Dongkrak Performa, BRT Sediakan ECU Juken 5 Hyperband untuk CRF150L



Honda CRF150L sejatinya diciptakan sebagai motor dual sport alias motor trail yang legal dipakai di jalan raya. Konsepnya sama persis dengan Kawasaki KLX150. Makanya jangan heran kalau CRF150L masih belum mumpuni buat bermain off road. Kenapa? Ya karena sebagai motor street legal perlu mempertimbangkan emisi gas buang dan emisi suara. Di Indonesia standar uji emisi yang ditetapkan adalah setara dengan Euro 3. Imbasnya motor ini memiliki suara knalpot yang senyap agar comply dengan regulasi dan itu membuat performa motor yang sesungguhnya nggak bisa benar-benar keluar. Sudah lazim buat para penggemar off road akan melakukan sejumlah ubahan agar CRF150L siap dipakai bermain off road. Pertama tentu ganti knalpot dengan model free flow, lanjut ganti rasio final gear biar lebih gegas melibas tanjakan, dan yang nggak kalah penting ganti ban standar yang masih model dual purpose dengan ban off road tulen. Masih kurang juga? Ganti ECU (Electronic Control Unit) standar dengan ECU aftermarket!!

Beda dengan KLX150 di mana kalau kita pengen meningkatkan performa mesin secara basic bisa ganti karburator dengan venturi lebih besar dibantu dengan penggantian CDI standar dengan CDI aftermarket, pada CRF150L yang menggunakan sistem pembakaran injeksi kita dituntut untuk mengganti ECU. Beruntungnya nggak terlalu lama menunggu setelah CRF150L diluncurkan, banyak bertebaran produk ECU aftermarket yang dirancang khusus buat motor ini. Salah satu produk ECU aftermarket buat CRF150L yang harganya sangat terjangkau adalah Bintang Racing Team (BRT) Juken 5 Hyperband. BRT menjamin ketika CRF150L menggunakan Juken 5 performanya bakal terdongkrak. Pasalnya, kurva pengapian, tekanan bahan bakar, hingga berbagai parameter lainnya telah diubah pada kondisi settingan yang terbaik.

Nah, buat temen-temen pemilik CRF150L yang pengen performanya mengalami kenaikan dan lebih ganas buat off road, nggak ada salahnya meminang ECU BRT Juken 5 Hyperband. Pemasangan nggak terlalu ribet kok karena bersifat plug and play. Apalagi harga ECU merek lokal ini tergolong sangat murah, bahkan paling murah buat CRF150L. Kabarnya ECU BRT Juken 5 Hyperband buat CRF150L ini cuma dijual dengan bandrol Rp 950.000. Harga nggak jauh beda ya dengan CDI BRT Hyperband buat KLX150. Hehehe… Ada yang tertarik mencoba?? Sebelum melakukan modifikasi yang lebih ekstrem seperti bore up atau stroke up, nggak ada salahnya lho coba ganti knalpot dan ECU dulu.



Advertisements