Pasang Gas Spontan KSR Pro di KLX150L, Tarikan Gas Enteng Bener!

Buat temen-temen pengguna Kawasaki KLX150 dan Kawasaki D-Tracker, biasanya untuk mendongkrak performa biar tarikan motor lebih gegas yang pertama diutik adalah dengan mengganti karburator standar Keihin NCV 24 yang model vakum itu dengan karburator model skep, contohnya Keihin PWL 26, Keihin PE 28, Keihin PWK 28, ataupun model yang lain. Umumnya lagi, ketika mengganti karbu dengan model skep, maka akan merembet dengan mengganti tali gas beserta holdernya. Gas standar KLX150 menggunakan dua kabel, sedangkan karbu skep cuma butuh satu kabel. Memang bisa sih kabel gas standar dipakai buat karbu skep. Tinggal dipasang yang satu kabel aja. Tapi kayaknya lebih afdol kalau sekalian ganti dengan gas spontan, biar puntiran gasnya nggak terlalu banyak.

Di pasaran banyak banget kok gas spontan yang bisa diaplikasikan ke KLX150. Soalnya kebanyakan gas spontan bersifat universal. Bukan cuma untuk satu varian motor tertentu. Merek dan rentang harganya macem-macem, mulai dari Rp 80.000 sampai dengan Rp 1 juta. Untuk merek sebut saja nama-nama seperti Daytona, Daytona KW, Domino, atau Domino KW. Yang KW jelas harganya murah, puluhan atau maksimal ratusan ribu, tapi udah ada engine kill switch, tombol starter, maupun tombol lampu. Fitur melimpah dengan harga murah, enak kan? Yang Daytona asli dan Domino asli harganya pasti lebih mahal, meskipun nggak sampai Rp 1 juta juga. Atau temen-temen bisa pilih gas spontan original dari motor kompetisiĀ  macam Yamaha YZ125, Kawasaki KX85, atau Kawasaki KLX140G. Soal kualitas dipastikan jauh di atas Daytona KW dan Domino KW, tapi ada kekurangannya bro… Apa itu? Nah, gas spontan motor kompetisi yang Adventuriderz.com sebutkan tadi gampang didapat, tapi nggak ada tombol-tombolnya sama sekali. Temen-temen mesti nambah sendiri tombol starter, engine kill switch, dan tombol lampu jika diperlukan. Handlebar bakal rame sih kalau tombol-tombol itu dipasang semua.

Untuk si belalang tempur KLX150L, Adventuriderz.com menjatuhkan pilihan pada gas spontan original milik Kawasaki KSR Pro. Kenapa kok memilih gas spontan KSR Pro? Alasan pertama, buat part-part kayak gini Adventuriderz.com lebih demen part asli bikinan pabrikan motor daripada part aftermarket, apalagi gas spontan KW yang terkenal seret dan berat, bikin tangan cepat lelah. Kualitas gas spontan ori buatan pabrikan motor jauh lebih bisa dipertanggungjawabkan, dan harganya pun nggak mahal-mahal amat. Alasan kedua, holder gas spontan KSR Pro udah dilengkapi dengan tombol engine kill switch dan tombol starter, jadi kita hanya perlu menambah switch untuk lampu utamanya saja.

Sekedar share aja, gas spontan KSR Pro nggak bisa dipasang plug and play di KLX150L maupun varian KLX150 yang lain meskipun motor udah pakai karbu skep. Kenapa memang mas? Ya tahu sendiri kan KSR Pro itu motor yang mungil banget, kabel gasnya pendek. Imbasnya sangat jelas, kabel kurang panjang buat KLX150. Jadi di sini mekanik andalan Adventuriderz.com cuma mengambil holder gas KSR Pro saja, sedangkan kabel gasnya pakai punya motor lain yang lebih panjang. Kabel gas motor apa aja bisa, asal lebih panjang. Dalam case ini kalau nggak salah mekanik langganan Adventuriderz.com pakai kabel gas punya Honda. Permasalahannya cuma itu aja sih waktu pasang gas spontan KSR Pro ke KLX150L.

Setelah dipasang, ternyata feel menggunakan gas spontan KSR Pro di KLX150L ini sangat enak. Tarikan gasnya enteng banget. Nggak ada bedanya dengan tarikan gas standar KLX150L, cuma tarikannya jadi lebih pendek aja. Nggak perlu meluntir gas dalam-dalam biar motor kenceng. Adventuriderz.com sering pakai motor dengan gas spontan merek Daytona KW dan Domino KW. Itu feel-nya berat banget, kayak seret gitu. Bahkan pernah pakai KLX150S punya temen yang udah dipasang gas spontan Yamaha YZ125 juga nggak seenteng ini. Asli gas spontan KSR Pro di KLX150L ini enak deh! Tangan nggak cepat pegel… Rasanya nggak nyesel nebus seharga Rp 460.000. Nggak percaya? Silakan aja coba sendiri… Hehehehe…

Advertisements