Motor Trail SWM Bakal Susul Gas Gas & GPX Moto Ke Tanah Air?

SWM RS 500 R

Market motor trail di Indonesia ke depan diperkirakan akan semakin ramai karena pemain di segmen ini bertambah, produk semakin beragam, dan pilihan harga semakin bervariasi. Sebelumnya udah ada sejumlah pemain motor trail di Indonesia. Dari brand lokal ada Viar dan Gazgas yang menyediakan produk dengan harga murah namun memiliki performa mumpuni di medan off road. Kemudian dari brand Jepang ada Kawasaki lewat KLX150, KLX250S, KX65, KX85, dan KX250F, Honda memiliki CRF150L dan CRF250RALLY, serta Yamaha punya YZ85, YZ125, YZ250F, YZ250X, dan YZ250FX. Nggak cukup sampai di situ, merek asal Eropa nggak mau kalah eksis dengan adanya KTM (Austria), Husqvarna (Austria), Sherco (Perancis), Beta (Italia), dan AJP (Portugal). Nah, tahun ini saja bisa dipastikan ada dua merek baru yang hadir di Tanah Air, yaitu Gas Gas (Spanyol) dengan produk Gas Gas EnduroGP 300 dan GPX Moto (China) dengan produk GPX Moto TSE250R. Kemungkinan besar ke depan masih ada satu brand lagi yang nimbrung jualan di Indonesia. Dia adalah SWM!!

Ada yang udah kenal dengan SMW?? Adventuriderz.com pernah membahas mengenai SMW di artikel terdahulu. Singkatnya, SWM merupakan merek motor asal Italia yang berdiri sejak tahun 1971. Akan tetapi, SMW kemudian gulung tikar pada tahun 1984. Itu berarti SWM hanya eksis selama kurang lebih 13 tahun. SWM selanjutnya baru hidup kembali pada tahun 2014. Jedanya sangat panjang, sehingga nggak mengherankan brand ini kurang begitu dikenal. Cikal bakal SWM terbaru ini dimulai pada tahun 2013. Saat itu Husqvarna yang masih dikuasai oleh BMW dijual kepada KTM. Menariknya, KTM nggak membeli Husqvarna secara utuh. KTM hanya membeli brand Husqvarna, sedangkan pabrikan perakitan yang berada di Italia, karyawan, dan hak-hak patent yang dimiliki Husqvarna nggak ikut dibeli. Dengan dukungan investor asal China, Shineray, SWM memanfaatkan kesempatan itu dengan membeli pabrik, mesin, desain motor, dan berbagai macam hak patent yang dimiliki oleh Husqvarna untuk digunakan pada produk-produk dengan label SWM.

SWM RS 125 R

Lewat akuisisi yang dilakukannya, tidak mengherankan kalau SWM bisa menggelontorkan produk dalam jumlah banyak dan lengkap dalam waktu singkat, nggak terkecuali pada varian motor trail. Untuk motor trail enduro, SWM punya RS 125 R, RS 300 R, dan RS 500 R. Lalu di segmen supermoto ada SM 125 R dan SM 500 R, serta di segmen motor dual sport ada SuperDual dan RS 650 R. Oh ya, jangan heran kalau lineup produk motor trail dan supermoto SWM itu sama persis dari segi desain, frame, dan mesin dengan motor trail dan supermoto Husqvarna di masa lalu (2013 ke bawah), karena SWM bisa dibilang cuma me-rebrand motor-motor Husqvarna yang sudah mereka beli hak patent-nya. Bahkan SuperDual dan RS 650 R yang notabene motor baru rancangan SWM sendiri pun menggunakan mesin lawas Husqvarna kok!

Kedekatan antara SMW dan Shineray (China) memang sangat memungkinkan produk SMW dijual dengan harga yang relatif lebih murah, dan memungkinkan pula dijual di sini dengan harga terjangkau. At least nggak semahal motor-motor Eropa lain seperti KTM, Husqvarna, Beta, Sherco, dan Gas Gas. Apalagi kalau produksinya dilakukan di China. Brand, teknologi, dan desain ala Eropa dikombinasikan dengan kekuatan produksi China yang terkenal murah. Wuiiih sedaaaap tuh! Belakangan ini memang tersiar kabar atau rumor yang menyebutkan bahwa SWM bakal memeriahkan market motor trail Indonesia. Ini bakal menarik karena penggemar Husqvarna lawas bisa bernostalgia. Soalnya secara penampilan, mesin, frame, dan teknologi yang diusung pada motor trail SWM sama dengan Husqvarna lawas. Bahkan mungkin kehadiran SWM di Tanah Air juga bisa menjadi angin surga buat pemilk Husqvarna lawas lantaran mereka bisa mendapatkan suku cadang Husky mereka dengan lebih mudah. Adakah temen-temen yang tertarik beli SWM seandainya merek ini benar-benar hadir di Indonesia??

Advertisements