Yamaha Indonesia: Development Motor Trail 150 cc Kami Memang Lama

Kehadiran Honda CRF150L sebagai penantang bagi Kawasaki KLX150 diprediksi besar bakal membuka jalan bagi pabrikan lain untuk bermain di segmen motor trail 150 cc ini. Alasannya, market motor trail 150 cc terus mengalami pertumbuhan. Coba deh temen-temen tengok data penjualan Kawasaki KLX150 vs Honda CRF150L selama beberapa bulan terakhir. Sejak ada Honda CRF150L, penjualan Kawasaki KLX150 nggak kendor sama sekali. Bahkan mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Di sisi lain Honda CRF150L juga membukukan angka penjualan yang sangat manis sebagai pendatang baru. Bisa jadi ini mengindikasikan market motor trail 150 cc justru berkembang dengan kehadiran pemain baru.

Nah… Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kemungkinan besar akan ikut terjun bertarung di segmen motor trail 150 cc melawan Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dan Astra Honda Motor (AHM). Motor seperti apa yang disiapkan Yamaha? Tentu masih belum cukup gamblang. Namun beberapa kali salah satu petinggi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Pak Eddy Ang mengungkapkan ketertarikan Yamaha bermain di segmen ini. Baru-baru ini Pak Eddy Ang juga menegaskan hal yang sama dengan mengatakan bahwa motor trail 150 cc dari Yamaha masih dalam proses development (pengembangan), dan proses ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

“Ada (ketertarikan bermain di segmen motor trail 150 cc), tapi kita mengamati perkembangan demand-nya seperti apa. Development (motor trail 150 cc) Yamaha memang lama karena kita memikirkan berbagai macam aspek. Katakan motor ini untuk adventure, supermoto, atau dual purpose, jadi engine harus bekerja keras. Yamaha sampai memikirkan hingga level demikian untuk memutuskan pakai engine apa. Yamaha inginnya desain dan mesin sesuai dengan penggunaan produk tersebut. Jadi demand-nya itu ada. Sekarang tinggal kapan produk tersebut masuk, dan sesuai dengan fungsinya,” ungkap Deputy General Manager Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Pak Eddy Ang, dikutip dari Liputan6.com.

Yups… Bisa temen-temen baca pernyataan Pak Eddy Ang di atas, sepertinya Yamaha pengen serius dan nggak main-main ketika menggelontorkan produk trail 150 cc nantinya. Yamaha nggak pengen produknya lebih inferior daripada pemain yang udah ada, dalam artian produk itu nanti garang ketika dipakai off road adventure, oke buat supermoto, dan nggak kalah tangguh saat dipakai buat dual purpose. Fokus utama Yamaha adalah menghadirkan mesin yang tangguh agar motor trail 150 cc-nya nanti cocok untuk berbagai macam fungsi. Terus kira-kira kapan motor trail 150 cc Yamaha keluar? Mungkinkah tahun ini?

Memang cukup sulit menjawab pertanyaan itu. Hanya Yamaha dan Tuhan yang sangat tahu jawabannya. Tapi bukan mustahil trail 150 cc Yamaha nongol dalam waktu dekat. Kalau nggak nongol tahun ini ya paling lambat tahun 2019 lah. Apalagi beberapa waktu yang lalu Yamaha melakukan pengetesan motor trail WR125R dan XTZ 250 bareng salah satu komunitas off road di Indonesia. Kemungkinan besar itu menjadi salah satu upaya bagi Yamaha untuk mendapatkan masukan dari para penggemar off road mengenai bagaimana arah pengembangan motor trail Yamaha itu nantinya. Ke depan pertarungan di segmen motor trail bakal semakin seru ketika Yamaha ikutan tempur. Apalagi kalau Suzuki ikutan masuk, wah tambah panas segmen ini! Pilihan motor semakin banyak, jelas konsumen yang akan diuntungkan!

Advertisements