Modifikasi Kawasaki KLX150 Siap Off Road dengan Budget Minimalis



Yups… Kawasaki KLX150 bisa dibilang sebagai pelopor motor dual sport entry level era 4-stroke karena udah nongol sejak tahun 2009 dan masih eksis sampai sekarang yang memasuki generasi kedua. Generasi pertama KLX150 terdiri dari KLX150S (2009) yang kemudian ditandemkan dengan KLX150L (2013). Di tahun 2015 Kawasaki meluncurkan KLX150 generasi kedua yang terdiri dari KLX150G, KLX150 BF, dan KLX150 BF Special Edition (SE). Secara umum nggak banyak perbedaan antara KLX150 generasi pertama dan generasi kedua. Perbedaan yang paling mencolok cuma dari sisi tampilan (bodywork) dan khusus KLX150 BF series udah pakai suspensi depan upside down.

Meskipun sejatinya diciptakan sebagai motor dua alam (dual sport), namun faktanya banyak konsumen Kawasaki yang menggunakan KLX150 untuk bermain full off road atau enduro. Tentu ada sejumlah ubahan yang perlu dilakukan agar KLX150 benar-benar siap dipakai di medan off road. Kenapa? Karena power dan torsi standar KLX150 terlalu letoy. Rasanya impossible melibas tanjakan-tanjakan tinggi khas medan off road di Indonesia dengan kondisi motor standar ting-ting. Makanya kali ini Adventuriderz.com memberikan inspirasi modifikasi agar KLX150 siap dipakai buat main off road dengan budget yang cukup minimalis. Bahan yang Adventuriderz.com pakai adalah KLX150L lansiran 2014. Temen-temen bisa mengaplikasikan modifikasi ini di KLX150S, KLX150G, atau KLX150 BF sekalipun kok. Hampir sama semuanya!

Oh ya… Untuk memodifikasi KLX150 agar siap dipakai off road dengan budget minimalis, Adventuriderz.com membaginya ke dalam dua hal, yaitu modifikasi wajib dan modifikasi optional. Modifikasi wajib adalah modifikasi minimal yang mutlak diperlukan biar KLX150 siap melibas medan off road, sedangkan modifikasi optional merupakan modifikasi tambahan untuk menunjang kenyamanan dan keamanan. Namanya juga optional, jadi ya nggak wajib. Soalnya kalau dituruti semua bisa-bisa nggak pakai budget minimalis lagi. Hehehe… Ya wes deh berikut ini ubahan KLX150 siap off road dengan budget minimalis ala Adventuriderz.com!



Modifikasi Wajib

1. Ganti Karburator

Langkah pertama yang bisa temen-temen lakukan biar KLX150 jadi lebih galak adalah dengan mengganti karburator. Karbu standar KLX150 semua varian adalah Keihin NCV 24 tipe vakum. Karbu vakum ini kalau gas ditarik seringkali mesin nggak langsung merespon karena semburan bahan bakar menunggu tingkat kevakuman di karbu. Memang kondisi tersebut bikin motor irit bahan bakar, tapi performanya jadi payah. Apalagi kalau kena tanjakan, wah tambah empot-empotan. Mendingan temen-temen ganti karbu tipe skep biar tarikannya instan. Di pasaran banyak banget kok karbu tipe skep. Biasanya yang sering dipasang di KLX150 itu Keihin PE 28, Keihin PWK 28, atau Keihin PWL 26. Harga karbu-karbu itu yang ori nangkring di angka Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta. Kalau dirasa kemahalan ada merek-merek aftermarket kayak Kawahara PE 28, Kawahara PWK 28, TK PE 28, atau TK PWK 28. Harganya tentu jauh lebih terjangkau, berkisar antara Rp 800.000 sampai dengan Rp 900.000. Menariknya merek-merek seperti Kawahara dan TK menyediakan berbagai ukuran pilot jet dan main jet dalam paket penjualan. Mau pakai pilot jet dan main jet ukuran berapa, nggak perlu beli-beli lagi. Adventuriderz.com sendiri pakai Kawahara PE 28 dengan harga Rp 800.000. Masih kemahalan juga? Ada karbu PE 28 dan PWK 28 KW yang harganya Rp 200.000 sampai Rp 350.000.

