Lineup Produk Honda RedMoto Memang Bikin Ngiler, AHM Kapan Begini?



Honda RedMoto, distributor resmi dirt bike Honda di Italia ini memang memiliki scoop usaha yang tergolong kecil. Amat jauh lebih kecil dari Astra Honda Motor (AHM), ATPM Honda di Indonesia, yang bisa jualan motor hingga lebih dari 2 juta unit per tahun. Tapi Honda RedMoto sering mengundang decak kagum melalui deretan produknya, khususnya bagi penggemar dirt bike di Indonesia ya… Kenapa? Karena untuk urusan dirt bike, AHM nggak ada apa-apanya dibandingkan dengan Honda RedMoto!! Honda RedMoto punya deretan produk dirt bike yang amat sangat komplit lengkap dengan tim balap enduro berkelas dunia yang ikut ambil bagian di ajang balap EnduroGP hingga MXGP.

Baru-baru ini Honda RedMoto mengikuti event bernama Roma Motodays di Italia sana. Tentu Honda RedMoto memajang deretan produknya yang sangat lengkap. Untuk segmen motocross, Honda RedMoto punya CRF150R, CRF250R, CRF450R, dan CRF450R Special; kemudian buat para penggemar enduro ada CRF250R Enduro, CRF400RX Enduro, serta CRF450RX Enduro. Apa cuma itu aja? Pastinya nggak dong… Honda RedMoto masih punya banyak produk yang bisa memanjakan konsumennya. Mereka juga punya lineup supermoto yang sangat powerful CRF450RX Supermoto dan CRF450RXC Supermoto. Selain itu ada lineup motor trial Montesa 4Ride, Montesa Cota 4RT 260, Montesa Cota 4RT 260 Race Replica, dan Montesa 300 RR, ditambah dengan satu produk big bike CRF1000L Africa Twin Rally. Lengkap banget dan bikin ngiler penggemar dirt bike kan?

Lineup produk yang dimiliki oleh Honda RedMoto itu jelas bikin penggemar dirt bike di Indonesia iri. Dengan sumber daya yang amat jauh lebih besar dibandingkan dengan Honda RedMoto, AHM justru baru punya deretan motor dual sport CRF150L, CRF250RALLY, dan CRF1000L Africa Twin. AHM belum punya deretan motor motocross, enduro, dan supermoto yang performance oriented… Dan kayaknya AHM belum ada rencana melangkah ke arah sana. Bahkan AHM tertinggal dari Yamaha yang udah mencuri start duluan menjual dirt bike berperforma tinggi macam YZ56, YZ85, YZ125, YZ250F, YZ450F, YZ125X, YZ250X, dan YZ250FX. Walaupun nggak bisa dipungkiri yang jualan dirt bike Yamaha YZ series itu bukan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) langsung, melainkan melalui pihak ketiga PT El Rhino Global (Yamaha CBU Off Road Indonesia). Tapi perlu dicatat, Yamaha CBU Off Road Indonesia ini distributor resmi yang ditunjuk setelah melalui perundingan dengan Yamaha Jepang dan Yamaha Indonesia. Makanya semua produk yang dibeli dari Yamaha CBU Off Road Indonesia itu bergaransi resmi, ada jaminan ketersediaan suku cadang, dan harganya amat sangat menggoda.



So, buat temen-temen yang pengen beli dirt bike performa tinggi merek Honda seperti CRF150R, CRF250R, CRF450R, CRF250X, CRF450RX, dan lain-lain, bisa mendapatkannya lewat importir umum (IU) dengan harga yang lumayan mahal dan nggak ada jaminan garansi maupun ketersediaan suku cadang. Mesti punya effort yang luar biasa sih kalau mau piara dirt bike Honda di rumah… Kalau nunggu AHM jualan motor-motor itu secara resmi malah nggak ada juntrungnya. Soalnya motor-motor itu bukan prioritas AHM. Prioritas utama brand sayap mengepak di Indonesia masih berkutat di segmen skutik dan moto sport entry level hingga menengah.

Advertisements