• Home »
  • Parts »
  • Kawasaki KLX150 Anti Lelet dengan Knalpot Norifumi RV1 Shorty

Kawasaki KLX150 Anti Lelet dengan Knalpot Norifumi RV1 Shorty



Untuk kebutuhan off road, rasanya agak mustahil membiarkan Kawasaki KLX150 dengan knalpot standar. Knalpot bawaan KLX150 yang comply dengan standar emisi gas buang dan emisi suara Euro 3 itu benar-benar mampet. Apalagi dia juga punya catalytic converter yang lumayan gede. Tujuan utamanya tentu agar sesuai dengan standar Euro 3 sehingga lolos uji emisi berdasarkan regulasi di Indonesia. Dengan resep itu, nggak bisa dipungkiri KLX150 memiliki suara yang senyap dan konsumsi bahan bakar lumayan irit. Tapi buat off road, motor ini terasa sangat lelet, tarikan kurang garang, dan pastinya bikin kerepotan saat melibas tanjakan. Solusi yang paling mudah biar potensi tenaga KLX150 keluar adalah dengan mengganti knalpot standar menggunakan knalpot free flow. Kebetulan baru-baru ini Adventuriderz.com baru saja memasang knalpot free flow Norifumi RV1 Shorty di KLX150L lansiran 2014. Padahal motor ini sejak lama dibiarkan standar karena kalau off road pakai motor lain yang memang sudah layak buat off road. Bagaimana performa KLX150 setelah diganti knalpot dengan Norifumi RV1 Shorty?

Sebelum memasang knalpot Norifumi RV1 Shorty, Adventuriderz.com udah mengganti karburator KLX150 yang standarnya model vakum Keihin NCV 24 dengan model skep Kawahara PE 28. CDI standar udah dilengserkan dan diganti dengan CDI BRT Dual Band, serta menggunakan final gear ratio 13-52T. Berbagai ubahan itu memang udah membuat KLX150 sedikit lebih gegas dibandingkan dengan kondisi standar, tapi tetap belum layak buat off road. Makanya perlu diganti dengan knalpot free flow. Pilihannya jatuh ke Norifumi RV1 Shorty yang harganya tergolong terjangkau. Adventuriderz.com beli di Tokopedia dengan harga Rp 520.000 belum termasuk ongkos kirim. Sejumlah toko online lain, termasuk toko perlengkapan off road terbesar di Indonesia (VMX), menjual knalpot ini dengan harga Rp 650.000. Jadi boleh dibilang rentang harga Norifumi RV1 Shorty sekitar Rp 520.000 – Rp 650.000.

Ngomongin soal desain, Norifumi RV1 Shorty memiliki bentuk yang ringkas, kecil, dan tidak menggembung besar. Nggak perlu melakukan ubahan sama sekali untuk memasang Norifumi RV1 Shorty di KLX150L meskipun yang Adventuriderz.com beli dirancang buat KLX150 BF. Sekujur body Norifumi RV1 Shorty terbuat dari bahan stainless steel yang dilapisi chrome. Konon kabarnya Norifumi RV1 Shorty menggunakan chrome core technology. Nggak tahu juga sih apa maksdunya. Hehehe… Kemudian di bagian ujung knalpot dilabur dengan warna hitam. Penampilan motor jadi lumayan lebih cakep sih waktu dipasang knalpot aftermarket ini. Oh ya, dalam box penjualan cuma ada knalpot full system (leher knalpot dan silencer) serta sticker Norifumi. Terus gimana dengan hasil performanya mas?



Yups… Setelah dipasang knalpot Norifumi RV1 Shorty, suara motor jadi lebih gahar, bulat, dan nggak mampet lagi. Bising?? Itu sih pasti… Namanya juga knalpot free flow, pasti lebih bising ketimbang knalpot standar. Karena kebisingannya itu, IMHO knalpot ini sebaiknya nggak dipakai di jalan raya. Mendingan khusus dipakai buat off road aja di hutan. Lagian menggunakan knalpot free flow di jalan raya berpeluang besar ditilang oleh polisi. Iya nggak? Satu hal yang terpenting, pasca diganti knalpot Norifumi RV1 Shorty hentakan motor jadi lebih beringas. Motor jadi gampang banget dipakai clutch wheelie, tenaga dan torsi jadi terasa jauh lebih kuat, napas motor lebih panjang, enak dipakai buat di medan off road yang berat, dan lewat jalur tanjakan nggak loyo. Memang sih nggak bisa diketahui berapa kenaikan tenaga sebelum dan sesudah menggunakan Norifumi RV1 Shorty karena Adventuriderz.com nggak ngetes di atas mesin dyno. Tapi percayalah, feeling yang dirasakan amat jauh berbeda. Motor yang tadinya terasa lemot, sekarang jauh lebih responsif! Terus di bagian leher knalpot memang terasa panas di betis. Tapi itu bisa diakali dengan memasang pelindung panas bawaan knalpot standar KLX150 atau bisa juga beli pelindung panas knalpot merek Norifumi. Pelindung panas Norifumi dijual terpisah ya… Temen-temen bisa juga pakai pelindung panas merek lain yang bersifat universal. Sama aja kok, yang penting jangan biarkan leher knalpot free flow ini terpapar tanpa pelindung. IMHO knalpot Norifumi RV1 Shorty cocok buat temen-temen yang pengen KLX150-nya lebih garang tanpa banyak menguras isi dompet…

Data Modifikasi Kawasaki KLX150L:

  • Karburator Kawahara PE 28
  • Gas spontan Kawasaki KSR Pro
  • CDI BRT Dual Band
  • Final gear ratio 13-52T
  • Kampas kopling Kawasaki KX85
  • Per kopling Kawasaki KX85
  • Knalpot Norifumi RV1 Shorty
Advertisements