2. Ganti Knalpot Free Flow

Awalnya Adventuriderz.com melakukan eksperimen, mengganti karbu dengan Kawahara PE 28 tanpa mengganti knalpot. Knalpot masih dibiarkan standar. Tapi hasilnya tetep zonk! Memang tarikan motor jadi lebih instan dibandingkan dengan karbu standar Keihin NCV 24. Sayangnya performa masih belum mumpuni buat off road. Masih tergolong lemah. Terpaksa ganti knalpot free flow yang suaranya bikin budeg telinga. Sebenarnya mau pakai knalpot free flow apa aja udah bisa bikin tenaga dan torsi terdongkrak signifikan kok. Tarikannya jadi jauh lebih galak. Di pasaran banyak banget pilihan knalpot free flow buat KLX150. Rentang harganya Rp 500.000 sampai dengan Rp 2,5 juta. Mereknya ada Norifumi, R9 Racing, ProSpeed, dan lain-lain. Adventuriderz.com sendiri pakai Norifumi RV1 Shorty yang harganya cuma Rp 520.000 di Tokopedia. Hasilnya blaaaar… Dan motor bisa njengat-njengat! Review knalpot Norifumi RV1 Shorty bakal dibahas di artikel terpisah ya…

3. Ganti Sprocket

Buat off road, wajib hukumnya mengganti sprocket (gear) biar tarikan motor semakin nampol. Penggantian sprocket bisa dilakukan di bagian depan aja, belakang doang, atau kombinasi keduanya. Semakin kecil sprocket depan atau semakin besar sprocket belakang bisa membuat tarikan menjadi jauh lebih nampol, tapi bakal mengorbankan top speed. Adventuriderz.com menggunakan kombinasi ukuran sprocket 13T (depan) dan 52T (belakang) udah cukup kok buat melibas aneka medan off road. Buat melibas tanjakan tinggi pun udah mampu. Terus berapa harga sprocket-nya mas? Di KLX150L Adventuriderz.com pakai sprocket merek SSS. Sprocket depan sekitar Rp 60.000 kalau nggak salah, terus sprocket belakang sekitar Rp 160.000. Beda ukuran sprocket beda harga ya bro… Dengan ukuran gear segitu rantai standar dipastikan nggak bisa dipakai lagi. Jadi langsung ganti juga merek SSS dengan harga Rp 260.000.

4. Ganti Ban Off Road Tulen

KLX150 standar itu pakai ban dual purpose dengan kembangan ban yang masih cukup rapat. Buat off road jelas jauh dari kata mumpuni. Jadi mengganti ban dengan model off road tulen adalah hal yang wajib dan nggak bisa ditawar lagi. Buat yang budget-nya terbatas, masih ada kok ban-ban off road 18-21 inch yang harganya di bawah Rp 1 juta sepasang. Contohnya IRC IX-09W & IX-05H, Corsa MT Cross X, Corsa MT Cross R, hingga Dunlop D952. Temen-temen bisa cari sendiri lah ban yang sesuai. Mau pakai yang murah atau yang mahal, bebas aja. Buat si belalang tempur, Adventuriderz.com pakai ban depan IRC IX-05H dengan harga Rp 370.000 dan ban belakang IRC IX-09W yang harganya Rp 450.000. Total cuma Rp 820.000 di sini, di Lampung.

Modifikasi Optional

  • Pasang gas spontan
  • Ganti kampas kopling dan per kopling
  • Ganti handlebar model fatbar atau twin wall
  • Pasang hand guard
  • Pasang bar pad
  • Pasang tuas kopling dan tuas rem model lipat
  • Pasang tuas gigi model lipat
  • Ganti footpegs yang lebih lebih lebar dan bergerigi
  • Pasang skid plate
  • Pasang disc guard
  • Pasang frame guard
  • Pasang bore up kit buat mesin
  • Ganti noken as
  • Ganti koil racing
  • Ganti busi iridium
  • Dll

Nah… Bisa temen-temen lihat, modifikasi KLX150 siap off road dengan budget minimalis cuma butuh keluar dana sekitar Rp 2 jutaan, tergantung dari part-part yang mau dipasang. Mau pakai yang murah atau yang berkualitas, karena biasanya berlaku hukum “ono rego ono rupo”. Dengan budget Rp 2 jutaan atau maksimal Rp 3 juta itu KLX150 udah bisa lah dipakai bermain off road. Tapi kalau mau melakukan modifikasi yang bersifat optional, budget-nya jelas membengkak. Ada duit Rp 5 juta, Rp 6 juta, atau malah Rp 10 juta pun bisa amblas. Apalagi kalau pakai komponen dari merek-merek ternama yang udah jelas kualitasnya sangat mumpuni.

Advertisements