Frame Aluminium New Viar Cross X 250 ES Kabarnya Bikinan Lokal?

Mungkin temen-temen masih inget beberapa waktu yang lalu Adventuriderz.com menulis artikel mengenai sosok New Viar Cross X 250 ES… Foto sosok motor baru itu muncul di sejumlah akun media sosial, baik itu saat terpajang di sebuah ruangan (sepertinya di pabrik Viar) maupun ketika dipakai oleh salah satu pembalap Viar Racing Team untuk latihan. Bisa dibilang New Cross X 250 ES memiliki penampilan baru yang lebih fresh dari sisi bodywork. Selain itu, New Cross X 250 ES diketahui mengaplikasikan double muffler dan frame full aluminium. Apakah motor ini akan segera dilempar ke pasaran menggantikan Cross X 250 ES generasi yang ada sekarang??

Info terakhir yang Adventuriderz.com dapatkan, New Cross X 250 ES masih dalam tahap trial atau bisa dibilang tahap pengembangan lah… Jadi jangan heran kalau sesekali New Cross X 250 ES dengan penampilan baru, double muffler, dan frame aluminium tampil di sejumlah event balap garuk tanah dengan digeber oleh pembalap Viar Racing Team Rivaldi Julian. Soalnya Viar memang cukup lazim melakukan pengetesan produk baru di arena balap sebelum produk itu dijual ke pasaran.

Kabar lain yang masuk menyebutkan bahwa frame aluminium New Cross X 250 ES itu bukan buatan luar negeri (China) seperti yang Adventuriderz.com duga. Konon kabarnya frame aluminium yang terpasang di New Cross X 250 ES justru bikinan lokal, persisnya dari Jogja. Ntah deh info ini valid atau nggak, tapi mestinya sih valid ya. Telik sandi Adventuriderz.com ini dikenal memiliki akurasi yang sangat tinggi ketika memberikan bocoran info. Tapi sayangnya, masih dari sumber yang sama, frame aluminium itu dipasang ke New Cross X 250 ES hanya untuk proses R&D. Belum ada rencana atau info lebih lanjut apakah New Cross X 250 ES bakal dijual ke pasaran atau tidak.

Memang cukup dilema ketika Viar menjual Cross X 250 ES dengan frame aluminium. Selama ini Viar dikenal sebagai pabrikan motor yang menargetkan konsumen budget. Otomatis harga motor yang dipatok mulai dari yang kelas murah sampai menengah. Tapi kalau Cross X 250 ES dipasangi frame aluminium, kemungkinan harganya nggak akan murah lagi. Sekarang aja Cross X 250 ES bandrol harganya udah lebih dari Rp 42 juta on the road. Mau dijual berapa kalau dipasangi frame aluminium? Rp 50-60 jutaan? Ada yang mau beli nggak motor segitu dengan merek Viar? Hehehe… Yang udah-udah merek lokal lain Gazgas jualan motor trail 250 cc dengan frame aluminium (Gazgas GE 250 GZ1 & Gazgas GE 250 GZ2) itu harganya tembus Rp 65-75 jutaan. Jualnya ya susaaaah… Logis kalau frame aluminium hanya dipasang di motor untuk keperluan R&D. Dari motor R&D yang terjun di ajang balap itu Viar bisa mengetes dan mengembangkan sejumlah komponen yang bisa diaplikasikan ke motor versi produksi massal. Bisa dibilang motor frame aluminium itu sebagai lab berjalan lah… Buat R&D iya, biar menang balapan untuk mendongkrak brand image juga iya. Jadi mesti pakai komponen yang lumayan mentereng. Tapi kalau Viar bisa meracik motor frame aluminium berharga cukup rasional ya why not??

Advertisements