan classic. Sebenarnya nggak banyak perubahan yang dilakukan karena hanya mengganti seluruh body kit dengan konsep jadul. Front fender, rear fender, gas tank, seat, hingga body samping kanan-kiri diganti semua. Kesan mirip seperti KX500 semakin kuat karena seluruh body kit itu menggunakan warna dominan hijau khas Kawasaki jaman dulu. Nggak lupa karet pelindung suspensi depan teleskopik KLX150 juga diganti dengan warna hijau. Kemungkinan besar semuanya bersifat plug and play. Nggak ada aksi drama potong frame atau ubahan-ubahan lain yang cukup radikal. Hasilnya memang cukup ciamik sih!

IMHO untuk kebutuhan off road atau enduro, bakal lebih menarik kalau motor ini diberi headlight dan tail light yang tentunya punya unsur classic. Di pasaran banyak banget kok headlight dan tail light classic buat motor trail. Memang protolan alias nggak pasang lampu buat off road juga nggak begitu masalah. Tapi penampilan brondol lebih cocok buat motocross. Sedangkan buat off road, bukan mustahil kita terjebak di hutan hingga malam hari. Nggak ada penerangan jelas neraka karena semakin sulit dalam mencari jalur yang tepat. Kemudian tail light bisa berfungsi untuk memberikan tanda kepada rider yang berada di belakang saat kita melakukan pengereman. Oke… Gitu aja deh artikel singkatnya. Semoga bisa menjadi inspirasi buat temen-temen yang pengen memodifikasi KLX150 dengan gaya jadul.



Advertisements